Membuat Kesimpulan Sebuah Bacaan, Subtema 3, Pembelajaran 4

Perhatikan lingkungan di sekitarmu! Ada banyak hewan, bukan? Tahukah kamu bahwa menyayangi hewan adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa? Binatang termasuk salah satu makhluk Allah SWT. Perbedaan antara manusia dan binatang/hewan yang paling mendasar adalah manusia mempunyai akal pikiran sedangkan binatang tidak. Dan pada kenyataannya manusia sangat membutuhkan keberadaan binatang, terutama binatang ternak.

Kenyataannya manusia sangat membutuhkan keberadaan binatang, terutama binatang ternak. Diantara binatang tersebut, ada yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia seperti membajak dan bercocok tanam, menarik pedati dan memuat barang-barang, diambil madunya, diperah susunya, disembelih untuk dimakan dagingnya sebagai pelengkap menu dan menambah gizi makanan. Selain itu, binatang ternak juga mempunyai nilai tambah dalam segi ekonomi maupun segi penghidupan. Menyayangi binatang adalah wujud dari penerapan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila yaitu sila ke-2 "Kemanusiaan yang adil dan beradab."  Pada sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab ini terkandung nilai-nilai perikemanusiaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini yaitu perlakuan yang adil terhdap sesama manusia, terhadap diri sendiri, alam sekitar dan terhadap Tuhan. Perlakuan adil terhadap alam sekitar termasuk menyayangi binatang/hewan dan tumbuhan. Seperti halnya hewan, tumbuh-tumbuhan juga tidak kalah penting bagi manusia dalam menunjang hidup dan kehidupannya, misalnmya persediaan oksigen yang terdapat diudara disekeliling kita bisa terjamin keseimbangannya apabila terjamin pula populasi tumbuh-tumbuhan yang ada. Karena oksigen dikeluarkan oleh tumbuh-tumbuhan pada saat tumbuh-tumbuhna itu melakukan fotosintesis.

Selainn itu, pohon dan tumbuh-tumbuhan yang lebat dapat menjamin adanya persedian air dalam tanah. Persedian air dalam tanah oleh akar-akar pohon dan tumbuh-tumbuhan, bisa menjadi mata air. Mata air itu mengairi areal pertanian dan perkebunan, untuk menunjang kebutuhan bahan makanan pokok manusia. Pohon dan tumbuh-tumbuhan yang lebat menjamin tidak akan terjadi banjir yang bisa merusak lingkungan kehidupan manusia. Dari tumbuh-tumbuhan pula bisa diperoleh vitamin nabati yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh manusia.

Manfaat lainnya adalah tumbuh-tumbuhan dapat dibuat bahan obat-obatan yang menangkal manusia dari serangan berbagai penyakit, dan menyembuhkannya atas kuasa dan izin dari Allah SWT. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bila manusia memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan.

Diantara tumbuh-tumbuhan ada yang bisa dimakan dan ada yang tidak. Perawatan terhadap tumbuh-tumbuhan yang dimakan agak berbeda dengan tumbuh-tumbuhan lainnya. Ada diantaranya yang memerlukan air, pupuk, obat hama, dan sebagainya. Memang cara merawat dan apa yang diperlukan tumbuh-tumbuhan itu tidak sama. Kita pun harus mempelajari dan memperhatikan cara pemeliharaan masing-masing agar dapat diambil manfaatnya.

Ayo Berdiskusi
Bacalah cerita berikut.
Tuliskan pendapatmu mengenai sikap yang ditunjukkan oleh Edo terkait penerapan sila Pancasila.
Alternatif jawaban;
Sikap yang ditunjukkan Edo sudah sesuai dengan penerapan sila kedua pancasila yaitu "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab." Pada sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab ini terkandung nilai-nilai perikemanusiaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini yaitu perlakuan yang adil terhdap sesama manusia, terhadap diri sendiri, alam sekitar dan terhadap Tuhan. Perlakuan adil terhadap alam sekitar termasuk menyayangi binatang/hewan dan tumbuhan.

Kamu sudah belajar tentang penerapan sila-sila dari Pancasila selama ini.
Kamu juga sudah menikmati cerita dalam bentuk komik. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan komik?
Komik adalah cerita bergambar. Isinya berupa gambar-gambar yang disusun berurutan dan saling berhubungan. Komik memiliki balon kata-kata (dialog).
Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya.
Bunga Melati putih berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia.

Melati putih mempunyai bentuk mahkota yang sederhana dan berwarna putih. Aromanya yang lembut menenangkan. Pemeliharaan melati cukup mudah.

Susunan bunga melati menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga. 
Kesimpulan;
Bunga Melati putih berasal dari Asia Selatan. Bunga melati putih ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia. Melati putih mempunyai bentuk mahkota yang sederhana dan berwarna putih. Susunan bunga melati menyirip dan berhadapan.

Melati
adalah Bunga Nasional
Bangsa Indonesia.
Ayo, jaga kelestariannya.

Ayo Berlatih
Indonesia memiliki beragam sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Banyak penduduk Indonesia yang membudidayakan sayuran dan menjualnya ke pasar.
Pak Ardi adalah salah satu penjual sayur yang sangat sukses. Ia sudah memulai usaha sayuran selama 15 tahun.
Hari ini Pak Ardi mengajak 45 warganya piknik, termasuk di dalamnya 3 nenek dan 2 kakek. Pak Ardi berencana menggunakan mobil miliknya. Pak Ardi ingin bagian depan diisi oleh seorang nenek atau seorang kakek. Bagian depan mobil hanya bisa diisi oleh 2 orang saja, 1 pengemudi dan 1 penumpang.
Berapa jumlah warga yang duduk di setiap mobil termasuk penumpang di depan?
= (45 + 1) - 1 = 45

Amatilah soal berikut!
9 + (3 × 6) - 4 = 23
Buatlah soal cerita dengan menggunakan operasi hitung di atas.
Ibu membeli buku sebanyak 9 buah untuk adik. kemudian ia membeli lagi  3 pak, dimana setiap pak berisi 6 buah buku . Sesampainya di rumah kakak meminta buku tersebut sebanyak 4 buah .

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments