Gerakan Bulan dan Bumi pada Matahari

Gerakan Bulan dan Bumi pada Matahari Tata surya terdiri dari delapan planet dan lima planet yang berputar mengelilingi bintang terdekat, Matahari. Jumlah gravitasi Matahari yang sangat besar membuat tata surya tetap bersama. Melacak sistem kerja energi surya.
Matahari adalah bintang berukuran rata-rata, terbuat dari gas panas yang dipicu oleh reaksi nuklir. Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi, dan merupakan salah satu dari lebih dari 200 miliar di galaksi Bima Sakti. Galaksi adalah kumpulan bintang, planet, dan bahan lain yang terikat bersama oleh gravitasi.

Matahari bergerak dalam orbit melingkar di sekitar pusat galaksi Bima Sakti, bergerak dengan kecepatan sekitar 220 km per detik (137 mil per detik). Meskipun kecepatannya tinggi, Matahari membutuhkan 230 juta tahun untuk menyelesaikan revolusi pusat galaksi.
Rotasi dan Revolusi
Bumi adalah planet ketiga dari matahari, yang mengorbit pada jarak sekitar 149 juta km (93 juta mil). Bumi terus berputar seperti gasing di sekitar porosnya, dan butuh satu hari untuk menyelesaikan putaran. Pemintalan inilah yang menyebabkan siklus siang dan malam bumi.
Bumi melakukan perjalanan mengelilingi matahari dalam orbit berbentuk oval. Butuh satu tahun untuk menyelesaikan revolusi penuh. Karena orbitnya bukan lingkaran yang sempurna, Bumi kadang-kadang sedikit lebih dekat atau lebih jauh dari matahari. Orbit Bumi, dikombinasikan dengan kemiringan sumbu Bumi, menyebabkan musim.
Bulan Bumi
Bulan adalah satelit alami Bumi, yang berarti ia berputar mengelilingi Bumi dengan cara yang sama seperti Bumi mengelilingi matahari. Bulan berjarak sekitar 384.000 km (239.000 mil) dari Bumi dan dibutuhkan sekitar 27 hari untuk melakukan satu perjalanan mengelilingi Bumi. Bulan berputar pada porosnya sendiri dalam jumlah waktu yang sama yang diperlukan untuk membuat satu revolusi Bumi. Inilah sebabnya mengapa sisi yang sama dari bulan selalu menghadap Bumi. Perjalanan bulan di sekitar Bumi berdampak pada pasang surut Bumi dan menyebabkan gerhana ketika keberpihakan tertentu pada Bumi, matahari dan bulan terjadi.

Gerakan Planet Lain
Planet besar lainnya di tata surya adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Merkurius membutuhkan 88 hari Bumi untuk melakukan perjalanan mengelilingi Matahari dan Venus membutuhkan 226 hari. Itu adalah satu-satunya planet dengan tahun lebih pendek dari Bumi. Mars membutuhkan 694 hari Bumi untuk mengelilingi Matahari, Jupiter membutuhkan waktu hampir 12 tahun, Saturnus membutuhkan waktu hampir 30 tahun, Uranus membutuhkan waktu sekitar 84 tahun dan Neptunus membutuhkan waktu lebih dari 164 tahun.

Gerhana matahari.
Gerhana matahari terjadi akbiat bulan baru melewati langsung antara Bumi dan Matahari. Ini menimbulkan bayangan di Bumi dan menghalangi pandangan kita tentang Matahari. Gerhana matahari total terjadi ketika bayangan Bulan benar-benar menghalangi Matahari. Ketika hanya sebagian dari Matahari yang tidak terlihat, itu disebut gerhana matahari parsial. 
Gerhana matahari adalah peristiwa langka yang biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Itu karena bayangan Bulan hanya mencakup area yang sangat kecil di Bumi dan Bumi berputar sangat cepat. Saat Matahari ditutupi oleh bayangan bulan, itu akan benar-benar menjadi lebih dingin di luar. Burung mungkin mulai bernyanyi, dan bintang-bintang akan terlihat di langit. Selama gerhana matahari, korona dan keunggulan matahari dapat dilihat.
Tapi pastikan untuk tidak melihat matahari secara langsung karena akan sangat berbahaya untuk mata teman-teman semua. Karena sinar yang terpapar nantinya ketika gerhana mengandung UV yang cukup pekat dan dapat menyebabkan katarak dan buta.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments