Peran Matahari Dalam Kehidupan, Tema 2, Subtema 1, Pembelajaran 1

Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Jika melihat dari susunannya, matahari sendiri di susun oleh empat lapisan. yaitu ada yang namanya inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Inti matahari merupakan pusat dari matahari. Suhunya kira-kira 15 juta kelvin.

Kemudian lapisan matahari yang kedua yang dapat kita lihat dinamakan dengan fotosfer atau lapisan cahaya. Lapisan ini merupakan sebuah daerah walaupun agak tipis tetapi memiliki kedalaman atau ketebalan sekitar 500 km. Jarak 500 km ini kurang lebih 1 per 2000 jari-jari matahari. Gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intensitas sangat kuat, sehingga cahaya fotosfer dapat terlihat dan bewarna kuning dari bumi. Lapisan ketiga dinamakan dengan kromosfer. Lapisan kromosfer menjulang 12.000 km di atas fotosfer, memiliki tebal kira-kira 2.400 km, dan suhu pada bagian atasnya lebih dari 10.000 Kelvin.

Dan yang keempat ada yang namanya korona. Korona ini jauh lebih panas di bandingkan dengan kromosfer, para ahli menaksir suhu korona mencapai 2 juta Kelvin untuk daerah luarnya. Akibat suhu yang sangat tinggi ini, korona mengembang sangat cepat dalam ruang hampa. Mengapa korona yang terletak lebih jauh dari sumber energi matahari (inti matahari) di bandingkan dengan fotosfer dapat jauh lebih panas? Suatu teori menyatakan bahwa pemaksaan perpindahan kalor (energi) secara konveksi dalam fotosfer dan kromosfer, memanaskan secara intensif gas yang sangat tipis dalam korona.

Amatilah gambar dibawah ini!

1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
Gambar tersebut menunjukkan aktivitas yang dilakukan manusia dibawah sinar matahari.

2. Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!
Dari gambar menunjukkan manfaat dari sinar matahari bagi keluarga tersebut yaitu untuk mengeringkan baju/pakaian yang baru di cuci. Sinar matahari pagi juga baik untuk kesehatan karena itulah banyak yang melakukan olahraga di pagi hari. Tidak hanya itu, tumbuhan juga memperoleh manfaat dari sinar matahari yaitu untuk membantu proses fotosintesis yang salah satu hasilnya adalah oksigen (O2). Oksigen ini akan dihirup oleh manusia. Tidak berhenti sampai disitu, sinar matahari khususnya sinar matahari pagi juga bisa bermanfaat untuk menghangatkan badan atau untuk berjemur seperti apa yang dilakukan ibu pada anak balitanya pada gambar. Dan ini bertujuan agar si bayi mampu memperoh vitamin D dari sinar matahari pagi.

3. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?
Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!
Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua makhluk hidup dan benda di siang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi.
Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:
  1. Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.
  2. Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.
  3. Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.
  4. Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
  5. Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.
  6. Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam.
  7. Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
  8. Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak.
Begitu banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi kehidupan di Bumi.
Kisah Ali Si Biji Energi
Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi. Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

Sekarang, temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.

Gambar Peta Konsep

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!
1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
Jawab;
A. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

  1. tumbuhan
  2. hewan
  3. sinar matahari
B. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui;
  1. minyak bumi
  2. emas
  3. besi

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.
A. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

  1. tanah
  2. hasil perkebunan
  3. hasil pertanian
B. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui;
  1. batu bara
  2. nikel
  3. timah
3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.
Jawab;
Contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam diantaranya adalah kegiatan membangun rumah. Ketika membangun rumah kita membutuhkan semen, pasir, lantai keramik, rangka besi, baja ringan dan kabel listrik. Sumber daya alam di atas adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Bila batu kapur sebagai bahan semen, bijih besi bahan rangka dan batu granit sebagai bahan keramik habis, kita tidak bisa lagi memperbanyak atau meremajakan sumber daya alam ini.

Membangun rumah juga memerlukan kayu untuk pintu dan jendela. Berbeda dengan jenis sumber daya alam sebelumnya, sumber daya alam dapat diperbaharui karena kita bisa menanam kembali pohon baru sebagai sumber kayu yang digunakan.

Contoh kegiatan ekonomi lain yang menggunakan dua jenis sumber daya alam adalah perikanan dan pertanian.

Dalam perikanan dan perikanan, kita menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar alat pertanian dan perikanan, seperti traktor dan kapal. Minyak bumi ini adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan bila habis akan tidak bisa diambil lagi 

Pertanian dan perikanan juga menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperi bibit padi dan benih ikan. Keduanya bisa dikembangkan lagi dan bila habis dapat dikembangbiakkan lagi.
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah.
Kekayaan alam tersebut terdiri atas sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya. Sumber daya alam yang bisa diperbarui yaitu: matahari, air, angin, kekayaan laut, hasil pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang di dunia memiliki kekayaan laut yang luar biasa jumlahnya. Ribuan jenis ikan, karang, dan hewan laut lainnya terdapat di perairan kita. Karena itu Indonesia dikenal dengan sebutan “Ibu Kota Ikan Dunia”. Indonesia yang terdiri atas ribuan gugusan pulau dan terletak pada garis khatulistiwa, membuat negara kita sangat kaya akan jenis tumbuhan: buah-buahan, sayuran, tanaman obat, dan banyak lagi.
Indonesia juga memiliki hutan tropis yang kaya akan pohon berkayu dan hasil hutan dengan ribuan jenis hewan di dalamnya. Oleh karena itu, Indonesia pernah dikenal sebagai “Paru-Paru Dunia”. Namun, sayangnya saat ini hutan-hutan di Indonesia banyak yang musnah karena pohon-pohonnya banyak ditebangi atau dialihfungsikan menjadi perkebunan sawit untuk kepentingan industri. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga dengan kekayaan alam yang berlimpah, dan wajib memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments