Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin, Tema 1, Pembelajaran 6 (Revisi)

Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan hewan di muka bumi ini. Ada beragam jenis tumbuhan yang dapat memberikan sumber energi dan dapat menjaga kesehatan manusia. Dengan adanya sumber energi dari tumbuhan, kita dapat melakukan aktivitas setiap hari. Nah, dalam pembelajaran kali ini kita juga akan bermain dengan menggunakan teknik berlari yaitu memainkan permainan "Cepat Masuk". Diskusikan terlebih dahulu teknik berlari dengan teman sekelasmu.

Apa itu berlari? Lari atau berlari merupakan aktivitas menggerakan kaki dengan cepat. Sejak dahulu lari bisa diartikan sebagai insting alamiah dari manusia untuk mempertahankan diri, apalagi saat dalam situasi yang berbahaya. Baik jalan maupun lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki secara bergantian. Jadi pengertian lari juga sama dengan jalan yaitu gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian. Namun antara jalan dan lari ada perbedaan yang signifikan terutama kontak kaki dengan tanah dimana saat berlari badan mengalami saat melayang di udara.

Kembali ke materi. Seperti djelaskan diatas, pada pembelajaran kali ini kita akan bermain permainan "Cepat masuk". Perhatikan cara bermainnya.
  1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari enam orang.
  2. Setiap kelompok memiliki satu bola kecil.
  3. Setiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok kecil dan berdiri saling berhadapan dengan jarak sekitar 15-20 m atau sesuai dengan kebutuhan.
  4. Setiap pemain di sebelah kiri depan memulai permainan setelah mendengar peluit.
  5. Pemain paling depan cepat berlari menuju rumah rekannya di seberang depan.
  6. Saat memasuki batas rumah, pemain harus bersalaman dan lari untuk berdiri di barisan belakang.
  7. Teman yang disalami berlari ke arah rumah di seberang depan dan menyalami teman yang berdiri di paling depan barisan. Kemudian dengan cepat ia berlari menuju ke belakang barisan.
  8. Teman yang disalami berlari cepat menuju rumah di seberangnya dan melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota kelompok selesai menempati rumah di seberang.
  9. Kelompok yang seluruh anggotanya berpindah tempat ke rumah teman lebih dahulu adalah pemenangnya.
Permainan ini cukup menguras energi. Oleh karena itu, perlu energi agar bisa memainkannya. Akan sangat penting sebelum bermain kita sarapan terlebih dahulu. Sudahkah kamu membekali tubuh dengan menu sarapan yang sehat tadi pagi? Sarapan sangat penting untuk bekal selama seharian beraktivitas. Kita dapat memanfaatkan gizi dari tumbuhan melalui makanan yang disantap sehari-hari. Teks berikut memberikan informasi bahwa tumbuhan sangat penting untuk tubuh kita.

Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.

Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain.

Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.

Bacalah teks dalam hati. Temukan ide pokok masing-masing paragraf dan buatlah kesimpulannya. Kamu bisa membuka halaman sebelumnya untuk membaca kembali apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik.
Isilah tabel berikut berdasarkan bacaan di atas.

ParagrafIde PokokKesimpulan
1. Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.Manusia dan hewan memerlukan makanan yang banyak mengandung sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.
2. Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya.Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh yaitu diantaranya kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain.
3. Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin untuk  menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.  Tumbuhan yang mengandung vitamin yaitu meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.
Gabungkan kesimpulan 1, 2, dan 3 dalam tulisanmu. Gunakan kata baku dan kata penghubung.
Manusia dan hewan memerlukan makanan yang banyak mengandung sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian. Selain mengandung karbohidrat, Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh yaitu diantaranya kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain. Dan tidak kalah penting juga bahwa manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin untuk  menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.  Tumbuhan yang mengandung vitamin yaitu meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi. 

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments