Pengaruh Medan Magnet Terhadap Kesehatan, Tema 5, Subtema 2, Pembelajaran 3

Sebelum ke pembahasan tentang Pengaruh Medan Magnet Terhadap Kesehatan, Tahukah kamu bahwa ada juga wirausaha di bidang olahraga? Ya, bagi mereka yang memiliki keterampilan dan minat, banyak juga peluang usaha di bidang olahraga. Olahraga menjadi hobi atau kegiatan yang cukup banyak digandrungi orang. Dari sini ternyata olahraga juga bisa menjadi salah satu usaha kreatif yang bisa untuk menambah penghasilan kita. Lalu peluang usaha apa saja yang bisa ditekuni dari olahraga?

Sampai sekarang, olahraga ternyata menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun faktanya di Indonesia sendiri, tenyata belum banyak yang berminat untuk menggeluti usaha di bidang ini. Padahal cukup banyak peluang usaha yang bisa dilakukan. Semua bisa disesuaikan dengan hobi terhadap olahraga tertentu. Usaha kreatif di bidang olahraga yang bisa dilakukan misalnya adalah menjual pakaian olahraga. Apa saja pakaian olahraga yang  bisa kita jual? Semua pakaian olahraga sebenarnya bisa seperti pakaian badminton, jersey sepak bola atau pakaian bola, dan pakaian olahraga lainnya. Ingat! Olahraga adalah bidang yang tidak pernah mati. Selain seragam, kita juga bisa menjual peralatan olahraga mulai dari bola, sepatu, peralatan lain seperti matras untuk senam dll.
Apakah kamu masih ingat cara melakukan langkah awal dalam senam irama? Senam irama ialah sebuah gerakan senam yang diiringi dengan musik. Gerakan senam irama ini memiliki sebuah pelajaran yang bersifat bebas dengan disertai irama yang selaras. Senam irama dapat dilaksanakan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Pada aktivitas gerak berirama ini biasanya menggunakan alat seperti simpai, bola, gada, topi, tongkat, pita dan sebagainya. Gerakan senam irama dengan jenis senam lainnya memiliki latihan yang hampir sama, namun untuk senam irama disertai dengan ritme atau irama.

Pengertian senam irama ini juga dijelaskan bahwa setiap peserta harus menguasai setiap gerakannya. Dengan begitu manfaat yang didapatkan tubuh akan lebih maksimal serta gerakannya dapat dilakukan dengan serasi. Tujuan utama dalam gerakan senam irama ialah menjaga kesehatan, kekuatan dan membentuk keindahan pada tubuh. Terdapat tiga hal yang difokuskan dalam gerakan ini yaitu kontinuitas gerakan, ketepatan dengan irama atau musik dan  fleksibilitas atau kelentukan tubuh. Berolahraga secara teratur baik untuk kesehatan kita.

Tahukah kamu bahwa ternyata medan magnet juga berpengaruh terhadap kesehatan?
Manfaat magnet untuk kesehatan sudah dikenal sangat lama. Masyarakat Tiongkok dan India kuno telah membuktikan bahwa penggunaan batu yang menghasilkan magnet dapat mengatasi berbagai penyakit. Mereka sudah mengenal hal tersebut lebih dari 2000 tahun yang lalu. Bisa dibilang metode magnet merupakan metode kuno yang mungkin sudah lama ditinggalkan dan diganti dengan berbagai metode pengobatan modern seperti yang ada sekarang. Lalu sebenarnya manfaat kesehatan apa yang bisa kita dapatkan?

Kemampuan magnet dalam melancarkan aliran darah boleh jadi disebabkan oleh terpengaruhnya kandungan besi di dalam darah mengingat karakteristik ferromagnetik yang dimiliki oleh unsur besi. Ferromagnetik adalah sifat suatu unsur yang sangat mudah untuk tertarik (terpengaruh) oleh suatu medan magnet.

Semakin lancarnya aliran darah maka akan semakin baik pengaruhnya bagi tubuh, dampaknya sangat besar dan signifikan bagi kesehatan. Distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh semakin merata, metabolisme pun akan berjalan lebih cepat. Hal tersebut akan berdampak positif terhadap system pencernaan, sistem hormon, sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, proses pembersihan toksin yang ada dan mungkin terakumulasi di dalam tubuh juga akan semakin berjalan cepat, tubuh pun akan terbebas dari toksin yang merugikan dan menjadi semakin sehat. Dampak positif juga dirasakan pada proses penyembuhan andaikata terjadi luka pada tubuh.

Berikut ini beberapa pengaruh Medan Magnet bagi tubuh manusia selain yang disebutkan diatas:

  1. Kutub utara magnet (atau kutub positif) memiliki efek yang berbeda dengan kutub selatannya (kutub negatif magnet). Kutub positif magnet memiliki efek yang menenangkan atau membuat rileks, sedangkan kutub negatif magnet memiliki efek mengaktivasi atau memberikan rangsangan atau stimulus.
  2. Mempengaruhi keseimbangan asam-basa cairan tubuh.
  3. Mengubah aktivitas enzim dan proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh
  4. Mengilangkan stres akibat aktivitas rutin.

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang magnet.
Apakah kamu masih ingat tentang jenis-jenis dan sifat magnet?
Apakah kamu dapat menyebutkan benda magnetis dan nonmagnetis yang ada di dalam kelasmu?
Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan jawabannya;
Alternatif jawaban:
Magnet memiliki beberapa sifat antara lain:

  1. Memiliki gaya tarik.
  2. Memiliki dua buah kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.
  3. Kutub senama tolak menolak.
  4. Kutub tidak senama tarik menarik.
  5. Memiliki gaya yang dapat menembus benda tertentu.
  6. Magnet dapat menarik benda-benda tertentu.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments