Penemuan Jam Mekanik, Tema 3, Subtema 2, Pembelajaran 2, Revisi 2018

Tahukah kamu siapakah penemu jam? Apa manfaat dari temuannya untuk kehidupan sehari-hari? Sebelum jam dapat dimiliki banyak orang, masyarakat kuno mendengarkan bunyi lonceng untuk dijadikan penunjuk waktu. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memang memberikan banyak kemudahan. Contoh yang paling mudah yakni ditemukannya alat penunjuk waktu alias jam.

Jam digunakan untuk mengukur waktu dalam kehidupan sehari-hari dan paling sering digunakan. Pada jam biasanya menggunakan satuan terkecil yaitu detik dan terbesar yaitu jam dengan 1 detik adalah skala terkecil pada jam, jadi ketelitian jam adalah 0,5 sekon ( detik ). Dengan adanya satuan tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui waktu yang telah berlalu atau menghitung waktu yang dibutuhkan dari rumah ke sekolah. Manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang. Selain jam mekanik, ada pula jam elektronik, contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari.
Pada tahun 1430, Masyarakat Eropa mengenal jam yang menggunakan pegas. Teknologi semakin berkembang pada tahun 1656, Terjadi perkembangan yang pesat dengan ditemukannya jam lonceng. Pada jam ini sudah terdapat jarum penunjuk menit. Sampai akhirnya pada tahun 1920 Ditemukan jam saku dan kemudian ditemukan jam tangan.

Ayo Berdiskusi
1. Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu?
Jawab:
Karena manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi.

2. Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Jam digunakan untuk mengukur waktu.

Jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Dengan adanya jam, kita dapat menentukan waktu untuk melakukan aktivitas. Dengan mengatur waktu yang baik, kita menjadi pribadi yang disiplin waktu. Siti juga berusaha untuk menjadi pribadi yang disiplin waktu. Ayo, kita simak cerita Siti.

Jam, Membantu Siti Tepat Waktu
Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari. Siti bangun pagi pukul 05.00. Setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi. Siti berangkat sekolah pukul 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit. Bel masuk sekolah pukul 06.45. Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke sekolah.

Siti pulang sekolah pukul 14.00. Ia langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Siti istirahat. Pukul 16.00, Siti mandi. Setelah ibadah dan makan malam, Siti pun belajar. Ia belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu. Siti melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.

Berdasarkan cerita Siti di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?
Jawab:
Hal baik yang dilakukan Siti adalah dia selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari dan dia selalu belajar menjadi pribadi yang disiplin dan tepat waktu.

2. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?
Jawab:
Ya, dia mengatur waktunya dengan teratur.

3. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?
Jawab:
Karena ia ingin menjadi pribadi yang disiplin.

4. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur?
Jawab:
Dengan mengatur waktunya secara teratur, Siti tidak pernah terlambat masuk sekolah, selain itu dia menjadi anak yang disiplin.

5. Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?
Jawab:
Iya, dengan mengatur waktunya secara teratur, Siti menjadi pelajar yang baik.

6. Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?
Jawab:
Ya, Siti telah melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar diantaranya ia selalu belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu.

Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan atau di lakakukan oleh semua individu agar bisa mendapatkan haknya secara layak, kearena dengan melakukan kewajiban ini hak yang diperoleh itu menjadi hasil karena kita sudah melakukan kewajiban.

Ayo Mencoba!
Ambillah jam dinding dan benda-benda lainnya yang berbentuk lingkaran. Kali ini kita akan melakukan eksplorasi untuk menemukan hubungan diameter dan keliling lingkaran.
Lakukan percobaan berikut dengan waktu 20 menit ya!
1. Siapkah minimal 5 benda berbentuk lingkaran dengan ukuran berbeda, benang, dan penggaris.
2. Lilitkan benang pada benda berbentuk lingkaran.
3. Ukurlah panjang benang dengan penggaris. Kamu akan menemukan keliling lingkaran.
4. Ukurlah diameter benda tersebut. Pastikan cara mengukurmu benar.
• Jika pusat lingkaran terlihat, kamu dapat langsung mengukur panjang diameter lingkarannya.
• Jika titik pusat lingkaran tidak terlihat, kamu dapat mencetak benda tersebut pada kertas dan mengguntingnya. Lipat guntingan menjadi 4 bagian sama besar. Kamu akan menemukan titik pusatnya. Ukurlah diameternya!

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments