Listrik Membuat Hidup Lebih Nyaman, Tema 3, Subtema 1, Pembelajaran 2, Revisi 2018

Kamu telah belajar tentang Michael Faraday yang menemukan generator penghasil arus listrik. Banyak manfaat listrik yang mempermudah kehidupan manusia. Sikap apa yang dapat kita contoh darinya? Bagaimana kita mengaplikasikan sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu. Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Tidak bisa kita ingkari bahwa dalam kehidupan sehari-hari manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar, bekerja dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan kita. Dahulu sebelum energi listrik ada, penerangan hanya mengandalkan api. Tetapi setelah adanya listrik, saat malam hari, listrik dapat dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Selain itu, listrik juga bisa dijadikan sebagai penghasil panas. Listrik bisa dijadikan sebagai sumber panas, karena arus litrik bisa mengalir dengan manfaat nikel atau elemen-elemen pemanas yang bisa menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan inilah yang digunakan dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik yang menghasilkan panas bisa digunakan untuk kompor listrik, penanak nasi dan juga digunakan untuk menyetrika. Semua peralatan tersebut mengubah energi listrik menjadi panas.

Ayo Mengamati
Sekarang amatilah gambar kamar Edo di berikut ini.
Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?
Jawaban; Kipas angin, radio, dan lampu.

Apa manfaat listrik untuk Edo?
Jawaban;
Manfaat listrik untuk Edo diantaranya sebagai penerangan, mendinginkan udara ruangan, serta untuk menyalakan peralatan elektronik.

Sekarang, amatilah sekitarmu! Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!
Jawaban;
  1. Sebagai sumber penerangan
  2. Penghasil panas
  3. Sebagai sumber energi
  4. Penghasil gerak
  5. Memudahkan transaksi jual beli
Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Karena hal itu, kita berhak mendapatkan manfaat dari listrik. Dengan adanya listrik, kita dapat melakukan berbagai kegiatan seperti menonton televisi, menyalakan radio, dan menyalakan lampu. Itu adalah hal-hal yang kita berhak lakukan. Lalu apa itu hak? Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut menunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!
Apakah pada gambar 1 (satu) sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan?
Jawab;
Ya, pada gambar 1 (satu) menunjukkan seorang anak yang telah mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan.

Apakah pada gambar 2 (dua) menunjukkan sudah mendapatkan haknya untuk menyampaikan pendapat?
Jawab:
Ya, pada gambar 2 (dua) menjukkan seorang anak yang sudah mendapatkan hak untuk menyampaikan pendapatnya. Terlihat dia seperti sedang berbicara dan didengarkan oleh kedua orang tuanya.

Apakah pada gambar 3 (tiga) sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh hidup yang aman?
Jawab:
Belum, pada gambar 3 (tiga) menunjukkan seorang anak yang belum mendapatkan haknya memperoleh hidup yang aman karena terlihat dia sedang diejek atau diganggu oleh teman-temannya.

Apakah pada gambar 4 (empat) sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh kasih sayang?
Jawab:
Belum, pada gambar 4 (empat) menjukkan seorang anak yang belum mendapatkan haknya memperoleh kasih sayang, karena saat dia sedang belajar terlihat kedua orang tuanya tidak mempedulikannya.

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!
Hak di RumahHak di SekolahHak di Tengah Masyarakat
Hak mendapatkan kasih sayang Mendapatkan pengajaran/pendidikanDihormati sebagai manusia seutuhnya
Mendapat perlakuan yang adil Mendapatkan perlakuan yang baik dari teman atau guru di sekolahMenyampaikan pendapat
Mendapatkan nafkah yang cukup Mendapatkan hak untuk bermainMemperoleh perlindungan dan pengamanan
Mendapatkan kebebasan untuk belajar dan bermain Hak untuk menggunakan fasilitas yang ada di sekolahHak untuk hidup
Mendapat jaminan kesehatan, pendidikan dan kerohanian dari keluarga/orang tua Memperoleh suasana yang nyamanHak untuk mendapatkan air dan udara yang bersih
Mendapatkan rasa aman Hak untuk berteman dengan siapa saja.
Sampaikan jawabanmu kepada seorang teman! Apakah hasil kalian sama?
Apa yang dimaksud dengan hak?
Hak adalah sesuatu yang dimiliki oleh manusia sejak lahir dan sesuatu yang dimiliki atau diterima oleh manusia karena sebab- sebab tertentu.

Apa saja yang memengaruhi hak kita?
Ketika di RumahKetika di SekolahKetika di Tengah Masyarakat
Keadaan ekonomi keluarga Kualitas guru/pendidik di sekolahKeadaan lingkungan sekitar
Tingkat pendidikan orang-orang di lingkungan keluarga Sarana dan prasarana di sekolahKondisi ekonomi masyarakat sekitas

Lingkungan belajar yang kondusifTingkat pendidikan masyarakat sekitar


Kondisi keamanan di lingkungan masyarakat
Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, menyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat kita.

Dari penemuan Michael Faraday, kita dapat memperoleh hak kita untuk memanfaatkan benda yang menggunakan listrik. Hal itu sangat mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Dari Michael Faraday kita juga belajar untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah. Sikap itu harus selalu kita contoh dalam keseharian kita. Mencontoh dari sikap Michael Faraday, teruslah bekerja keras dalam belajar dan menemukan pengetahuan baru.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments