Kreativitas yang Membuahkan Hasil, Kelas 6, Tema 5, Subtema 3, Pembelajaran 1

Tahukah kamu bahwa banyak pelaku usaha menghasilkan berbagai produk bernilai jual dari benda-benda yang tidak terpakai? Contohnya dari bunga yang kering ternyata tidak sekadar menumpuk menjadi sampah. Pada postingan sebelumnya yang berjudul "Perjalanan Ibu Made Yuliani Menggagas, Membuat, dan Memperjuangkan Bali Tangi" telah dibahas tentang Ibu Made, seorang pelaku wirausaha, memanfaatkan bunga kering menjadi aneka produk pewangi.

Rangkaian bunga kering buatan Ibu Made Yuliani memenuhi etalase di rumahnya. Indah dipandang dengan aroma semerbak memenuhi ruangan. Ibu Made Yuliani adalah seorang tokoh wirausaha Bali yang memulai usahanya dengan mengumpulkan bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekitar tempat tinggalnya di Pulau Dewata. Berawal dari rangkaian bunga kering, usahanya kini berkembang pesat dan menghasilkan aneka produk pewangi. Sabun alami, pelembap tubuh, serta pewangi ruangan diramu dan dibuatnya dari beragam jenis buah dan tanaman. “Kreativitas sangat penting dalam usaha ini”, ujar Bu Made. “Bunga-bunga kering yang awalnya tampak tidak menarik, dirangkai kembali menjadi karya seni yang memiliki nilai jual,” lanjut Bu Made lagi. Pelanggan produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun banyak yang berasal dari mancanegara.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Ibu Made Yuliani?
Jawab:
jenis usaha yang dilakukan Ibu Made Yuliani produk pewangi, sabun alami, pelembap tubuh, serta pewangi ruangan.

2. Apa bahan yang digunakan Bu Made untuk menjalankan usahanya?
Jawab:
Bahan yang digunakan Bu Made untuk menjalankan usahanya adalah bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekitar tempat tinggalnya di Pulau Dewata.

3. Apa manfaat usaha tersebut bagi masyarakat dan lingkungan?
Jawab:
Produk pewangi yang dihasilkan Ibu Made menimbulkan aroma relaksasi yang dapat mengembalikan kebugaran tubuh, dan mengharumkan ruangan. Selain itu dari hasil penjualan juga mampu memperbaiki perekonomian warga sekitar dan mengenalkan produk Bali ke dunia Internasional.

4. Apa yang dapat kamu pelajari dari cara Bu Made berwirausaha?
Jawab:
Yang dapat dipelajari dari cara beliau berusaha adalah pemanfaatan barang atau benda tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi, didukung dengan kreativitas dan kerja keras.

Ayo Berdiskusi!
Diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tentunya akan memengaruhi arus barang dan jasa, termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani. Apakah MEA itu? Bagaimana MEA memengaruhi kehidupan kita? Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya? Ayo, kita pelajari lebih lanjut!

Apakah MEA itu?
MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.
Bagaimana MEA mempengaruhi kita?
MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.

Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka.

Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar.

Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.

ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015.

Sementara, permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?
Jawab:
MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Ini merupakan kesepakatan para pemimpin ASEAN untuk memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015.

2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan.
Jawab:
Yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA adalah bagaimana para pelaku usaha mampu meningkatkan kualitas produk

3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Jawab:
Yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

4. Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Jawab:
Sebagai seorang pelajar yang harus dilakukan mulai saat ini agar ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA tidak lain adalah harus belajar dengan giat, terus berusaha meningkatkan kualitas diri, dan mau membuka diri dengan perkembangan dan kemajuan jaman tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya lokal.

5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Jawab:
Manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di kawasan Asia Tenggara.

MEA juga akan membuka peluang bagi usaha kecil untuk berkembang. Salah satu contohnya adalah dengan membuat cendera mata untuk wisatawan.

Perhatikan cendera mata dari magnet berikut.
Cendera mata di atas dapat kamu tempelkan di pintu kulkas. Apakah pintu kulkas termasuk benda magnetis atau benda nonmagnetis? Mengapa?
Benda bagnetis adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet, sedangkan benda nonmagnetis adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Salah satu sifat magnet adalah memiliki gaya tarik. Artinya apabila magnet di letakkan berdekatan dengan jenis-jenis logam tertentu akan menarik dan mempertahankan logam tersebut untuk tetap menempel padanya. Dan apabila sebuah cindera mata dapat ditempelkan atau menempel di pintu kulkas itu berarti pintu kulkas termasuk benda magnetis.

Tahukah kamu bahwa magnet mempunyai medan? Apa yang dimaksud dengan medan magnet? Ayo, kita melakukan percobaan tentang medan magnet.

Percobaan Medan Magnet
Medan magnet adalah
daerah atau wilayah yang
dipengaruhi oleh gaya
magnet. Medan magnet tidak
dapat kita lihat, tetapi dapat
digambarkan. Besar medan
magnet tergantung pada
kekuatan magnet.
Tujuan percobaan:
Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan Bahan:
1. Magnet
2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
3. Kertas karton berukuran A4
Langkah-langkah Percobaan:
1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
5. Jauhkan magnet dari kertas.
Tulislah laporan berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.
Laporan Percobaan
Medan Magnet
Tujuan Percobaan:
Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan Bahan:
1. Magnet
2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
3. Kertas karton berukuran A4
Langkah-langkah Percobaan:
1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
5. Jauhkan magnet dari kertas.
Hasil Percobaan:
Saat serbuk besi ditaburkan diatas kertas karton yang dibawahnya diletakan magnet, maka akan terlihat medan magnet berupa garis-garis gaya magnet yang selalu keluar dari kutub utara megnet dan masuk ke kutub selatan magnet. Garis-garis tersebut tidak pernah saling berpotongan. Kerapatan garis-garis gaya magnet menunjukkan kekuatan medan magnet 
Kesimpulan:
Dari percobaan yang dilakukan, dapat kita simpulkan bahwa:
  1. Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda tertentu. Dalam hal ini adalah kertas karton. 
  2. Magnet memiliki medan yang dinamakan dengan medan magnet yaitu daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet berupa garis-garis gaya yang selalu keluar dari kutub utara megnet dan masuk ke kutub selatan magnet. . 
Perdagangan di pasar bebas MEA akan meningkatkan arus barang dan jasa. Tahukah kamu bahwa banyak usaha kecil dan menengah mengirim barang-barang mereka kepada konsumen menggunakan jasa kurir? Sebelum barang dikirim kepada kosumen, biasanya penjual mengisi formulir terlebih dahulu.

Perhatikan contoh formulir pengiriman barang untuk dalam negeri berikut.

FORMULIR PENGIRIMAN BARANG DALAM NEGERI
Berdasarkan teks formulir tersebut, jawablah pertanyaan berikut.
Apa saja informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang?
Jawab:
Informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang diantaranya data penerima yang terdiri dari nama dan alamat lengkap hingga nomor telepon, dan data pengirim yang terdiri dari nama dan alamat lengkap hingga nomor telepon.

Mengapa kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir pengiriman barang?
Jawab:
Kode pos sangat penting bagi usaha pengiriman barang karena akan membantu mencari alamat yang dimaksud. Selain itu juga mengurangi resiko salah alamat.

Apa yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap? Jelaskan.
Jawab:
Yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap adalah petugas kurir barang akan kesulitan mencari alamat penerima.

Mengapa kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir tersebut?
Jawab:
Perlunya mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir adalah untuk memudahkan komunikasi diantara pengirim dan penerima barang. Pengirim barang bisa menghubungi penerima barang jika ada kendala dalam pengirimannya. Sebaliknya, penerima barang dapat menghubungi pengirim barang apabila ada yang tidak sesuai baik dari waktu pengiriman atau barang yang dikirim.

Formulir tersebut hanya merupakan salah satu contoh formulir pengiriman barang. Setiap lembaga atau perusahaan dapat membuat formulir dengan data dan format yang berbeda.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments