Hewan Sahabatku, Kelas 6, Tema 1, Subtema 2, Pembelajaran 2

Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk diambil telurnya. Memelihara ayam diharapkan dapat memberikan penghasilan dan memenuhi kebutuhan pemiliknya seperti kebutuhan telur dan daging. Ayam potong dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya dan ayam petelur dipelihara agar telurnya dapat dimanfaatkan. Pernahkah kamu mengunjungi peternakan ayam? Jika pernah, apa yang dirasakan? Apakah kondisi dan suasana di peternakan cukup nyaman buat kalian?

Indonesia sebagai negara pertanian tidak lepas dari sektor peternakan. Peternakan dalam hal ini dibagi menjadi dua jenis yaitu peternakan skala besar dan skala kecil. Pada peternakan skala besar untuk pengawasan kesehatan ternak seringkali dilakukan dan dibimbing oleh dinas peternakan. Hal demikian berbeda dengan peternakan skala kecil yang belum begitu jelas pengawasan kesehatan ternaknya, namun seiring meningkatnya berbagai wabah penyakit unggas maka peternakan skala kecil ini menjadi sangat penting dan perlu perhatian lebih. Peternakan skala kecil termasuk peternakan tradisional di Indonesia sangat banyak karena banyak dibangun untuk menunjang kebutuhan pangan dan ekonomi keluarga tersebut (Yusdja et al. 2012).  Nah, sekarang Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
Setelah memahami kelima sila dalam pancasila, kita akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut dalam hati.
Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.
Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.
Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.

1. Apa pendapatmu tentang sikap Santi?
Alternatif jawaban:
Sikap Santi yang tidak mau peternakan ayamnya digusur cukup beralasan karena peternakan itu dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Akan tetapi tergangunya warga sekitar dengan bau dari peternakan juga tidak bisa dibenarkan. Seharusnya santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepantingan orang banyak.

2. Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?
Alternatif jawaban:
Sikap penduduk yang ingin menggusur peternakan karena bau yang ditimbulkan sangat mengganggu itu sangat wajar. Usaha peternakan ayam tentu menghasilkan limbah berupa feses atau kotoran yang menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang mengganggu dan ini bisa berbahaya bagi kesehatan serta air buangan yang dapat mencemari lingkungan. Air buangan yang dimaksud berasal dari cucian tempat pakan, tempat minum ayam, dan lain-lain.

3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?
Alternatif jawaban:
Sebaiknya Santi dan orang tuanya memikirkan kembali peternakannya dengan melakukan relokasi atau pemindahan kandang. Lokasi tempat pemeliharaan diupayakan agar tidak terlalu dekat dengan bangunan rumah atau pemukiman penduduk dan memiliki sirkulasi udara yang baik serta mendapatkan pencahayaan matahari secara maksimal, sehingga kondisi lokasi dapat terpelihara dalam kondisi kering.

4. Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?
Alternatif jawaban:
Alangkah baiknya penduduk memusyawarahkan mengenai dampak dari peternakan milik keluarga Santi agar Santi dan keluarganya tidak kehilangan mata pencaharian dan masyarakat pun tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari peternakan tersebut.

Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.
Berikut adalah contoh pelaksanaan sila keempat :
  1. tidak memaksakan keinginan,
  2. bermusyawarah,
  3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan
  4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat. Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat:
  1. Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.
  2. Menghargai dan mempertanggung jawabkan hasil musyawarah.
  3. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
Dari dua contoh tersebut, sebagai seorang siswa bisa menerapkan "Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan." dan "Menghargai dan mempertanggung jawabkan hasil musyawarah. Contoh; saat pemilihan ketua kelas atau pengurus kelas siswa bermusyawarah. Di lingkungan keluarga bisa diterapkan dengan bermusyawarah untuk pembagian tugas rumah setiap hari. Dan setelah tercapai kesepakatan kita harus melaksanakannya dengan penuh rasa tanggungjawab.

Berbicara tentang hewan ternak yaitu ayam, di awal telah disebutkan bahwa ayam potong dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya dan ayam petelur dipelihara agar telurnya dapat dimanfaatkan. Dari contoh ini kita tahu bahwa hewan banyak memberikan manfaat bagi manusia. Telur yang dihasilkan ayam petelur dapat kita nikmati. Susu merupakan produk hewani yang dihasilkan dari sapi.
Udin membantu Ibu membuka belanjaan.
Di dalam tas terdapat 2 botol kecil susu masing-masing berharga Rp1,500,00. Kemudian Udin menemukan 2 kardus kecil telur masing-masing berharga Rp10.000,00.
Operasi hitung mana yang menunjukkan besarnya uang yang dibelanjakan Ibu?
1. 2 × Rp1.500,00 × 2 × Rp10.000,00
2. 2 × Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00
3. ( 2 + 2 ) × ( Rp1.500,00 + Rp10.000,00 )
Jawaban;
2. 2 × Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00

Saat kamu sedang menyelesaikan soal yang memiliki lebih dari satu operasi hitung, jawabanmu tergantung dari urutan penyelesaian jenis operasi hitungnya.
Udin menemukan soal sebagai berikut.
8 + 4 × 6 − 4 = ...

1. Temukan jawaban sebanyak mungkin dan jelaskan caramu menemukannya.
1. 12 x 6 - 4 = 68
2. 8 + 24 - 4 = 28
3. 12 x 2 = 24

2. Jawaban yang benar adalah 28. Adakah strategimu yang menghasilkan jawaban yang sama? Jelaskan.
Setrategi kedua menghasilkan jawaban yang sama yaitu 8 + 24 - 4 = 28. Disini operasi perkalian dikerjakan terlebih dahulu yaitu 4 x 6 = 24. Kemudian baru operasi penjumlah dan pengurangan dikerjakan berikutnya.

Diskusikan jawaban soal berikut dengan temanmu.
4 + 7 × 3
Apa yang terjadi apabila kamu menjumlahkan terlebih dahulu?
Yang terjadi apabila menjumlahkan terlebih dahulu adalah 4 + 7 × 3 = 11 x 3 = 33

Apa yang terjadi apabila kamu mengalikan terlebih dahulu?
Yang terjadi apabila mengalikan terlebih dahulu adalah 4 + 7 × 3 = 4 + 21 = 25

Jadi, Untuk menghindari memiliki dua jawaban, kamu harus mengerjakan perkalian sebelum penjumlahan.
Perhatikan penjelasan berikut;
Diskusikan jawaban soal berikut dan diskusikan jawabannya dengan temanmu.
15 − 16 : 2

Apa yang terjadi apabila kamu mengurangkan terlebih dahulu?
Yang terjadi apabila kamu mengurangkan terlebih dahulu : 15 − 16 : 2 = -1 : 2 = -0,5

Apa yang terjadi apabila kamu membagi terlebih dahulu?
Yang terjadi apabila kamu membagi terlebih dahulu : 15 − 16 : 2 = 15 - 8 = 7

Dapatkah kamu menjawab soal berikut?
Diskusikan hasilnya dengan temanmu.
17 − 9 + 5

Apa yang terjadi apabila kamu melakukan pengurangan terlebih dahulu?
17 − 9 + 5 = 8 + 5 = 13

Apa yang terjadi apabila kamu melakukan penjumlahan terlebih dahulu?
17 − 9 + 5 = 17 - 14 = 3

Kerjakan soal berikut dan diskusikan dengan temanmu.
8 × ( 2 + 6 ) = 8 x 8 = 64

INGAT.
Langkah operasi hitung adalah sebagai berikut.

  1. Selesaikan operasi di dalam kurung
  2. Selesaikan perkalian dan pembagian
  3. Selesaikan penjumlahan dan pengurangan

Sekarang selesaikan soal berikut.
1. 16 + 4 × 2 = ...
Jawaban: 16 + 8 = 24
2. 10 - 6 - 2 = ...
Jawaban: 4 - 2 = 2
3. 81 : 9 - 6 = ...
Jawaban: 9 - 6 = 3
4. ( 19 + 2) : 3 = ...
Jawaban: 21 : 3 = 7
5. 25 - 12 : 3 = ...
Jawaban: 25 - 4 = 21
6. 49 - 6 × 5 = ...
Jawaban: 49 - 30 = 19
7. 15 : (9 - 4) = ...
Jawaban: 15 : 5 = 3
8. 18 + 49 : 7 = ...
Jawaban: 18 + 7 = 25

Gunakan tanda kurung untuk menyelesaikan soal berikut.
27 + 19 − 10 : 2 × 3
Jawaban: (27 + 19 − 10) : (2 × 3)
36 : 6 = 6

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments