RPP K-13, Kelas 4, Tema 2, Subtema 3, Pembelajaran 6

Kemampuan guru dalam menyusun pembelajaran yang tertuang dalam RPP menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah pembelajaran. RPP dikembangkan secara rinci yang mengacu pada silabus, buku guru, buku siswa, buku teks pelajaran serta referensi atau bahan lain yang mendukung. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri ataupun berkelompok (KKG) di sekolah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah.

Dalam menyusun RPP, diperlukan kemampuan guru dalam memfasilitasi pengalaman belajar yang berkesan yang mampu menguatkan karakter siswa. Penguatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran diharapkan tidak sebatas tertulis secara administratif, namun nantinya dapat diterapkan secara alamiah dalam pembelajaran. Nilai-nilai yang dapat dikuatkan adalah 5 (lima) nilai utama karakter yang terdiri dari Nilai Religiusitas, diantaranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas, dsb. Nilai Nasionalisme, diantaranya cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum dsb. Nilai Kemandirian, diantaranya; disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajar sepanjang hayat, dsb. Nilai Gotong-royong, diantaranya; suka menolong, bekerja sama, peduli sesama, toleransi peduli lingkungan, kebersihan dan kerapihan, kekeluargaan, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, dsb. Nilai Integritas, diantaranya; jujur, rendah hati, santun, tanggungjawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dsb.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi RPP K-13, Kelas 4, Tema 2, Subtema 3, Pembelajaran 6. Dimana RPP ini termasuk RPP bermuatan PPKn. dan ada 4 KI, yaitu;
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.  3.1.1 Menemukan kriteria rancangan poster yang telah dibuat
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.  4.1.1 Menyajikan rancangan poster yang telah dibuat sesuai dengan kriteria yang ada.
PPKn
Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi
1.2 Menghargai  kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama .  1.2.1 Menunjukkan sikaptoleransi dalam beribadah sebagai wujudMenghargai  kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama 
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.  2.2.1 Menunjukkan sikapdisiplin dalam dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

4.2.1 Mengomunikasikan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah melakukan percobaan dan berdiskusi, siswa mampu menemukan kriteria rancangan poster yang telah dibuat. 
  2. Setelah melakukan percobaan  dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan rancangan poster yang telah dibuat sesuai dengan kriteria yang ada.
  3. Setelah membaca teks, siswa mampu menunjukkan sikaptoleransi dalam beribadah sebagai wujudMenghargai  kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama
  4. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menunjukkan sikapdisiplin dalam dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air
  5. Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 
  6. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Selama belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami konsep yang disajikan dalam bacaan. (Catatan : Tujuan nomor 7 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa).
  8. Setelah membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap materi pembelajaran secara verbal dan tulisan. (Catatan : Tujuan nomor 8 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa).
Untuk RPP selengkapnya, bisa di download di link dibawah;

RPP ini adalah model RPP yang dikembangkan dalam kurikulum 2013, dimana RPP yang dikembangkan disini mengintegrasikan penguatan karakter siswa, literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS. Semoga bermanfaat... 

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments