Hemat Energi Hemat Biaya

Hemat energi adalah mempergunakan energi yang ada dengan seperlunya saja. Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mempergunakannya sehemat mungkin. Apabila kita hemat menggunakan energi, kita pun akan menghemat biaya. Contoh energi yang perlu kita hemat penggunaannya adalah listrik. Listrik merupakan energi yang tidak dapat dilihat, namun dapat kita rasakan manfaatnya. Listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Pada saat ini listrik sangat berperan dalam membantu berbagai aktivitas manusia sehari-hari.

Untuk mendapatkan listrik manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit listrik. Contoh pembangkit listrik antara lain pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). setiap pembangkit listrik ini memerlukan biaya yang sangat besar dalam pembangunannya. Oleh karena itu, kita harus berhemat dalam menggunakan listrik. Keberadaan listrik juga memakan biaya yang sangat tinggi. Kita harus membayar biaya pemasangan listrik di rumah dan harus membayar biaya penggunaan setiap bulannya. Semakin boros menggunakan listrik maka akan semakin besar pula beban biaya yang harus dibayar. Oleh karena itu, mulai sekarang dan seterusnya marilah kita berhemat listrik dengan cara seperti berikut.
  1. Tidak menyalakan lampu pada siang hari
  2. Menyalakan lampu hanya jika diperlukan
  3. Lampu dinyalakan maksimal 10 jam setiap hari
  4. Mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan
  5. Menggunakan listrik seoptimal mungkin

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
1. Mengapa kita harus berhemat energi?
Jawaban;
Karena energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui dan lama kelamaan akan habis.

2. Coba jelaskan dengan hemat energi maka akan menghemat biaya!
Jawaban;
Semakin sering menggunakan energi akan terjadi pemborosan, seperti energi listrik semakin sering di gunakan akan semakin besar daya yang di keluarkan dan semakin besar biaya yang di keluarkan.

3. Bagaimanakah cara menghemat listrik?
Jawaban;
  1. Tidak menyalakan lampu pada siang hari
  2. Menyalakan lampu hanya jika diperlukan
  3. Lampu dinyalakan maksimal 10 jam setiap hari
  4. Mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan
  5. Menggunakan listrik seoptimal mungkin
Berdasarkan bacaan di depan, temukan ide pokok dan kalimat pendukung tiap-tiap paragraf.
Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu.

ParagrafIde PokokKalimat Pendukung
1. Hemat energi adalah mempergunakan energi yang ada dengan seperlunya saja.Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mempergunakannya sehemat mungkin.
2. Contoh energi yang perlu kita hemat penggunaannya adalah listrik.Listrik merupakan energi yang tidak dapat dilihat, namun dapat kita rasakan manfaatnya. Listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
3. Untuk mendapatkan listrik manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit listrik.Contoh pembangkit listrik antara lain PLTA, PLTS, dan PLTU
4. Keberadaan listrik juga memakan biaya yang sangat tinggi.Semakin boros menggunakan listrik maka akan semakin besar pula beban biaya yang harus dibayar.
5. Cara menghemat listrik
  1. Tidak menyalakan lampu pada siang hari
  2. Menyalakan lampu hanya jika diperlukan
  3. Lampu dinyalakan maksimal 10 jam setiap hari
  4. Mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan
  5. Menggunakan listrik seoptimal mungkin
Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan rakyat. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat. Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatannya.

1. Kewajiban terhadap Sumber Energi
Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi. Setiap aktivitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh kepada alam.

Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik. Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya.
  2. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
  3. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi.
  4. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air.
  5. Menggunakan energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbarui. 
Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.

2. Hak Memanfaatkan Sumber Energi
Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.

Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.

Ayo Berdiskusi!
Bersama temanmu, coba identifikasikanlah perbuatan orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari.

Perilaku Orang-Orang di Sekitarku
Contoh Boros Energi
Contoh Hemat Energi
Menghidupkan lampu pada siang hari. Mematikan lampu pada siang hari.
Tidak mematikan kran walaupun sudah tidak dipakai. Mematikan kran air saat tidak dipakai.
Menonton televisi sepanjang hari. Membatasi jam menonton televisi.
Kewajiban kita sebagai manusia tidak hanya pada sumber daya alam. Namun, juga terhadap lingkungan alam secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan manusia dan lingkungan memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Ayo Membaca!

Manusia dan Lingkungan
Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia karena manusia tergantung kepada lingkungan. Manusia membutuhkan lingkungan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Artinya, lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan mak luk hidup lainnya.
Oleh karena itu, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada lingkungan. Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab.

Hidup yang selaras dengan alam dapat dimulai dari diri sendiri. Kita harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, rajin berolahraga, dan selalu memeriksa keadaan mesin kendaraan agar tidak menghasilkan banyak asap kotor. Selain itu, kita harus meningkatkan kreativitas dengan mendaur ulang barang-barang sudah tidak terpakai agar tidak mencemari lingkungan.

Sudahkah kalian berbuat demikian? Jika sudah, kembangkan dan tingkatkanlah terus. Namun jika belum, mulailah melakukan dari sekarang. Jika kita cinta dan bersahabat dengan alam, alam akan cinta dan bersahabat dengan kita. Namun sebaliknya, jika kita merusak alam, alam akan marah dengan menumpahkan segala bencana pada kita. Hidup yang selaras dengan alam dapat membawa dampak positif bagi umat manusia.

Ayo Berlatih!
Kamu telah membaca bacaan “Manusia dan Lingkungan”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut.

Manusia dan Lingkungan
Lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Apa maksudnya?
Sikap apa yang seharusnya dilakukan manusia terhadap lingkungan?
Maksudnya adalah bahwa lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan mak luk hidup lainnya. Manusia harus senantiasa berbuat baik kepada lingkungan. Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab.
Mengapa manusia harus baik terhadap lingkungan?
Karena lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia dan manusia sangat berrgantung kepada lingkungan. Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab. 
Lingkungan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagai warga negara yang baik, masyarakat harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hal ini merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan kewajiban kita sebagai warga negara.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments