Mengetahui Peranan Sistem Pengendali

Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini sistem kendali manual maupun automatik memiliki peran yang sangat penting. Peranan sistem kendali automatik adalah paling menonjol dalam berbagai keperluan hajat manusia atau bangsa yang telah maju peradabannya. Contoh konkret dapat kita temui pada pengendalian pesawat ruang angkasa, peluru kendali, sistem pengemudi pesawat, sateIit dan sebagainya. Sementara di industri diperlukan untuk pengendalian mesin-mesin produksi bidang manufaktur dan pengendalian proses seperti tekanan, temperatur, aliran, gesekan, kelembaban dan sebagainya.

Sistem pengendali dalam teknik listrik mempunyai arti suatu peralatan atau sekelompok peralatan yang digunakan untuk mengatur fungsi kerja suatu mesin dan memetakan tingkah laku mesin tersebut sesuai dengan yang dikehendaki. Sistem kendali dapat digolongkan menjadi sistem kendali loop Terbuka, dan sistem kendali loop tertutup. Pada sistem kendali loop terbuka, satu atau lebih variabel masukan yang diberikan oleh seseorang atau transmitter program, akan menentukan variabel keluaran dari rangkaian kontrol. Masing-masing elemen sari rangkaian kontrol akan membentuk suatu loop terbuka Artinya, sinyal perintah hanya bisa bergerak satu arah dari titik awal sampai titik akhir loop kontrol. Sedangkan Sistem Kendali Loop Tertutup merupakan proses dimana variabel yang diatur selalu dibandingkan dengan variabel perintah. Dengan pengukuran yang sesuai, setiap deviasi selalu dikembangkan ke posisi nol. Kontrol loop tertutup selalu mempunyai urutan operasi yang tertutup.

Peralatan listrik
Peralatan yang biasa digunakan untuk alat elektronik adalah.

a. Test pen
Test pen sering digunakan dalam kegiatan elektronika. Test pen merupakan alat bantu pengukuran sederhana, test pen digunakan untuk mengetahui apakah suatu penghantar listrik (kabel atau kawat) memiliki tegangan listrik. Dalam gambar 7 ditunjukkan gambar test pen. Di dalam test pen terdapat lampu petunjuk (indicator) yang akan memberikan tanda, apabila menyala maka pada bagian sumber terdapat tegangan, sebaliknya apabila tidak menyala maka pada bagian sumber tidak terdapat tegangan.
Cara penggunaan test pen sebagai berikut:
  1. Pegang test pen dengan ujung-ujung jari.
  2. Letakkan jari telunjuk pada bagian atas (tempat jari tangan).
  3. Pastikan jari tangan anda tidak menyentuh bagian sumber dan buatlah pengukuran menjadi nyaman.
  4. Tempelkan ujung bagian bawah test pen (tempat sumber) dengan penghantar yang akan diuji.
  5. Perhatikan lampu petunjuk.
  6. Lepaskan test pen dari penghantar yang diuji.
b. Solder
Solder merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan pcb. Solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya, pada umumnya berbentuk seperti pistol, dan lurus dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip, dan dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan Pcb. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas. Solder pula digunakan untuk upaya alternatif jumper dengan menghubungkan kabel kecil pada hubungan yang putus pada papan Pcb agar yang retak atau terputus agar dapat tersambung kembali.

c. Penggaris siku
Penggaris siku adalah alat yang digunakan untuk mengukur siku dari suatu sambungan, baik siku bagian dalam maupun siku bagian luar.

d. Palu
Palu adalah alat yang digunakan untuk menancapkan paku pada kayu atau aluminium, juga untuk mencabut paku itu kembali.
e. Gunting
Gunting seng adalah alat yang digunakan untuk memotong seng atau sejenisnya.

e. Ketam
Ketam berfungsi untuk memperhalus permukaan kayu.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments