Mengenal Sumber Energi Panas

Merasakan hangatnya mentari pagi, menjemur pakaian dibawah terik matahari atau merebus air diatas kompor merupakan kegitan yang berhubungan dengan kalor atau energi panas yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan menjemur pakaian maka kita memanfaatkan sumber energi panas dari matahari. Sedangkan saat kita merebus air kita memanfaatkan sumber enegi panas dari api kompor.

Pertanyaannya adalah apa itu sumber energi panas? Sumber energi panas adalah semua benda yang dapat menghasilkan energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya
adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Dalam kasus yang lain, apabila kita menggosokkan kedua tangan kita selama beberapa waktu maka kita juga akan merasakan panas. Ternyata energi panas juga dapat dihasilkan dari gesekan antara dua
benda. Gesekan kedua tangan kita ternyata bisa menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Dari bacaan diatas, ada beberapa pertanyaan yang akan kita jawab, diantaranya:

1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
Jawab:
Sumber energi panas adalah semua benda yang dapat menghasilkan energi panas.

2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
Jawab:
Sumber energi panas yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari hari diantaranya matahari dan api.

3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
Jawab:
Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!
Jawab:
Kita dapat membuktikan adanya energi panas dengan cara yang sederhana diantaranya adalah dengan menggosokkan kedua telapak tangan kita dan menggosokkan mistar plastik dengan kain.

5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
Jawab:
Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api.

6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Jawab:
Penemuan Api sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan penemuan tersebut membuat kehidupan manusia lebih bervariasi dan banyak kemajuan yang kemudian bisa dicapai. Dengan ditemukannya api, manusia jaman dulu kemudian menemukan cara baru dalam menghangatkan diri dan bertahan saat cuaca dingin, mengenal cara memasak makanan, api juga digunakan sebagai senjata mengusir binatang buas, api menjadi sumber penerangan, sebagai alat menaklukkan alam utamanya dalam proses pembukaan lahan pertanian dan lain lain. Bisa dikatakan, penemuan api ini membawa manusia pada tahapan kehidupan yang lebih maju dari kehidupan yang sebelumnya.

Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari. Berikut ini kegiatan yang menggunakan sumber energi panas pada kehidupan sehari-hari;

KegiatanAlat yang DigunakanSumber Energi Panas
yang Digunakan
Menanak nasi Panci dan kompor
Alat penanak nasi
elektrik
Api dari kompor,
listrik
Merebus air PanciApi dari kompor
Menyetrika pakaian SetrikaListrik

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments