Mendesain Poster Dengan Tangan, Tema 5, Subtema 2, Pembelajaran 2

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster. Ayo, kita mengenal poster sebagai bagian dari reklame. Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak.

Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Poster dibuat untuk berbagai tujuan dan isinya. Ada beberapa macam jenis poster berdasarkan Isinya yaitu:
  1. Poster Niaga, poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen suatu produk untuk mengenalkan produknya kepada halayak umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan. 
  2. Poster Kegiatan, poster ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai suatu acara atau event. Didalam poster ini biasanya terpampang nama dari acara, lokasi serta waktu kapan dimulainya acara. Penggunaan poster ini bertujuan agar ada banyak orang yang hadir dan meramaikan acara tersebut.
  3. Poster Pendidikan, poster jenis ini berisi tentang hal-hal yang bertemakan pendidikan, seperti sosialisasi sebuah program, serta ajakan untuk giat dalam belajar.
  4. Poster Layanan Masyarakat, poster ini berisi mengenai sosialisasi tentang program baru yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat.
Sedangkan Pengertian reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu barang, jasa atau hal lain dengan maksud menarik perhatian dan keinginan tentang yang diinformasikan. Reklame yang baik bukan hanya sekedar menarik perhatian khalayak ramai atau umum, tetapi ia harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli atau menguasai barang atau hal yang direklamekan.

Ayo Mengamati
Amati poster berikut.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok
1. Bagaimana pendapatmu tentang poster tersebut? Jelaskan!
Poster tersebut termasuk dalam poster kegiatan, dimana poster ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai suatu acara atau event yaitu pameran batik dan pameran gerabah. Poster sudah cukup baik karena tulisan dalam poster terlihat cukup jelas dan dapat terbaca, ada kombinasi gambar yang tidak berlebihan, dan terlihat kombinasi warna yang menarik.

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster?
jawab:
Keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster diantaranya keterampilan mendesain atau memadukan gambar agar terlihat menarik serta kata-kata yang menarik.

3. Bisakah kamu menduga langkah-langkah cara membuat poster tersebut? Jelaskan.
Jawab:
Langkah-langkah membuat poster
  1. Tentukan subjek yang akan di jadikan poster
  2. Merumuskan pesan yang akan di sampaikan
  3. Menyusun kalimat yang jelas dan singkat
  4. Memilih kata-kata dan gambar yang menarik dan mudah di ingat
  5. Menuliskannya dengan huruf besar dan paduan warna yang menarik
Kamu telah mengamati contoh poster pameran batik dan gerabah Nusantara. Sekarang, kamu akan membuat poster tentang pameran seni tradisional yang disesuaikan dengan budaya daerahmu.
Sebelumnya, perhatikan langkah-langkah berikut.

Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Langkah 1
Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak indah dan menarik.

Langkah 2
Pilih kertas polos sesuai keinginan Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kamu dapat menentukan ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3
Buatlah 3 garis tipis. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bagian ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis informasi tentang hal-hal yang kamu ingin supaya orang lain mengetahuinya, misalnya mencantumkan tempat, tanggal, nomor telepon, seperti “Kunjungilah pameran kami!”
Langkah 4
Buatlah judul.
Buatlah judul pada bagian atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis. Kamu dapat menyesuaikan besar huruf dengan ukuran kertas.
Langkah 5
Buatlah catatan kaki.
Gambar dan buat tulisan secara tipis pada bagian bawah kertas.
Langkah 6
Isi bagian tengah
Isi bagian tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster pameran seni, kamu akan membuat gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya gerabah. Kamu dapat membuat satu atau beberapa gambar. Buatlah sketsa dengan tipis.
Langkah 7
Warnailah Postermu
Sekarang, setelah poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.
Kamu baru saja mengetahui langkah-langkah membuat poster tentang pameran seni nusantara untuk mempromosikan suatu produk. Sekarang, kamu akan mempelajari bagaimana merancang kemasan produk yang menarik.

Ketika merancang sebuah kemasan, kamu perlu memiliki keterampilan untuk memetakan ukuran produk agar dapat dibuat kemasan yang sesuai. Usaha-usaha yang ada di sekitar kita, kadang-kadang merancang kemasan yang unik untuk produknya. Salah satunya adalah kemasan berbentuk prisma segitiga seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat prisma segitiga? Jelaskan.
Sifat- sifat Prisma Segitiga
Jawab:

  1. Memiliki bentuk alas dan atap yang kongruen. Segitiga ABC dan DEF memiliki ukuran dan bentuk yang sama.
  2. Setiap sisi bagian samping prisma berbentuk persegi panjang. Prisma segitiga dibatasi oleh tiga persegi panjang di setiap sisi sampingnya, yaitu ABED, BCFE, dan ACFD.
  3. Memiliki rusuk tegak. Prisma segitiga memiliki tiga buah rusuk tegak, yaitu AD, BE, dan CF. Rusuk tersebut dikatakan tegak karena letaknya tegak lurus terhadap bidang alas dan atas.
  4. Setiap diagonal bidang pada sisi yang sama memiliki ukuran yang sama. Segitiga ABC dan DEF pada gambar diagonal bidang pada sisi ABED memiliki ukuran yang sama panjang. Perhatikan bahwa AE = BD, BF = CE, dan AF = CD.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments