Teks Eksplanasi Ilmiah, Tema 3, Subtema 1, Pembelajaran 3, Revisi 2018

Kita telah mengetahui beberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Salah satunya adalah Michael Faraday. Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Selain Michael Faraday, ada juga tokoh penemu tingkat dunia yang lain, salah satunya adalah James Naismith. James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Perkembangan permainan bola basket semakin pesat, olah raga ini mulai menyebar ke universitas-universitas. Kemudian tim bola basket mulai dibentuk dan turnamen mulai diselenggarakan di seluruh negeri. Pada 1920-an, dalam sejarah perkembangan bola basket, permainan ini telah mendapatkan banyak popularitas. Selama awal abad ke-20, permainan menyebar ke sekolah-sekolah dan beberapa tim basket SMA mulai dibentuk.

Sampai akhirnya pada tahun 1932 dibentuklah Federasi Bola Basket Internasional oleh 8 negara dari Italia, Latvia, Portugal, Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Rumania dan Swiss. Hal ini menunjukkan bahwa permainan telah menyebar jauh dan luas ke seluruh dunia dan telah mendapatkan popularitas yang luar biasa juga di sana. Permainan bola basket diperkenalkan ke Olimpiade pada tahun 1936. Ternyata sejarah bola basket yang berawal dari permainan sederhana mulai menjadi cabang olah raga resmi tingkat dunia.

Amerika telah memenangkan semuanya kecuali 3 dari turnamen internasional basket sejauh ini. Pada tahun 1946, Basketball Association of America dibentuk untuk membantu mengatur tim profesional. Pada tahun 1949, BAA diubah menjadi National Basketball Association atau NBA. Banyak pemain top seperti Bill Russel, Wilt Chamberlain, Bob Cousy membantu membuat permainan menjadi sangat populer. Kemudian ada pemain ternama seperti Kareem Abdul Jabbar, Larry Bird, dan Magic Johnson yang menjadi bintang lapangan karena basket.

Ayo Mencoba
Sekarang, kamu akan melakukan beberapa jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Baca informasi berikut dengan teliti!
Amati gambar dan penjelasan berikut!
LATIHAN KEBUGARAN JASMANI

No.Jenis latihanKeterangan
1. Latihan Keluatan Otot Lengan (Pull Up)
Pull Up dan Push Up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu.
2. Latihan Kekuatan Otot Perut (Sit Up)
Sit Up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot perut.
3. Loncat Tegak dan Lompat ke Depan/Belakang
Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai.
4. Lari Cepat (Sprint)
Sprint bertujuan untuk meningkatkan kecepatan.
5. Lari Jarak Sedang
Lari jarak sedang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan paru-paru, jantung, dan pembuluh darah.
Push Up dan Sit Up adalah gerakan yang cukup berat. Oleh karena itu, terdapat sedikit perbedaan gerakan Push Up dan Sit Up bagi siswa laki-laki dan siswa perempuan.

Amati gambar berikut!
Variasi gerakan Sit Up dan Push Up untuk putri.
Gerakan Push Up dan Sit Up untuk putra.
Loncat Tegak (Vertical Jump)
Berdoalah dahulu sebelum memulai kegiatan. Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti untuk menghindari cedera.
Selamat mencoba!

Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat.

Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Contoh teks eksplanasi ilmiah:
Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.

Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat. Selain itu,  gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan baBerdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan  satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.

Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments