Bagaimana Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan?

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembangbiak dengan tujuan untuk menghasilkan keturunan. Begitupun dengan tumbuhan.Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan? Ayo, kita cari tahu. Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

Lalu tumbuhan apa sajakah yang berkembangbiak dengan cara vegetatif? Nanas berkembang biak dengan cara vegetatif. Pembibitan tunas dapat dilakukan untuk mengembangbiakkannya. Bawang merah memiliki bentuk berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas. Umbi lapis terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang dan membengkak di dalam tanah. Pohon pisang berkembang biak dengan cara membentuk anak pisangan pohon yang disebut tunas.

Nah, perkembangbiakkan secara vegetatif ini sendiri masih dibedakan menjadi dua yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Perkembangbiakan vegetatif alami ada beberapa macam, yaitu;
  • Umbi batang
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang yaitu ada kentang, ubi tanah, ketela dan ubi jalar. Umbi batang sendiri adalah akar dari tumbuhan yang menggelembung menjadi umbi yang mana itu menjadi cadangan makanan bagi tumbuhan itu sendiri.
  • Umbi lapis
Contoh tanaman yang merupakan umbi lapis adalah bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, bunga bakung dan bunga tulip. Umbi lapis ini merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis yang didalamnya terdapat bagian cakram dan akar yang mana di ujung umbi lapisnya akan muncul daun. Pertumbuhan dari umbi lapis ini di dahului dengan tumbuhnya siung buah dari bagian yang paling luar dan kemudian tumbuh lagi bagian dalamnya.
  • Umbi akar
Umbi akar merupakan perkembang biakan yang dilakukan dengan cara akar yang menggelembung menjadi buah seperti misalnya singkong, wortel, dahlia dan lainnya. jika umbi akar ini ditanam dengan pangkal batangnya maka akan maembuat tumbuhnya tunas dan memiliki tumbuhan baru.
  • Akar tinggal
Akar tinggal ini sebenarnya adalah batang yang tertanam di dalam tanah dan kemudian menjadi buah sedangkan di dalam buahnya inilah terdapat akar untuk mengambil makanan. Pada setiap ketiak sisi tanaman akan memunculkan tunas baru yang bisa digunakan untuk menanam lagi tanaman tersebut. Contoh tumbuhan yang memiliki cara perkembangbiakan dengan akar tinggal ini adalah lengkuas, kencur, jahe, kunyit dan lainnya.
  • Geragih
Perkembangbiakan dengan cara geragih adalah tumbuhan yang batangnya mendatar di permukaan tanah. Kemudian, batang tersebut akan menjadi tumbuhan baru karena juga bisa membentuk akar baru. Contoh dari geragih ini adalah arbei, rumput teki dan strawberry.
  • Tunas
Tunas ini merupakan tumbuhan yang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas muda akan tumbuh di sekitar induknya biasanya sangat dekat. Meskipun tunas ini tumbuh dari batang induknya namun hidupnya tidak tergantung pada induk. Jika induk ini ditebang maka tidak akan menjadi persoalan di tanaman ini. biasanya tumbuhan ini hidup dengan rumpunnya seperti pisang, tebu dan bamboo.
  • Tunas Adventif
Tunas adventif merupakan tumbuhan yang tumbuh bahkan bukan dari tumbuhan yang bertunas misalnya saja tumbuhan cocor bebek.

Pengertian perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan pada tumbuhan secara tidak kawin yang dilakukan oleh manusia. Contoh perkembangbiakan secara vegetatif buatan adalah merunduk, stek, menyambung/ mengenten, okulasi, dan mencangkok.

Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak? Carilah informasi dari berbagai sumber. Tuliskan hasilnya di bawah ini!
Gambar diatas adalah tanaman wortel. Wortel adalah salah satu tanaman sehat yang mengandung vitamin a yang baik untuk mata. Wortel akan tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim cukup dingin. Wortel berkembangbiak dengan umbi akar. Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam bersama dengan pangkal batangnya, maka pada pangkal batang itu akan tumbuh tunas. Tanaman lain yang berkembangbiak dengan cara yang sama seperti wortel adalah tanaman singkong.

Sekarang perhatikan lingkungan sekolahmu. Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif. Catatlah pada tabel berikut.
Nama TanamanCara
Berkembangbiak
Keterangan
Pisang TunasPohon pisang memiliki anak yang disebut tunas
Ubi jalar Umbi batangAdalah akar dari tumbuhan yang menggelembung menjadi umbi yang mana itu menjadi cadangan makanan bagi tumbuhan itu sendiri.
Kencur Akar tinggalPada setiap ketiak sisi tanaman akan memunculkan tunas baru yang bisa digunakan untuk menanam lagi tanaman tersebut. 
Jahe Akar tinggalPada setiap ketiak sisi tanaman akan memunculkan tunas baru yang bisa digunakan untuk menanam lagi tanaman tersebut. 
Kunyit Akar tinggalPada setiap ketiak sisi tanaman akan memunculkan tunas baru yang bisa digunakan untuk menanam lagi tanaman tersebut. 
Rumput teki GeragihBatangnya mendatar di permukaan tanah yang kemudian, batang tersebut akan menjadi tumbuhan baru.

Sungguh hebat semua tumbuhan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Tiap tumbuhan memiliki cara yang unik untuk menjaga kelestariannya. Melestarikan tumbuhan merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo Membaca!
Bacalah teks berikut dalam hati.

Tumbuhan Sumber Kehidupan
Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibu kota provinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?

Oleh : Nuniek
Tara Salvia

Ide pokok tiap paragraf dalam bacaan;

Pragraf 1
Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa

Paragraf 2
Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut.

Paragraf 3
Wilayah pantai termasuk dataran rendah.

Paragraf 4
Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments