Bagaimana Sebuah Usaha Bermanfaat untuk Dirimu dan Orang Lain di Sekitarmu? Tema 5, Subtema 2, Pembelajaran 1

Usaha apa saja yang ada di sekitarmu ? Bagaimana usaha tersebut bermanfaat untuk dirimu dan orang lain di sekitarmu? Ada banyak sekali kegiatan wirausaha di sekitar kita. Ada yanag bergerak di bidang perdagangan, dan ada pula yang bergerak di bidang usaha jasa, contohnya seperti tukang cukur, usaha bengkel, atau usaha fotocopy dan lain sebagainya. Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha selain yang disebutkan tadi. Dan perlu diketahui juga bahwa ada banyak keuntungan dengan kita menjadi seorang pengusaha.

Ditengah sulitnya lapangan pekerjaan, disaat orang-orang berpikir dan berusaha keras untuk memperoleh pekerjaan menjadi seorang karyawan misalnya, kemudian kita berani bisa mengambil keputusan untuk mulai membuka lapangan pekerjaa sendiri atau membuka usaha, maka itu merupakan keputusan yang sangat baik. Memang, ditengan sulitnya lapangan pekerjaan, salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan membuka sebuah bisnis atau usaha sendiri, karena dengan begitu akan ada satu kesempatan yang terbuka bagi lapangan pekerjaan baru. Dengan menjadi pengusaha, sering kali hal tersebut akan membuat kita merasa bahwa hidup mereka tidak sia-sia karena bisa bermanfaat untuk orang lain yang bahkan tidak mereka kenal sebelumnya. Itu merupakan bonus dari sebuah usaha.

Amati gambar dibawah ini!
Amati gambar diatas dan tuliskan hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang kegiatan wirausaha pada gambar dalam bentuk pertanyaan.
Alternatif jawaban:
Pertanyaan 1: Bergerak di bidang apa usaha yang mereka lakukan?
Pertanyaan 2: Berasal dari manakan peralatan yang digunakan untuk usaha mereka?

Apa manfaat yang kamu peroleh dari usaha-usaha tersebut?
Alternatif jawaban:
Usaha fotocopy bermanfaat bagi kita saat kita akan menggandakan sebuah dokumen. Selain itu, biasanya selain usaha foto copy, di tempat itu juga dijual ATK seperti alat tulis, kertas dan lain-lain. Kita bisa mendapatkan semua di tempat usaha foto copy.

Untuk usaha cukur rambut atu salon, bermanfaat agar rambut atau penampilan kita terlihat rapi. Apalagi bagi anak sekolah.

Manfaat yang dapat kita peroleh dari usaha bengkel motor adalah kita bisa memperbaiki sepeda motor kita apabila ada kerusakan atau sekedar untuk melakukan perawatan rutin agar kendaraan yang kita miliki dapat digunakan lebih lama.

Kemudian sumber daya apa yang digunakan dari ketiga jenis usaha pada gambar diatas? Perlu diketahui, dalam lingkup yang lebih luas, Dalam menjalankan roda perekonomian, suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Namun, diperlukan kerja sama dengan negara lain. Salah satu contohnya adalah kerja sama di antara negara-negara ASEAN.

Mari kita ambil contoh sederhana dari usaha yang terdapat pada gambar tadi, yaitu usaha pangkas rambut. Untuk menjalankan usaha tersebut, sumber daya yang digunakan bisa berasal dari dalam negeri, misalnya sumber daya manusia, kursi, dan meja. Namun, ada juga sumber daya yang berasal dari luar negeri, misalnya mesin cukur dan peralatan lainnya.

Begitu pula dengan usaha fotokopi dan bengkel. Sebagian sumber daya ada yang berasal dari dalam negeri, dan ada pula yang didatangkan dari luar negeri, seperti mesin fotokopi dan suku cadang untuk kendaraan bermotor.

Kegiatan mendatangkan atau memasukkan barang dagangan atau komoditas dari luar negeri disebut mengimpor.
Kegiatan mengirim barang dagangan atau komoditas ke luar negeri disebut mengekspor.

Kerajinan batik dan gerabah Kasongan adalah dua contoh wirausaha yang telah mengekspor produk ke luar negeri, khususnya ke negara-negara ASEAN.

Baca teks berikut dalam hati.

Ekspor Batik Terus Meningkat

Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk batik hingga 2019 mencapai US$1,5 miliar (sekitar Rp22,07 triliun). Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor produk batik cenderung meningkat setiap tahun. Pada Periode Januari-April 2015, nilai ekspor mencapai US$81,8 juta (sekitar Rp1,2 triliun). Ekspor pada 2014 mencapai US$340 juta (sekitar Rp5 triliun). Jumlah itu meningkat 17% jika dibandingkan dengan ekspor 2013. Batik Indonesia sudah diekspor ke berbagai negara ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura. Selain itu juga ke negara Amerika, Eropa, dan Australia.

Sumber: Media Indonesia (dengan penyuntingan)

Kasongan Bantul Ekspor Gerabah
Miliaran Rupiah per bulan

Kalangan perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu mengekspor berbagai macam kerajinan. Ekspor tersebut mencapai 80 kontainer per bulan atau setara dengan sekitar 6 miliar rupiah.

Berbagai kerajinan gerabah yang diekspor itu meliputi guci yang dibalut dengan kerang dan kaca, patung, hiasan luar ruangan dengan berbagai model, dan motif kembangannya.

Sentra kerajinan Kasongan memiliki ratusan perajin yang tersebar di lima pedusunan, dengan sekitar 200 perajin kualitas ekspor, termasuk lima perajin skala besar.

Pada periode 2008 sampai 2010 ekspor kerajinan memang cenderung turun, terutama ke Amerika dan Eropa, namun mulai 2011 dan setelahnya ekspor mulai meningkat bahkan mulai merambah ke Australia dan sebagian Asia.
Sumber: www.antaranews.com (dengan penyutingan)

Itulah dua komoditas ekspor Indonesia yaitu batik dan gerabah kasongan. Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?

Apakah kamu juga mengetahui komoditas yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia?

Selain batik dan gerabah Kasongan, komoditas ekspor Indonesia yang lain yaitu produk perkebunan, peternakan, perikanan dan pertanian tanaman pangan. Komoditas pertanian dan perkebunan yang diekspor antara lain: kelapa sawit, kopra, kopi, teh, tembakau, cengkih, karet dan rempah-rempah. Kemudian sebagai negara yang kaya akan bahan tambang, dimana kekayaan tambang Indonesia merupakan salah satu yang tersebar, maka beberapa bahan tambang tersebut juga ada yang diekspor, diantaranya ialah batu bara, besi, baja, timah, dan tembaga. Bahan tambang yang diekspor ada yang berupa bahan mentah dan ada yang sudah diolah menjadi bahan setengah jadi.

Selain mengeksport barang, ternyata Indonesia juga mengimpor atau mendatangkan barang dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Dan beberapa komoditas impor Indonesia diantaranya ialah:

1. Barang Modal
Yang merupakan jenis barang yang dibutuhkan untuk kegiatan produksi, pembelian barang-barang modal ditujukan untuk menghasilkan barang lain. Selama ini di Indonesia belum mampu menghasilkan semua barang modal yang dibutuhkan. Hal ini karena perkembangan teknologi di Indonesia yang masih terbatas. Meskipun demikian, ada juga barang-barang modal yang bisa dihasilkan sendiri, bahkan diekspor ke negara lain. Barang-barang modal sifatnya tahan lama. Contoh: mesin pabrik, pesawat, alat-alat berat, kapal dan peralatan dan perlengkapan TNI/Polri.

2. Bahan Baku
Indonesia mengimpor berbagai jenis bahan baku untuk kebutuhan industri. Bahan baku industri bisa berupa bahan baku pokok dan bahan pendamping. Contoh: kapas untuk industri tekstil, obat-obat kimia untuk industri pupuk, komponen kendaraan bermotor, gandum untuk industri mi instan dan makanan olahan, plastik dan besi baja.

3. Barang Konsumsi
Yang merupakan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, barang konsumsi yang diimpor antara lain alat elektronik, kendaraan bermotor, susu, daging, beras, mentega, makanan kalengan, kosmetik, kedelai dan obat-obatan.

4. Minyak Bumi
Merosotnya produksi minyak di dalam negeri telah menurunkan ekspor minyak Indonesia. Di sisi lain kebutuhan minyak di dalam negeri semakin meningkat karena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Indonesia juga mengimpor minyak. Minyak tersebut diolah menjadi produk bahan bakar minyak “BBM” yang digunakan untuk transportasi, pembangkit listrik, kegiatan industri dan minyak tanah.

Ayo Membaca
Perhatikan gambar berikut. Apakah ada usaha yang menjual benda-benda berikut di sekitar tempat tinggalmu?
Amati gambar di atas.
Apakah kamu bisa memprediksi yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet.
Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

Tabel prediksi
NoBendaDitarikTidak ditarik
1. Pensil-
2. Peniti-
3. Penghapus-
4. Paku-
5. Penjepit kertas-
6. Sisir-
7. Gunting-
8. Batu-
9. Kayu-
10. Daun-
11. Karet gelang-
12. Kaca-
Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan percobaan untuk mengetahui benda-benda magnetis dan nonmagnetis di sekitarmu.

Tujuan percobaan:
Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis

Alat dan Bahan
- Magnet
- Pensil
- Peniti
- Karet gelang
- Paku
- Penjepit kertas
- Sisir
- Gunting
- Batu
- kayu
- Daun
- Kertas
- Kaca

Langkah-langkah percobaan

  1. Ambil magnet
  2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian
  3. Amati apa yang terjadi
  4. Catat hasil pengamatan pada tabel

Tahukah kamu bahwa wirausaha yang sudah berkembang pesat biasanya membutuhkan karyawan yang lebih banyak? Wirausaha tersebut dapat menulis iklan atau selebaran tentang lowongan pekerjaan untuk mendapatkan karyawan sesuai kebutuhan.

Ayo Berdiskusi
Di sekolah Edo, akan dilaksanakan simulasi tentang wirausaha, yaitu siswa akan mempraktikkan jual beli di lingkungan sekolah. Untuk kegiatan tersebut, dibutuhkan beberapa panitia. Bagi siswa yang berminat, dapat mengajukan surat permohonan kepada guru kelas dengan melampirkan daftar riwayat hidup. Edo dan Siti berminat untuk menjadi panitia, namun mereka masih bingung bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup.

Daftar Riwayat Hidup adalah data yang berisi informasi tentang diri seseorang? Kamu dapat membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan menerangkan data diri kepada orang lain. Kamu membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan mendaftarkan diri, misalnya mendaftarkan diri ikut lomba kesenian, menjadi anggota sebuah tim, pengurus suatu kegiatan, atau untuk melamar pekerjaan. Setiap orang memiliki riwayat hidup masing-masing. Riwayat hidupmu pasti berbeda dengan riwayat adikmu, kakakmu, bahkan orang tuamu. Kamu dapat menulis daftar riwayat hidup dalam bentuk singkat maupun dalam bentuk narasi atau cerita.

Untuk membuat daftar riwayat hidup, diperlukan data diri, pengalaman, keterampilan, prestasi yang pernah diraih, serta informasi penting lainnya yang perlu diketahui orang lain.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments