Apa yang Dimaksud Dengan Tangga Nada?

Sebelum membahas tentang tangga nada, terlebih dahulu kita mengenal tentang alat musik. Apa itu alat musik? Dari Wikipedia, Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Dan ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.

Terdapat beragam jenis alat musik, ada alat musik tradisional dan ada juga alat musik modern. Alat musik tradisional adalah alat musik yang dikembangkan oleh masyarakat suatu daerah secara turun-temurun dari generasi ke generasi dimana alat musik tradisional ini memiliki ciri khas dari daerah masing-masing.  Sedangkan Alat musik modern adalah alat musik yang sudah mendapatkan sentuhan teknologi pada pembuatannya. Berbeda dengan alat musik tradisional yang pembuatannya dilakukan manual dengan bahan alam, pada alat musik modern bahan dan tehnik pembuatan semakin lama semakin mutakhir. Alat musik modern terus berkembang dan menghasilkan beberapa aliran musik modern seperti Rock, Pop, Jazz. Selain itu musik modern juga mudah di pahami oleh siapa saja.

Jenis-jenis alat musik dapat dikategorikan menurut cara memainkannya, sumber bunyinya, maupun fungsinya. Berikut ini adalah jenis-jenis alat musik yang perlu kita ketahui;

A. Jenis-jenis Alat Musik menurut Cara Memainkan.

1. Alat Musik Tekan
Alat musik tekan yaitu jenis alat musik yang mengeluarkan suara dengan cara ditekan. Bagian yang ditekan adalah tuts yang terdapat pada alat musik tersebut.
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan adalah;
a. Piano
b. Keyboard
c. Pianika
d. Organ

2. Alat Musik Gesek
Alat musik gesek yaitu jenis alat musik yang mengeluarkan suara dengan cara digesek. Busur (alat penggesek) digesekkan pada senar sehingga mengeluarkan suara.
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara digesek adalah;
a. Biola
b. Cello
c. rebab

3. Alat Musik Pukul
Alat musik pukul yaitu jenis alat musik yang mengeluarkan suara dengan cara dipukul. Permukaannya dipukul dengan menggunakan tangan atau pemukul.
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul adalah;
a. Drum
b. Gendang
c. Rebana
d. Bongo

4. Alat Musik Tiup
Alat musik tiup yaitu jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara ditiup.
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup adalah;
a. Seruling
b. Saksofon
c. Clarinet
d. Harmonika
e. Terompet

5. Alat Musik Petik
Alat musik petik yaitu jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara dipetik. Senarnya dipetik dengan menggunakan jari atau pick.
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah;
a. Gitar
b. Sitar
c. Banjo
d. Harpa
e. Ukulele
f. Mandolin

6. Alat Musik Perkusi
Alat musik perkusi yaitu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan atau tongkat. Orang yang memainkan alat musik perkusi disebut perkusionis.
Contoh alat musik perkusi yaitu;
a. Kastanet
b. Tamborin
c. Marakas
d. Silofon
e. Triangle
f. Vibrafon

B. Jenis-Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya
  1. Aerophone, yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udara. Jenis alat musik ini menghasilkan bunyi dengan cara ditiup atau dipompa. Contoh alat musik Aerophone adalah; flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, clarinet, saksophone, akordion dan horn. 
  2. Idiophone, yaitu jenis alat musik yang sumber  bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang dipukul. Jenis alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul atau digoyangkan, dan menghasilkan bunyi akibat getaran pada logam atau kayu tersebut. Contoh alat musik idiophone adalah; calung, angklung, bellira, kulintang dan gamelan.
  3. Elektrophone,  yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari  rangkaian elektronik. Contoh alat musik Elektrophone adalah; keybord, gitar elektrik, organ elektrik, dan bass elektrik.
  4. Membranophone, yaitu jenis  alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran selaput tipis dari plastik atau kulit. Contoh alat musik membranophone adalah; tamborin, bedug, rebana, ketipung, bongon, konga, drum set,  dan tympani.
  5. Chordophone, yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai yang dipetik, digesek atau ditekan. Contoh alat musik chordophone adalah; gitar, harpa, mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas, biola, viola, cello, double bass, rebab dan piano akustik.
C. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya
  1. Alat musik melodis, yaitu jenis alat musik yang berfungsi menghasilkan nada atau melodi lagu. Contoh alat musik melodis adalah; seruling, harmonica, flute, terompet, saksofon, pianika, dan rekorder.
  2. Alat musik ritmis, yaitu jenis alat musik yang berfungsi menghasilkan ritme atau irama saat dimainkan. Contoh alat musik ritmis adalah; ketipung, bass, konga, bongo, drum set, dan kendang.
  3. Alat musik harmonis, yaitu jenis alat musik yang berfungsi menghasilkan paduan nada atau akor saat dimanikan. Contoh alat musik harmonis adalah; gitar, piano, kerybord dan organ.
Gamelan adalah sekumpulan alat musik tradisional. Setiap alat musik yang ada pada gamelan menghasilkan bunyi yang berbeda. Beberapa alat musik seperti gong dan bonang terbuat dari logam. Dalam pembuatannya gong dan bonang harus dibentuk dengan cara dipanaskan. Gamelan, digunakan untuk mengiringi beberapa lagu daerah yang dimainkan dalam tangga nada sederhana. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan tangga nada?

Sekarang kita masuk ke pembahasan tentang tangga nada. Apa itu tangga nada? Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan. Misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Ada banyak jenis tangga nada, di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Nada kedelapan merupakan pengulangan nada pertama.

Tangga nada pentatonis, merupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada pentatonis yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa. Selain gamelan Jawa, ada juga gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak.

Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si. Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah. Sedangkan tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la. Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah. Salah satu contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments