Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN, Tema 5, Subtema 1, Revisi 2018

Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.

Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik. Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.

Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.

Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.

Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.

Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?
Jawab:
Hari ini menjadi hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawanya karena mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.

Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN?
Jawab:
Yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN adalah Udin dan kawan-kawannya mendapatkan informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?
Jawab:
Pengalaman belajar yang diperoleh Edo saat berkunjung ke pameran budaya ASEAN adalah dia mengenal nama-nama makanan khas dari tiap negara ASEAN, bahkan namanya pun baru dia ketahui dan menjadi ciri khas sumber daya alam negara tersebut.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?
Jawab:
Pengalaman belajar yang diperoleh Beni yaitu dia menjadi lebih tahu tentang wayang Asik khas negara Brunei Darussalam yang populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Serta melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?
Jawab:
Pengalaman belajar yang diperoleh Udin yaitu selain memperoleh informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil, dia juga tahu tentang berbagai produk wirausaha kreatif tiap negara anggota ASEAN.

Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?
Alternatif jawaban:
Jika saya mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran ASEAN, kegiatan yang mungkin paling menarik yaitu mengetahui lebih dalam tentang aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.

Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!
Jawab:
3 hal yang menurut saya penting:

  1. Bagaimana peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.
  2. Berbagai macam produk kreatif dan nama-nama makanan khas masing-masing negara.
  3. Beragam karya budaya dari masing-masing negara.

Tahukah kamu bahwa banyak kerja sama yang dilakukan antarnegara di lingkup ASEAN? Ayo, kita pelajari lebih lanjut!
Ayo Berdiskusi
Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masing-masing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya. Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian ASEAN? Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut. Kamu akan mencari informasi secara berkelompok tentang kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Laporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran. Dan berikut pembahasannya.
Dalam pameran negara-negara ASEAN, terdapat cendera mata terbuat dari magnet, yang bisa ditempel pada permukaan yang terbuat dari besi, misalnya di pintu lemari es. Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang magnet.

Ayo Mencoba
Apakah kamu pernah menemukan magnet di sekitarmu? Di mana saja kamu menemukan magnet? Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Jawab:
Kita dapat menemukan magnet pada alat-alat seperti obeng, kompas, dinamo, pengunci dompet, speaker, atau pengangkat benda yang menggunakan magnet untuk mengangkat benda yang terbuat dari besi dan baja. Kata magnet berasal dari Magnesia, nama suatu kota di kawasan Asia. Di kota inilah orang-orang Yunani sekitar tahun 600 SM menemukan sifat magnetik dari mineral magnetik. Sedangkan secara umum, pengertian magnet adalah kemampuan suatu benda untuk menarik benda-benda lain yang berada disekitarnya.

Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan gambar dibawah ini.
Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan berikut.
Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Jawab:
Magnet merupakan benda yang dapat menarik logam seperti baja dan besi serta memiliki daerah disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet atau dinamakan medan magnet. Magnet sendiri memiliki dua buah kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan magnet.

Sifat-sifat magnet.

  1. Magnet dapat menarik logam (seperti baja ataupun besi) atau benda sesama magnet.
  2. Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan yang selalu berpasangan kutubnya walaupun magnet tersebut dipecah sampai kecil, magnet tetap memiliki dua kutub.
  3. Kutub magnet yang senama atau satu jenis akan tolak menolak, sedangkan kutub yang tidak senama atau tidak sejenis akan tarik-menarik. 
  4. Magnet memiliki daerah di sekitarnya yang masih dipengaruhi magnet itu sendiri yang disebut dengan medan magnet. Misalnya jika kamu meletakkan sebuah jarum pentul pada medan magnet, maka jarum pentul tersebut akan ketarik oleh magnet dan menempel.
Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?
Jawab:

Ada 2 jenis magnet, yaitu :

1. Magnet Alam
Magnet Alam adalah magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami tanpa ada campur tangan manusia. Contohnya adalah gunung ida di Magnesia yang mampu menarik benda-benda disekitarnya.

2. Magnet Buatan
Magnet Buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dari bahan-bahan magnetik yang kuat seperti besi dan baja. Magnet buatan sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Magnet Tetap (Pemnanen). Merupakan magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatannya sudah dihentikan.
  2. Magnet Sementara (Remanen). Merupakan magnet yang sifat kemagnetannya hanya sementara, yaitu hanya terjadi selama proses pembuatannya.
Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.
Jawab:
Simbol U dan S menunjukkan kutub magnet, dimana U merupakan kutub Utara magnet, dan S merupakan kutub Selatan magnet. 

Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.
Jawab:
Secara umum terdapat 5 bentuk magnet yaitu magnet batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet u dan magnet lingkaran.
  1. Magnet batang bentuknya menyerupai batang atau balok atau kubus.
  2. Magnet silinder, menyerupai tabung panjang.
  3. Magnet jarum menyerupai jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub magnet yang runcing.
  4. Magnet U (magnet ladam) berbentuk seperti tapal kuda atau serupa dengan huruf U. dan 
  5. Magnet lingkaran/magnet keping yang memiliki bentuk menyerupai kepingan logam.
Tahukah Kamu?
Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda-benda yang mengandung logam.
Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnitis lithos.
Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang disebut magnet. Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.
Kutub-Kutub Magnet
Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat.

Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan).

Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujung-ujung magnet tersebut. 

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments