Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung.

Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik. Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.

a. Hasil pertanian
Hasil PertanianManfaat
Padi Makanan pokok
Jagung Makanan pokok dan makanan ternak
Kacang Kedelai Bahan baku tahu dan tempe, bahan baku kecap, dan bahan baku susu

b. Hasil perkebunan
Hasil PerkebunanManfaat
Kelapa sawit Bahan baku minyak goreng dan margarin
Karet Bahan membuat ban
Tebu Bahan baku gula pasir
Kina Obat malaria

c. Hasil peternakan
Hasil PeternakanManfaat
Daging sapi, kambing Sumber protein hewani
Daging ayam, telur ayam Sumber protein hewani
Ulat sutera Bahan baku kain sutera
Lebah Madu untuk kesehatan

d. Hasil laut dan perikanan
Hasil laut dan perikananManfaat
Ikan Sumber protein hewani
Rumput laut Obat, bahan makanan, dan kosmetik
Terumbu karang Wahana tempat rekreasi bawah laut
Mutiara Perhiasan

f. Hasil Tambang
Hasil TambangManfaat
Minyak bumi Bahan bakar kendaraan dan kompor
Gas alam Bahan bakar kompor gas
Belerang Campuran obat
Grafit Bahan baku pensil
Marmer Bahan bangunan

Salah satu lingkungan yang masih terjaga keasriannya adalah perdesaan. Keasrian yang masih terjaga di perdesaan tidak terlepas dari perilaku yang bertanggung jawab masyarakatnya dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Ayo, nyanyikan lagu berikut!
Lagu di atas menggambarkan adanya sebuah desa yang permai. Desa yang permai selalu dirindukan oleh semua orang. Melalui lagu di depan dapat dibayangkan bahwa kehidupan dengan lingkungan sejuk layaknya sebuah desa permai merupakan kehidupan yang disenangi banyak orang.

Lagu Desaku yang Kucinta diciptakan oleh L. Manik (Liberty Manik). Beliau adalah seorang komponis yang lahir di Sidikalang, Sumatera Utara, 21 November 1924. Selain sebagai komponis, L. Manik juga menjadi seorang pengajar musik di  Institut Seni Indonesia (Yogyakarta), beliau juga dikenal sebagai seorang ahli bahasa Batak kuno. L. Manik wafat pada 16 September 1993 pada usia 68 tahun. Selain lagu Desaku yang Kucinta, beliau juga adalah pencipta lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments