Menyusun Kesimpulan dari Sebuah Teks, Tema 1, Subtema 2, Pembelajaran 6

Sekarang kita sudah sampai di Pembelajaran 6, Subtema 2. Fokus pembelajaran kali ini adalah mupel PJOK, Bahasa Indonesia, dan PPKn. Tujuan pembelajaran kali ini yaitu menjelaskan cara
memukul bola dengan tepat, menemukan ide pokok dengan benar dari teks yang didengarkan atau dibacakan, menyusun kesimpulan dari teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan, menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat serta menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan detail. Baiklah kita mulai saja belajarnya...

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang hewan, bagaimana hewan berkembang biak dan jenis hewan yang hidup di negara-negara ASEAN. Menarik bukan? Kita juga telah belajar cara melempar, dan menangkap bola. Untuk menambah keterampilanmu dalam berolahraga, di pembelajaran kali ini juga akan dibahas tentang permainan memukul bola. Berikut penjelasannya;
Cara Memukul Bola
  1. Badan sedikit membungkuk, kedua kaki sejajar sedikit ditekuk dan terbuka.
  2. Pandangan ke arah datangnya bola.
  3. Kedua tangan memegang pemukul dengan tangan kanan di atas. Apabila kidal, pemukul dipegang tangan kiri.
  4. Kayu pemukul berada diatas bahu. Bahu kiri sedikit lebih rendah daripada bahu kanan.
Teruslah berlatih agar kamu terampil memukul bola. Latihan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Ayo Membaca

Tahukah kamu hewan kelelawar?
Hewan ini memiliki fakta yang menarik. Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia. Berikut ini fakta tentang kelelawar.
  1. Kelelawar merupakan hewan mamalia.
  2. Tubuh kelelawar sangat bersih.
  3. Pada umumnya kelelawar mempunyai satu anak dalam satu tahun.
  4. Kelelawar hidup 20 sampai 30 tahun.
  5. Kelelawar berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman.
  6. Kotoran kelelawar yang menempel pada gua justru akan melestarikan ekosistem, karena pada kotoran tersebut beberapa bakteri dan organisme lain menggantungkan hidup.
  7. Kelelawar tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.
Kegiatan hari ini membutuhkan panca indra pendengaran. Kamu harus konsentrasi agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Gurumu akan membacakan teks laporan dan kamu harus menyimpulkannya. Kesimpulanmu harus ditulis dengan menggunakan kosakata baku. Simaklah gurumu dengan saksama. Dan berikut adalah teks yang akan dibacakan gurumu;
Hiu Gergaji

Hiu gergaji hidup di Danau Sentani. Hiu gergaji dikenal dengan nama pari atau hiu sentani karena memang hidup di Danau Sentani, Papua.

Hiu gergaji menggunakan giginya yang berjumlah 14 hingga 22 gigi gergaji. Ia menggunakan giginya ini untuk mencari makan dan pertahanan diri. Tubuhnya berwarna keabu-abuan dan ramping. Ia dapat berenang dengan cepat.
Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu dan serahkan kepada gurumu.

Alternatif kesimpulan dari bacaan Hiu Gergaji;
Hiu gergaji hidup di Danau Sentani, Papua.. Hiu gergaji dikenal dengan nama pari atau hiu sentani.
Hiu gergaji menggunakan giginya yang berjumlah 14 hingga 22 untuk mencari makan dan pertahanan diri. 
Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.

Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman kelompokmu.
Apa pendapatmu tentang sikap Beni?
Alternatif jawaban;
Sikap Beni kurang baik karena dia berlebihan saat mengambil makanan. Itu sama saja dengan pemborosan

Apa pendapatmu tentang sikap Siti?
Alternatif jawaban;
Sikap siti sudah baik karena dia tidak berlebihan dalam mengambil makanan.

Apa pendapatmu tentang sikap Edo?
Alternatif jawaban:
Sikap Edo sudah baik karena sudah mengingatkan temannya (Beni) agar tidak mengambil makanan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
Apakah yang dilakukan oleh Beni sesuai dengan sila kelima Pancasila? Beni melakukan pemborosan dan hal tersebut tidak baik bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup orang banyak. Pemborosan yang dilakukan Beni dapat berakibat langkanya sumber hewani sebagai sumber makanan. Bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, suka memberi pertolongan, tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan orang lain, suka bekerja keras, dan menghargai hasil karya orang lain adalah merupakan contoh penerapan sila kelima.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila.

Sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila diantaranya;

  1. Menolong orang lain sesuai kemampuan
  2. Menghargai hasil karya orang lain
  3. Menghormati hak dan kewajiban orang lain

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Dari ketiga contoh diatas, yang dapat diterapkan yaitu menolong orang lain dan menghormati hak dan kewajiban orang lain. Bagaimana menerapkannya? Menolong orang lain sesuai kemampuan yaitu dengan menolong teman yang terkena musibah dan menghargai pendapat orang lain.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments