Mengapa Kita Harus Mencintai Produk Indonesia? Apa Dampaknya Bagi Perekonomian Indonesia?

Kata Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization, yaitu gabungan dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Dengan kata lain, Definisi Globalisasi secara umum adalah suatu proses yang menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah, artinya setiap individu dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun cetak. Pengertian globalisasi menurut bahasa yaitu suatu proses yang mendunia. Globalisasi dapat menjadikan suatu negara lebih kecil karena kemudahan komunikasi antarnegara dalam berbagai bidang seperti pertukaran informasi dan perdagangan.Era globalisasi membuat banyak sekali produk asing yang beredar di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus mencintai produk dalam negeri. Mengapa kita harus mencintai produk Indonesia? Apa dampaknya bagi perekonomian Indonesia?

Aku Cinta Produksi Indonesia_Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antarnegara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri.

Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.

Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentu hanya kita, sang anak negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.

Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif.
Kalimat Tidak EfektifKalimat Efektif
banyak barang-barang banyak barang
Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri. Banyak baju, sepatu, atau tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
tinggal di kota-kota besar.  tinggal di kota besar.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan kelompokmu, diskusikan pertanyaan berikut.
1. Mengapa kita harus cinta produk Indonesia?
Jawab:
Kita harus cinta produk Indonesia agar pengusaha lokal bisa maju sejajar dengan pengusaha asing. Juga agar produk dalam negeri mampu bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri.

2. Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?
Jawab:
Contoh tindakan dari cinta produk Indonesia adalah dengan memilih dan membeli barang paroduksi dalam negeri daripada barang produksi asing/luar negeri.

3. Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?
jawab:
Jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri maka kelangsungan produksi barang dalam negeri akan terancam.

4. Apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia?
Jawab:
Yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia adalah kemandiriang bangsa di bidang ekonomi akan terbangun, serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional.

5. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari?
Jawab:
Dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari yaitu pengrajin dalam negeri akan semakin berkembang dan mampu bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri. Ini berarti juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

6. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia?
Jawab:
Dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia adalah perekonomian akan semakin maju dan berkembang sehingga akan mendatangkan kemakmuran.

Ayo Mencoba!
Perhatikan gambar berikut!
Keterangan: Bangun 3 adalah gabungan bangun 1 dan bangun 2.

1. Hitunglah luas permukaan bangun 1.
Jawab:
Luas permukaan kubus 1 = 6 x s x s
Diketahui s = 6
Maka luas permukaan kubus = 6 x 6 x 6 = 216 Cm2

2. Hitunglah luas permukaan bangun 2.
Luas permukaan kubus 2 = 6 x s x s
Diketahui s = 6
Maka luas permukaan kubus = 6 x 6 x 6 = 216 Cm2

3. Hitunglah luas permukaan bangun 3.
Jawab:
Luas Permukaan balok = 2 (p x l + p x t +  l x t)
Diketahui:
p = 12 cm
l = 6 cm
t = 6 cm
= 2 x (12x6) + (12x6) + (6x6)
= 2 x (72+72+36)
= 2 x 180
= 360 cm2

4. Apa hubungan antara luas permukaan bangun 1, bangun 2, dan bangun 3.
Jawab:
luas permukaan bangun 1 dan bangun 2, tidak sama dengan luas permukaan bangun 3

5. Apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas permukaan bangun gabungan?
Jawab:
Luas permukaan bangun gabungan tidak sama dengan luas permukaan bangun penyusunnya.

Luas permukaan adalah sisi terluar yang menutupi bangun ruang.

Hitunglah luas permukaan bangun berikut.
Jawab:
Bangun diatas adalah bangun gabungan dua buah kubus dengan panjang rusuk 10 cm. Sehingga diperoleh bangun balok dengan p = 20 cm, l = 10 cm, dan t = 10 cm
Maka luas permukaan bangun diatas adalah;
2 (p x l + p x t +  l x t)
= 2 x (20x10 + 20x10 + 10x10)
= 2 x (200 + 200 + 100)
= 2 x 500
= 1000 cm2

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments