Sumber Energi yang Dapat Diperbarui dan Tidak Dapat Diperbarui

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya. Keberadaan sumber daya energi Indonesia ini sangat penting sebagai penggerak perekonomian nasional dan sebagai sumber devisa atau pendapatan negara.

Lalu apa itu energi? energi adalah tenaga yang menggerakkan segala aktivitas benda dan manusia. Peralatan seperti mesin, komputer, telepon, lampu, mobil, sepeda motor dan lain sebagainya membutuhkan energi untuk menjalankannya. Maka tidaklah mengherankan apabila energi sangat penting bagi kita untuk melakukan segala aktivitas hidup kita. Semakin maju manusia maka semakin banyak energi yang dibutuhkannya. Sumber daya energi ini ada yang dapat diperbarui dan ada pula sumber daya energi yang tidak dapat diperbarui. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

Ayo Berlatih!
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup. Dan pada kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.

Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Manfaat Energi Matahari
Bagi Manusia
Bagi Hewan
Bagi Tumbuhan
Bagi Alam
Menjemur Pakaian Menghangatkan tubuhMembantu proses fotosintesisSebagai sumber energi terbesar
Sumber penerangan Membantu penyerapan kalsiumMembantu proses penguapanSumber energi alternatif
Mengeringkan hasil pertanian Sebagai sumber nutrisiMengaktifkan klorofil
Membakar lemak
Dan apabila kita berbicara tentang manfaat energi matahari, ternyata tidak semua negara di belahan bumi ini, selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Ini terjadi pada negara-negara yang posisinya jauh dari garis edar matahari. Negara-negara dengan posisi yang demikian ini akan mendapatkan sedikit sekali sinar matahari, terlebih negara yang berdekatan dengan wilayah kutub.

Kan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi Indonesia. Di negara Indoensia, setiap hari selam kurang lebih 10-12 jam selalu terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan posisi Indonesia yang berada di Khatulistiwa dan terletak pada garis edar matahari, yakni 6LU – 11LS. ini menjadikan Indonesia menjadi negara tropis, artinya Indonesia selalu panas karena limpahan cahaya matahari. Potensi sinar matahari ini menjadi salah satu keunggulan Indonesia di bidang energi listrik alternatif. Energi listrik tenaga matahari sangat penting dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai pilihan yang sangat bagus di samping penggunaan energi dari bahan fosil. Dan energi listrik alternatif ini sangat potensial untuk dimanfaatkan, karena total intensitas rata-rata sinar matahari sebesar 4,5 kWh per meter persegi perhari.

Sinar atau tenaga matahari juga dimanfaatkan sebagai bahan pengganti bensi dan solar pada kendaraan bermotor. Contoh Mobil surya yang sudah dibuat oleh para pelajar smk di Indonesia. Peralatan elektronik juga sekarang sudah mulai banyak menggunakan sinar matahari sebagai penggeraknya, seperti jam tangan tenaga surya. Beberapa lampu jalan dan rumah tangga juga sudah mulai menggunakan tenaga matahari ini.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments