Memahami Perbedaan Suhu dan Panas??

Ketika kita membuat teh panas, kita memerlukan beberapa sendok teh dan air panas tentunya. Sedangkan kalau kita membuat es jeruk, maka kita membutuhkan sari jeruk, air dan es batu. Tapi kita tidak akan membahas tentang kedua minuman tersebut. Yang akan kita bahas adalah bagaimana kita dapat menentukan bahwa air teh yang kita buat itu terasa panas, dan es jeruk itu terasa dingin?? Mungkin ada yang menjawab "Ya tinggal di pegang saja, nanti juga kita  merasakan mana minuman panas dan dingin..!!

Memang, dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengukur suhu dengan sentuhan telapak tangan dimana indera peraba akan mengirimkan informasi ke otak untuk memberitahu bahwa sesuatu itu terasa panas atau dingin. Akan tetapi dapatkah kita menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda hanya dengan menggunakan indra peraba pada telapak tangan? Jika tida lalu apakah indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Yap!!! Indra peraba, seperti telapak tangan memang tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Telapak tangan atau indera perasa kita hanya dapat memperkirakan panas dan dingin dari suatu benda. Dengan kata lain tangan kita tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Saya berikan contoh sederhana. Ketika seseorang atau katakanlah kita pergi berkemah ke daerah pegunungan maka ketika malam hari kita akan merasakan bahwa cuaca di sekitar terasa dingin. Dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi cuaca dingin? Salah satunya dengan mengenakan jaket
tebal atau baju hangat. Berbeda dengan penduduk yang memang tinggal di dataran tinggi, mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin seperti yang kita rasakan karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan. Nah dari contoh ini membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki
perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya.

Dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. Suhu adalah besaran numerik untuk mengetahui derajat panas atau dingin pada suatu benda. Suhu juga dapat didefinisikan sebagai suatu besaran termodinamika yang menunjukkan besarnya energi kinetik translasi rata-rata molekul dalam sistem gas. Suhu dalam bahasa Inggris disebut temperature  atau temperatur. Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

Untuk memperdalam pemahaman tentang bacaan diatas, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Jawab;
Judul bacaan diatas adalah "Perbedaan suhu dan panas"

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!
Jawab;
Paragraf 1 : Indra peraba, derajat panas, cuaca
Paragraf 2 : Suhu, temperatur
Paragraf 3 : Energi panas, logam, suhu, derajat, termometer, kalorimeter

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Pertanyaan;
  • Apakah telapak tangan dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda? 
  • Besaran yang digunakan untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan disebut?
  • Apakah perbedan kalor dan panas?
  • Alat untuk mengukur suhu disebut?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Pertanyaan;
  • apa itu termometer dan ada berapa jenisnya?
  • bagaimana termometer dapat menunnjukkan suhu suatu benda kepada kita?
  • kenapa indera peraba tidak dapat digunakan untuk menentukan suhu?
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Sedangkan energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

B. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang kamu ketahui tentang panas?
Jawab;
Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?
Jawab;
Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!
Jawab;
Saat kita berada di dekat tungku perapian, maka kita akan merasa hangat karena terjadi perpindahan panas dari api ke tubuh kita secara radiasi. Panas dari perapian itulah yang menyebabkan suhu tubuh naik sehingga kita tidak merasakan kedinginan.

Tabel berikut menunjukkan perbedaan antara panas dan suhu!
PanasSuhu
Salah satu bentuk energi Suhu merupakan besaran
Dapat diukur dengan kalorimeter Dapat diukur menggunakan termometer
Satuan; kalori Satuan suhu adalah derajat Celcius,
Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin
Dapat berpindah dari satu benda
ke benda lainnya
Tidak dapat berpindah, namun
bisa naik dan turun

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments