Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan

Banyak sumber energi di sekitar kita. Kesemuanya memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Berbagai sumber energi dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi manusia jika diolah dengan baik. Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak. Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda
untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya.

Energi sendiri ada beberapa bentuk, yaitu ada energi bunyi, energi kimia, energi panas, energi listrik, energi potensial, dan energi mekanik. Dari bentuk energi tersebut, dapat terjadi perubahan bentuk dan itu dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;
  • Energi Listrik menjadi Energi Panas; Contoh perubahan energi ini dapat kita temui pada penggunaan oven, kompor listrik, setrika, magic jar /penanak nasi hingga microwave.
  • Energi Listrik menjadi Energi Gerak; contohnya pada kipas angin, mobil remote control, mixer, blender dan AC.
  • Energi Gerak menjadi Energi Panas, contohnya adalah ketika kendaraan bermotor (mobil/sepeda motor) dikendarai untuk perjalanan jauh maka lama kelamaan mesin akan menjadi panas.
  • Energi listrik menjadi cahaya, dapat ditemui pada penggunaan lampu pijar dan lambu penerangan yang lain.
  • Energi Cahaya menjadi Energi Listrik, ditemui pada teknologi panel surya.
  • Energi Gerak  menjadi Energi Bunyi; Perubahan energi ini dapat kita temui saat menabuh gendang/drum atau bertepuk tangan dimana itu akan akan menghasilkan suara.
  • Energi Kimia menjadi Energi Panas bentuk perubahan energi ini terdapat pada makanan yang kita konsumsi yang setelahnya menghasilkan panas tubuh.
Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.
NoKegiatanSumber Energi
yang digunakan
Perubahan Energi
1. Anak bermain layang-layangAnginAngin menjadi gerak
2. Menyetrika pakaianListrikListrik menjadi panas
3. Memanggang satePanasGerak menjadi panas
4. Pembuatan garamPanasPanas menjadi gas
5. Membuat jus dengan blenderListrikListrik menjadi gerak
Ayo Membaca!
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya.

Sumber daya ini memiliki jumlah terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mengelolanya dengan baik.
Sumber Daya Alam
Bukan Logam
Sumber Daya Alam
Logam
Sumber Daya Alam
Industri
Aspal
Batu bara
Minyak bumi
Gas alam
Emas
Perak
Mangan
Nikel
Pasir besi
Platina
Timbal
Timah
Berlian
Belerang
Fosfat
Gamping
Batu kapur
Yodium
Asbes
Gipsum
Negara kita dikenal sebagai penghasil barang-barang tambang. Minyak bumi, gas alam, tembaga, dan emas merupakan sebagian dari hasil kekayaan alam kita. Setelah diolah, barang-barang tambang tersebut dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan. Namun demikian, hasil tambang tidaklah merata persebarannya, baik jumlah maupun jenisnya.

Berikut peta persebaran hasil tambang negara kita.
Ayo Membaca!

Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan
Sumber daya alam yang kita miliki, baik hayati maupun nonhayati menjadi modal utama pembangunan. Selain dari pajak, modal utama pembangunan juga berasal dari penjualan sumber daya alam. Misalnya bahan-bahan tambang dan hasil pertanian yang dijual atau diekspor ke negara lain. Dari situlah kita mendapatkan uang untuk membiayai pembangunan.

Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pertambangan.

Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi.

Ayo Berlatih!
Kamu telah membaca bacaan ”Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan”. Carilah informasi penting pada bacaan tersebut.
Sumber daya alam hayati adalah Sumber Daya Alam yang berasal dari mahluk hidup, atau berhubungan dengan mahluk hidup. Contoh-contoh sumber daya alam hayati yang kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya;

1. Sumber Daya Hewan
Hewan menghasilkan berbagai macam produk yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kehidupannya antara lain;

  • Daging yang dihasilkan oleh ikan, mamalia, dan hewan lainnya dan digunakan sebagai sumber protein hewani bagi manusia.
  • Susu, dihasilkan oleh hewan mamalia dan digunakan sebagai peengkap[ gizi bagi manusia. Contoh susu yang umum dikonsumsi misalnya susu sapi, susu kambing, dan susu kuda.
  • Telur, contohnya telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh, dan telur angsa. dihasilkan hewan-hewan ovipar seperti unggas (aves), reptil, dan ikan sebagai sumber protein hewani. 
  • Kulit, digunakan sebagai bahan baku sandang bagi manusia. Contohnya kulit domba yang dibuat sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dan lain sebagainya.
  • Bulu, digunakan manusia sebagai bahan baku pembuatan jaket wol untuk menghangatkan badan.
  • Madu, dihasilkan oleh lebah dan digunakan sebagai bahan obat herbal.
  • Kotoran, dihasilkan semua hewan dan digunakan sebagai pupuk tanaman.

2. Sumber Daya Tumbuhan
Tumbuhan menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menunjang kebutuhan hidup diantaranya;

  • Sayur sebagai bahan pangan. Contohnya sawi, kangkung, bayam, dan daun singkong.
  • Buah, sebagai bahan pangan dan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.
  • Kayu, dihasilkan tanaman kayu dan digunakan sebagai bahan bangunan.
  • Umbi, sebagai sumber bahan pangan karbohidrat. Contohnya singkong, ketela, dan kentang.
  • Bunga, sebagai sarana hobi, keindahan, dan penghormatan. Contohnya bunga mawar, melati, dan tulip.
  • Biji, sebagai sumber pangan. Contohnya padi, jagung, dan gandum.

3. Mikroorganisme
Beragam mikroorganisme yang terdapat di alam bisa dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia melalui penerapan bioteknologi. Bioteknologi adalah suatu teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme sebagai agen perubahannya. Contoh bioteknologi sendiri terjadi dalam proses pembuatan tempe, cuka, keju, yogurt, dan minuman anggur. Pembuatan semua produk tersebut, dalam prosesnya ditambahkan mikroorganisme menguntungkan seperti jamur, kapang dan bakteri.

Sumber daya alam non hayati adalah setiap sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati, diantaranya sumber daya fosil, sumber daya mineral, sinar matahari, angin, air, dan tanah.

Ada 3 jenis sumber daya fosil yang menjadi contoh sumber daya alam non hayati, yaitu minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

  1. Minyak bumi adalah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk cair saat ditambang. Minyak bumi diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, solar, kerosin, oli, aspal, lilin, dan avtur (bahan bakar pesawat terbang).
  2. Gas alam adalah sumber daya alam yang ditemukan dalam bentuk gas saat ditambang. Gas alam diolah menjadi 2 bentuk yaitu LPG dan LNG. Baik LPG maupun LNG keduanya digunakan sebagai bahan bakar. Ketika memasak menggunakan kompor gas, kita menggunakan LPG yang ada di dalam tabung sebagai sumber energinya.
  3. Batu bara adalah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk padat saat ditambang. Batu bara digunakan sebagai bahan baku pembuatan energi listrik di pembangkit-pembangkit listrik tenaga uap. Listrik yang kita gunakan untuk menonton TV, mencas hp, dan menyalakan lampu setiap hari sebetulnya berasal dari sumber daya ini.

Contoh sumber daya alam non hayati selanjutnya adalah sumber daya mineral. Mineral adalah bahan yang tersusun dari struktur kimia tertentu yang terdapat di bumi biasanya diperoleh dengan cara ditambang untuk kemudian diolah sebagai bahan baku peralatan hidup manusia. Contoh sumber daya alam mineral misalnya bijih besi, bijih emas, bijih timah, bijih nikel, bijih perak, dan batuan mulia seperti permata, batu safir, dan lain sebagainya.

Sinar matahari juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati karena berasal bukan dari mahluk hidup. Sinar matahari dimanfaatkan sebagai sumber energi utama bagi kehidupan. Mahluk hidup autotrof seperti tumbuhan menggunakan sumber daya ini untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan sumber energi yang bisa dimanfaatkan manusia dan hewan.

Angin juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati. Angin dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik. Di zaman dahulu, angin juga digunakan sebagai energi penggerak kapal laut yang menggunakan layar.

Yang terakhir adalah air. Air adalah elemen penting yang sangat dibutuhkan manusia, hewan, dan tumbuhan untuk bertahan hidup. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan bagi manusia.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments