Si Kotak Ajaib, Tema 3, Subtema 2, Pembelajaran 1, Revisi 2018

Perkembangan kehidupan masyarakat tentunya banyak dipengaruhi oleh beragam penemuan. Seperti penemuan televisi yang kemudian mampu mengubah peradaban dunia. John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf !

Paragraf 1: Topik Masalah
John Logie Baird adalah penemu Televisi.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Paragraf 3: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Televisi adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang pengaruh televisi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya.

Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut?
Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut:
Pengaruh Televisi terhadap kehidupan
masyarakat di lingkunganku
Dampak Positif televisi:
1. Membantu memahami dunia sekitar
Banyak acara televisi yang dapat membantu kita dalam memenuhi rasa ingin tahu kita terhadap dunia sekitar.Acara yang terkait dengan lingkungan sekitar flora dan fauna sangat membantu mengetahui perilaku hewan dan tumbuhan. Kita akan banyak mengetahui jenis hewan atau tumbuhan yang bisa jadi tidak pernah ditemui di lingkungan sekitar tempat tinggal.

2. Membantu proses belajar
Dengan acara yang bertema edukasi maka akan membantu proses belajar bagi pelajar.

3. Memperluas wawasan
Televisi juga dapat disebut sebagai “ Jendela Dunia” . Melalui televisi kita dapat mempelajari berbagai budaya dari berbagai belahan dunia. Televisi membuat dunia seolah sangat sempit. Cukup dengan menekan tombol remot TV maka informasi dari belahan dunia manapun akan kita dapatkan.

4. Memperkaya pengalaman hidup
Melihatkan acara TV yang mendidik sangat baik untuk melatih kita memiliki rasa empati dan simpati terhadap orang-orang yang kurang beruntung.Tayangan televisi memungkingkan anak untuk mengalami berbagai hal tanpa harus merasakannya sendiri. Mereka bahkan dapat merasakan penderitaan orang lain di layar televisi.

5. Menunjang pelajaran sekolah dan pengetahuan umum
Acara yang menayangkan materi pelajaran di sekolah, terlebih menjelang Ujian akan sangat membantu siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, karena materi yang disampaikan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan UN.

Dampak Negatif
  1. Menghambat anak dalam mengekspresikan pikiran melalui tulisan.
  2. Melukai dan merusak peradaban kita
  3. Menyita banyak waktu berharga kita
  4. Mempengarui cara berinteraksi dengan keluarga.
  5. Berperilaku konsumtif karena rayuan iklan-iklan
  6. Mengurangi kreatifitas, dan  bersosialisasi
  7. Melumpuhkan kemampuan berfikir kritis, dan terutama sekali kecerdasan spesial pada otak sebelah kanan.
  8. Munculnya benih kekerasan akibat dari tayang televisi
Seperti halnya televisi yang menggunakan sumber energi listrik. Lampu-lampu di rumah kalian juga menggunakan energi listrik. Sekarang kamu akan kembali menemukan cara membuat rangkaian paralel lampu sederhana menggunakan energi baterai.

Rangkaian Paralel
Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.
Rangkaian listrik adalah sebuah jalur atau rangkaian sehingga elektron dapat mengalir dari sumber voltase atau arus listrik. Proses perpindahan elektron inilah yang kita kenal sebagai listrik.

Kelebihan Rangkaian Seri

  • Lebih hemat biaya karena tidak diperlukan banyak kabel tambahan
  • Analisa kerusakan lebih cepat
  • Lebih efisien dalam menghantarkan arus listrik ( bukan tegangan ) karena pada rangkaian seri semua beban mendapat besar arus yang sama
  • Arus yang mengalir pada masing masing beban / komponen adalah sama

Kelebihan Rangkaian Paralel :

  • Karena masing masing komponen tehubung ke sumber listrik maka jika ada salah satu komponen mati, komponen lain tidak akan terpengaruh
  • Semua komponen satu sama lain tersusun paralel dengan sumber listrik maka semuanya akan mendapat tegangan yang sama, ini persis di penerapan hubungan paralel di instalasi listrik rumah.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments