Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan, Kelas 5, Tema 7, Subtema 3, Pembelajaran 2

Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Sebagai negara yang telah merdeka, adalah tugas warga negaranya untuk melakukan kegiatan-kegiatan mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran masing-masing. Pelajar merupakan salah satu warga negara yang memiliki peran dan tugas yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar merupakan bagian dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Ya, generasi berkualitas pasti diperlukan untuk memajukan bangsa.

Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang sangat berguna untuk mengasah rasa peduli dan cinta tanah air. Kegiatan-kegiatan seperti pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), menjadi duta seni, kegiatan olahraga, merupakan beberapa kegiatan yang berdampak baik bagi peningkatan kualitas diri pelajar. Dengan demikian pelajar terhindar dari kegiatan negatif yang dapat menimbulkan masalah dalam masyarakat, seperti tawuran antarpelajar atau terjerumus dalam tindakan kekerasan serta pelanggaran hukum lainnya.

Perjuangan pelajar sebagai generasi muda saat ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa. Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.
Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.
Kosakata Pada Bacaan
Kosakata Baku
Arti Kata
Kosakata Tidak Baku
Arti Kata
Generasi Masa orang-orang satu angkatan hidup--
Pelajar Anak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan
sekolah lanjutan); anak didik; murid; siswa;
--
Merdeka Bebas dari penghambaan atau penjajahan dan sebagainya--
Masyarakat Sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem
semi tertutup (atau semi terbuka), di mana sebagian
besar interaksi adalah antara individu-individu
yang berada dalam kelompok tersebut.
--
Kreatif Memiliki daya cipta; memiliki
kemampuan untuk menciptakan
--
Kualitas Derajat atau taraf (kepandaian,
kecakapan, dan sebagainya); mutu
Kwalitas-
Ayo Mencoba!
Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar giat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Carilah informasi mengenai perilaku dan kegiatan positif yang dapat dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan berikut! Perhatikan contoh yang telah dibuat untuk membantumu.
Kegiatan-Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan
Di Rumah
Di Sekolah
Di Masyarakat
Membantu pekerjaan rumah sehari-hari. Menjaga nama baik sekolah baik didalm ataupun diluar.Melaksanakan jam wajib belajar dengan disiplin.
Bekerja sama dengan anggota keluarga lainya. Mengikuti kegiatan belajar-mengajar dan upacara sekolah dengan baikTerlibat aktif di dalam kegiatan sosial di lingkungan masyarakat
Saling menghormati dan menghargai sesama anggota keluarga Mematuhi seluruh tata tertib sekolah secara ikhlas dan bertanggung jawabMengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
Mengerjakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya di rumah Mengikuti pendidikan bela Negara melalui Pendidikan KewarganegaraanIkut serta dalam mengemukakan gagasan /ide/ pendapat
Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua Aktif dalam organisasi yang ada di lingkungan sekolah seperti Pramuka, PMR, dan sebagainyaSaling menghargai dengan baik antar warga negara Indonesia

Tahukah Kamu?
Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh pelajar di sekolah. Dengan mempelajari fenomena alam di sekitar kita, kamu dapat memahami apa yang sedang terjadi di sekitarmu. Sebelumnya, kamu telah melakukan percobaan tentang penyubliman sebagai salah satu perubahan wujud benda karena kalor. Sekarang, kamu akan melakukan percobaan untuk menunjukkan perubahan wujud benda yang juga disebabkan oleh kalor, yaitu peristiwa pengkristalan.

Pengkristalan ialah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat dengan proses pelepasan maupun penyerapan kalor. Contoh peristiwa pengkristalan dengan proses pelepasan kalor adalah salju dan gas yang didinginkan.

Contoh peristiwa pengkristalan dengan penyerapan kalor adalah pada proses pembuatan garam. Garam dibuat dari air laut, kemudian diuapkan dengan sinar matahari di dalam petak-petak hingga tersisa kristal-kristal garam.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments