Ikan Bandeng Asap, Subtema 2, Pembelajaran 4

Ikan bandeng merupakan ikan pangan yang terkenal di Asia Tenggara. Ikan ini banyak dikenal orang sebagai ikan air tawar. Habitat asli Ikan Bandeng sebenarnya di laut, tetapi ikan ini dapat hidup di air tawar maupun di air payau. Salah satu olahan ikan bandeng adalah ikan bandeng asap. Ikan bandeng asap merupakan salah satu oleh-oleh yang dapat ditemui di Sidoarjo, Jawa Timur. Banyak orang menyukai produk jenis ikan ini. Simak cerita Edo dibawah ini.

Bandeng asap merupakan oleh-oleh khas kota Sidoarjo yang sudah cukup terkenal sejak lama. Mengapa disebut bandeng asap? Hal ini dikarenakan ikan bandeng dimatangkan dengan cara diasap. Ikan bandeng yang biasa digunakan adalah ikan bandeng berukuran sedang, panjangnya sekitar 30-40cm dengan berat sekitar 1-2 kg. Ikan bandeng tersebut dibersihkand ari sisik dan juga dighilangkan isi perutnya agar tidak menimbulkan bau amis. Ikan bandeng ini kemudian dibersihkan kembali sebelum akhirnya direndam dengan air garam selama kurang lebih 2 jam. Selama kurang lebih dua jam ini, air garam akan meresap ke bagian dalam daging ikan. Sebelum akhirnya diasap, ikan bandeng dicuci kembali untuk mengurangi kadar garam. Sebelum diasap, daging ikan bandeng ditusuk dengan bambu seperti satai untuk memudahkan proses pengasapan. Daging ikan bandeng yang sudah matang berwarna kuning kecokelatan.

Simak cerita Edo berikut ini!
Edo membawa oleh-oleh ikan bandeng asap dari Sidoarjo. Ia membawa satu ikan ke sekolah untuk dibagikan kepada temannya saat makan siang. Potongan ikan hanya cukup untuk enam orang. Saat makan siang tiba, selain sahabatnya, tiga orang temannya yang lain ikut bergabung. Semuanya ada sekitar sembilan orang mengelilingi meja kantin. Edo bingung. Apa yang harus dilakukan Edo saat ketiga teman lainnya datang?

Alternatif Jawaban;
Sikap Edo membagikan ikan bandeng oleh-oleh dari Sidoarjo untuk ke enam temannya menunjukkan sikap mau berbagi. Sementara saat ke tiga teman yang lain datang, sebaiknya Edo membiarkan ke tiganya ikut bergabung. Ikan bandeng yang sedianya untuk 6 orang temannya dapat dibagi lagi sehingga cukup untuk 9 orang dengan terlebih dahulu membicarakannya. Misal Edo bisa berkata "Teman-teman, ikan bandeng ini sebenarnya untuk 6 orang, tetapi karena disini ada 9 orang, bagaimana jika potongan ikan ini dibagi lagi sehingga cukup untuk 9 orang?". Ini juga merupakan penerapan sila ke-4 Pancasila yaitu bermusyawarah.

Apa yang harus dilakukan ketiga teman Edo saat tahu bahwa jumlah potongan ikan tidak cukup untuk semua orang?
Yang harus dilakukan ketiga teman Edo saat tahu bahwa jumlah potongan ikan tidak cukup untuk semua orang yaitu, alangkah baiknya mereka tidak memaksakan untuk mendapat bagian ikan tersebut, walaupun demikian mereka tidak harus meninggalkan meja kantin, mereka masih bisa makan bersama walaupun ada 3 temannya yang tidak mendapat bagian.

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Edo, Dayu, Beni, Udin, Siti, dan Lani agar semua mendapat bagian ikan yang sama?
Yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membagi ikan tersebut menjadi 9 bagian.

Ayo Menulis!
Simaklah teks yang akan dibacakan guru, lemudian catat ide pokoknya pada diagram yang disediakan pada buku siswa.
Bunglon
Bunglon adalah hewan reptil sejenis kadal kecil yang biasa hidup di pohon. Tampilannya mirip hewan purba. Bunglon jantan biasanya mempunyai tanduk, sirip, dan gelambir leher.
Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya. Bunglon tidak bisa berubah kulit ke semua warna, hanya ke warna-warna tertentu saja.
Alternatif jawaban;
Keragaman hewan Indonesia sangat mengagumkan. Banyak jenis ikan yang harus kita manfaatkan karena mengonsumsinya sangat baik bagi kesehatan. Ikan bandeng asap merupakan salah satu pengolahan ikan yang berasal dari laut Indonesia.

Edo membawa kardus Ikan Bandeng Asap untuk dibagikan kepada Beni, Siti, Lani, Udin, dan Dayu. Ia membawa 4 kardus berisi 2 ikan dan 4 kardus berisi 3 ikan. Teman–teman Edo membaginya sehingga setiap orang mendapatkan jumlah yang sama.
Berapa Ikan Bandeng Asap yang akan dibawa pulang mereka?

Jawaban;
{(4 x 2) + (4 x 3)} : 5 = 20 : 5 = 4

B. Jawablah soal berikut.

  1. 245 - (3 × 63) = 245 - 189 = 56
  2. (56 + 24) : 8 = 80 : 8 = 10
  3. 90 × (6 : 3 ) = 90 x 2 = 180
  4. (300 + 60 ) × (12 : 4 ) = 360 x 3 = 1.080

C. Perhatikan soal berikut. Tuliskan jawabanmu pada tempat yang disediakan.

  1. 1000 + 3000 × 2 = 7000 (kerjakan perkalian terlebih dahulu)
  2. 50 × 3 : 2 = 75 (kerjakan dari depan karena kedudukan perkalian (x) dan pembagian (:) setara)
  3. 200 − 200 : 2 = 100 (kerjakan pembagian terlebih dahulu
  4. 9 × 10 − 20 + 10 = 60 (kerjakan perkalian (x) terlebih dahulu, kemudian penjumlahan (+), baru pengurangan (-))

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments