Kegiatan Ekonomi Negara-Negara ASEAN, Tema 1, Subtema 2, Pembelajaran 5

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia untuk memperoleh barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kondisi geografis yang sama membuat negara ASEAN memiliki persamaan dalam kegiatan ekonomi terkait hasil buminya. Adapun di Indonesia kegiatan ekonomi itu sangat beragam mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan, pertambangan, perindustrian, perikanan, kehutanan, dan juga jasa.

Indonesia mengekspor hasil bumi seperti timah, tembaga, besi, minyak, gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia menghasilkan pupuk, tapioka, karet, kopi, kelapa sawit, dan tembakau. Ikan tuna, udang, dan teh juga diekspor ke negara lain. Indonesia mempunyai banyak sumber daya alam dan memiliki kondisi alam yang strategis. Oleh karena itu tak heran jika Indonesia mempunyai banyak sekali kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya. Jenis-jenis kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan oleh warga Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya diantaranya:

Kegiatan Ekonomi Agraris
Kegiatan ekonomi agraris yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan keadaan alam. Contohnya yaitu pada bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan juga kehutanan. Biasanya kegiatan ekonomi agraris dilakukan di pedesaan karena sumber daya alam di pedesaan dapat memenuhi kegiatan ekonomi agraris.

1. Pertanian
Pertanian yaitu kegiatan ekonomi agraris yang melakukan kegiatan produksi dengan menggunakan tanah sebagai faktor utama. Adapun hasil dari pertanian yaitu menghasilkan bahan pangan. Indonesia merupakan negara agraris. Untuk meningkatkan hasil pertanian dapat digunakan cara intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi dan juga rehabilitasi.

Intensifikasi pertanian adalah salah satu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan lahan perhatian yang sudah ada. Ekstensifikasi pertanian adalah perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan manusia. Sasarannya adalah ke lahan hutan, padang rumput steppe, lahan gambut, atau bentuk-bentuk lain lahan marginal (terpinggirkan).
Diversifikasi pertanian adalah usaha penganekaragaman jenis usaha atau tanaman pertanian untuk menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian. Dan Rehabilitasi pertanian adalah kegiatan penanaman kembali pada lahan pertanian yang rusak atau tidak terawat sebelumnya. Rehabilitasi pertanian seperti halnya pertanian organik banyak dilakukan pada lahan luas yang ditumbuhi tanaman liar yang tak terawat.

Di Indonesia daerah yang memiliki kegiatan ekonomi pertanian lebih banyak terjadi di Pulau Jawa, Kalimantan, Bali dan beberapa bagian Sulawesi. Pulau Jawa merupakan pusat utama penghasil padi terbesar di Indonesia.

2. Peternakan
Peternakan yaitu kegiatan memelihara atau mengembangbiakkan berbagai hewan ternak untuk diambil manfaatnya dari hasil kegiatan beternak. Adapun usaha peternakan dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu peternakan satwa besar, peternakan satwa kecil, dan juga peternakan unggas. Peternakan satwa besar meliputi sapi, kerbau, kuda sedangkan peternakan satwa kecil yaitu kelinci, kambing dan peternakan unggas yaitu peternakan hewan-hewan unggas seperti ayam, bebek, dan juga burung.

3. Perkebunan
Perkebunan adalah kegiatan penanaman lahan ataupun membudidayakan berbagai tanaman. Perkebunan dan pertanian memiliki kesamaan hal yang membedakan dua kegiatan tersebut yaitu jenis tanaman yang dibudidayakan jika pertanian cenderung pada tanaman bahan pangan, perkebunan membudidayakan kelapa, kelapa sawit, kopi, dll.

Perkebunan terbagi menjadi dua jenis yaitu perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat yaitu perkebunan yang langsung dikelola oleh rakyat sedangkan perkebunan besar dikelola oleh suatu instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta.

Adapun berdasarkan jenis tanaman yang berada diperkebunan, perkebunan dibagi menjadi dua yaitu perkebunan musiman dan perkebunan tahunan. Di Indonesia wilayah yang melakukan kegiatan perkebunan yaitu Sumatra dengan tanaman yang dibudidayakan yaitu kelapa sawit, teh, kopi, dan juga karet. Selain Sumatra, pulau Jawapun melakukan kegiatan perkebunan.

4. Perikanan
Perikanan yaitu suatu kegiatan pembudidayaan ikan. Kegiatan ekonomi perikanan dibedakan menjadi perikanan air tawar dan juga perikanan air laut. Ikan yang dihasilkan dari perikanan air tawar yaitu ikan nilai, ikan patin, ikan mas, dan juga berbagai ikan hias. Sedangkan ikan yang dihasilkan dari perikanan air laut yaitu ikan kerapu, udang, lobster dan berbagai macam ikan laut lainnya. Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana sebagian besarnya berupa lautan. Oleh karena itu Indonesia mempunyai tempat perikanan yang banyak.

Kegiatan Ekonomi Nonagraris
Kegiatan ekonomi nonagraris biasanya lebih berkembang di daerah perkotaan karena kegiatan yang dilakukan seperti perdagangan, perindustrian, dan juga berbagai jasa banyak terjadi di perkotaan.

Berbagai kegiatan ekonomi nonagraris, yaitu sebagai berikut:

1. Perdagangan
Perdagangan yaitu kegiatan transaksi jual beli antara produsen kepada konsumen, kegiatan ekonomi perdagangan yaitu menyediakan dan mendistribusi berbagai barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Perdagangan merupakan salah satu faktor penentu perkembangan ekonomi Indonesia. Pusat perdagangan di Indonesia biasanya terjadi di kota-kota besar.

Adapun kegiatan perdagangan terbagi menjadi perdagangan besar dan perdagangan eceran. Perdagangan besar yaitu perdagangan yang dilakukan dari pedagang kepada pedagang eceran ataupun perusahaan. Sedangkan pedagang eceran yaitu kegiatan perdagangan yang dilakukan dari pedagang kepada seseorang. Dan kegiatan perdagangan antar negara atau manfaat perdagangan internasional disebut dengan kegiatan ekspor impor.

2. Perindustrian
Industri yaitu suatu kegiatan pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi ataupun menjadi barang konsumsi dengan menggunakan berbagai fasilitas dan juga peralatan yang canggih. Sedangkan perindustrian yaitu kegiatan yang berhubungan dengan proses industri. Di Indonesia sendiri perindustrian semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun.

3. Pertambangan
Indonesia sangat kaya akan sumber daya alamnya oleh karena itu di Indonesia banyak sekali kegiatan pertambangan. Hasil utama dari pertambangan di Indonesia yaitu migas dan juga batu bara. Pertambangan banyak dilakukan di Sumatra tepatnya di Bukit asam dan Sawah Lunto, selain itu di Pulau Kalimantan, Sulawesi Selatan, Banten, dan juga Jawa Barat.

4. Jasa
Kegiatan ekonomi jasa yaitu kegiatan yang dilakukan sebagai pemberi layanan suatu jasa. Misalnya jasa transportasi baik itu transportasi darat, laut ataupun udara. Selain itu dapat juga jasa pada bidang pariwisata untuk memenuhi segala kebutuhan para wisatawan yang mengunjungi Indonesia. Hal ini dapat pula menyebabkan peningkatan penghasilan negara.

Negara di kawasan Asia Tenggara berikutnya adalah di Brunei Darusalam. Brunei Darussalam terkenal sebagai pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak.

Penduduk Malaysia bermata pencaharian dalam bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertambangannya menghasilkan bijih timah terbesar di dunia.

Singapura mengekspor mesin dan alat transportasi, alat elektronik, dan barang-barang konsumsi. Bahan kimia dan produk olahan minyak dihasilkan juga di Singapura. Singapura termasuk negara Asia Tenggara yang berpendapatan paling tinggi.

Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Penghasil beras terbesar di Asia dan tiga sedunia (dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN)

Mata pencaharian penduduk Filipina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Komoditas ekspor Filipina terdiri atas gula, kopra, kayu, nanas, dan bijih tembaga.

Perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam adalah pertanian. Padi merupakan hasil utama pertanian di Vietnam. Industri di Vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di Vietnam menghasilkan emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, tungsten (wolfram), dan seng. Hasil hutannya adalah bambu, kina, kayu, dan kayu manis. Terdapat dua sungai penting, yaitu sungai Mekong dan sungai Songka.

Sebagian besar penghidupan penduduk Kamboja di sektor pertanian.

Rakyat Laos hidup di sektor pertanian yang menghasilkan beras, jagung, tembakau, jeruk, dan kopi.

Komoditas perdagangan Myanmar meliputi kayu (terutama kayu jati), beras, pupuk, dan berbagai barang kerajinan.

Hewan adalah sahabat kita. Hewan sudah memberikan yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya.

Ayo Berlatih
Adit, sahabat Beni, adalah seorang anak dari penjual pepes ikan. Ayah Adit adalah seorang pengusaha yang sukses. Produknya banyak dinikmati oleh para pengunjung rumah makan di beberapa wilayah di Jawa Barat. Adit sangat senang bermain dengan angka. Hari ini ia sedang mengutak-atik angka untuk menemukan jawaban dari soal yang ia temukan di salah satu majalah anak.

Ayo, bantu Adit mengerjakan soalnya.
A. Gunakanlah angka-angka 3, 4, 6, dan operasi hitung yang sesuai untuk jawaban yang tersedia. Pakailah tanda kurung apabila diperlukan. Berapakah hasil operasi hitungmu?
1) 8
2) 10
3) 6

Jawaban;
4 x 6 : 3 = 24 : 3 = 8
3 + 4 + 6 - 3 = 7 + 3 = 10
3 x 4 - 6 = 12 - 6 = 6

Jawablah soal berikut.
1.) 3 + 125 : 25 = 3 + (125 : 25 ) = 3 + 5 = 8
2.) 2205 + 93 : 3 – 1241 = 2205 + (93 : 3) – 1241
= (2205 + 31) - 1241
= 2236 - 1241
= 995
3.) 209 × 12 : 3 = (209 × 12) : 3
= 2508 : 3
= 836

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments