Mengapa Harus Hemat Listrik? Tema 4, Subtema 2, Pembelajaran 6

Mempelajari Pencak Silat adalah salah satu bukti jika kita mencintai kebudayaan bangsa sendiri. Di era globalisasi beragam produk dari negara lain membanjiri Indonesia. Bagaimana sikap kita terkait hal tersebut? Edo adalah putra seorang pengusaha ternama di daerahnya. Kedua orang tua Edo memiliki usaha industri makanan ringan. Mereka dikenal sebagai keluarga kaya yang sangat mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan.

Pada suatu hari, Edo bersama seorang temannya berada di sebuah pusat perbelanjaan.
Beni: Edo, kenapa kau pilih sepatu itu? Sepatu yang ini sepertinya lebih baik. Ini bikinan Singapura lho!
Edo: Aku pilih ini saja. Sepatu ini bikinan Cibaduyut, kualitasnya tidak kalah dengan sepatu bikinan luar negeri. Sepatu Cibaduyut juga sudah diekspor ke luar negeri.
Beni: Oya? Memangnya kau tidak malu memakai produk dalam negeri?
Edo: Lho, kenapa harus malu? Justru jika kita membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.
Beni: Ooh begitu ya…
Edo: Iya, Beni, karena itu aku selalu memilih untuk membeli produk Indonesia.
Beni: Ya deh, aku juga ingin membantu rakyat Indonesia supaya menjadi lebih sejahtera, aku akan selalu membeli produk-produk Indonesia.

Diskusikan bersama teman pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana karakter Edo dan Beni?
Jawab:
Karakter Edo dan Beni adalah cinta tanah air yaitu dengan mencitai dan membeli produk dalam negeri.

2. Apa alasan Beni memilih sepatu produk luar negeri?
Jawab:
Beni beralasan bahwa sepatu produk luar negeri sepertinya memiliki kualitas yang lebih baik.

3. Apakah sikap Beni tersebut benar? Berikan alasannya!
Jawab:
Sikap Beni dengan memilih sepatu bikinan Singapura tidak benar, karena sebagai orang Indonesia kita harus mencintai produk Indonesia yang sebenarnya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri.

4. Mengapa Edo memilih produk Indonesia?
Jawab:
Edo memilih produk Indonesia karena kualitasnya tidak kalah dengan produk bikinan luar negeri.

5. Apakah sikap Edo tersebut benar? Jelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia disertai contoh!
Jawab:
Sikap Edo memilih produk Indonesia sudah benar, karena dengan membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.

6. Apa saranmu terhadap Beni? Jelaskan manfaat dari “Cinta Produk-Produk Indonesia” bagi bangsa Indonesia!
Jawab:
Sebaiknya Beni lebih memilih produk dalam negeri, karena dengan memilih atau “Cinta Produk-Produk Indonesia” Beni sudah ikut membantu perekonomian negara. Dengan demikian kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

Mencintai tanah air adalah merupakan kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah bangga menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Apakah kamu sudah menggunakan produk dalam negeri? Dan di era globalisasi sekarang ini, dengan mempraktikkan sikap hidup hemat listrik juga merupakan wujud
dari cinta tanah air. Mengapa kita harus hemat listrik?
Mengapa Harus Hemat Listrik?
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global. Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan. Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.

Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang bisa kita lakukan adalah:
  1. Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
  2. Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.
Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.

Perhatikan kata-kata bercetak tebal dan miring pada teks tersebut.
Tuliskan kosakata nonbaku tersebut dalam tabel berikut dan carilah padanan kata bakunya.
Buatlah kalimat menggunakan kosakata baku tersebut, dengan memerhatikan pemakaian kalimat efektif.
Kata Non BakuKata BakuKalimat Efektif
Gak bisa bayangin gimana jadinya Tidak bisa membayangkan bagaimana jadinyaTanpa listrik kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya.
Gara-gara KarenaMeningkatnya suhu Bumi antara lain disebabkan karena gas buangan dari produk elektronik.
Bikin BuatPemanasan global membuat cuaca tidak teratur.
Tenggelamkan MeneggelamkanMencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan menenggelamkan sebagian besar daratan.
Kalo KalauKalau pemanasan global terus terjadi, manusia akan terancam habitatnya.
Bakal AkanAku berjanji akan selalu menjaga lingkungan
Buat UntukUntuk menghindari pemanasan global, kita harus menjaga lingkungan
Gampangnya MudahnyaContoh mudahnya yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi adalah menggunakan lampu hemat energi
Kayak SepertiPilih peralatan hemat energi, seperti mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
Kalo udah Jika sudahJika sudah digunakan, matikan peralatan litrik untuk menghemat energi.
Matiin DimatikanUntuk menghemat energi, pastikan lampu penerangan dimatikan saat siang hari.
Gak dipakai Tidak dipakaiSalah satu cara menghemat listrik adalah mematikan peralatan listrik yang tidak dipakai.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments