Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 4

Kebutuhan manusia dikategorikan dalam beberapa macam yakni kebutuhan berdasarkan tingkat kepetingannya, berdasarkan sifatnya, berdasarkan waktunya dan yang terakhir berdasarkan subjeknya. Pengertian kebutuhan sendiri adalah keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani dan rohani untuk kelangsungan hidupnya. Berdasarkan tingkat kepentingannya, kebutuhan manusia dibagi dalam 3 jenis. yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan mutlak yang harsus dipenuhi oleh seseroang untuk mempertahankan kelangsungan hidunya, contohnya; sandang, pangan, papan, kesehatan dan pendidikan. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan tambahan yang bisa dipenuhi jika kebutuhan primer telah terpenuhi, contohnya; alat elektronik, meubelair seperti meja, kursi, dll. Kebutuhan tersier merupakan sebuah kebutuhan mewah yang biasanya hanya dipenuhi oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki kelas sosial tinggi, contohnya; mobil mewah, traveling, gadget yang mahal dan lain-lain.

Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Misalnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam
Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.

Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi merupakan salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.

Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikan nya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan seharihari.
  1. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.
  2. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
  3. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.
  4. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air.
  5. Menggunakan energi alternatif.
2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya.

Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh emanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Ayo Berlatih!
Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari.
Perilaku Orang-Orang di Sekitarku
Contoh perilaku yang bertanggung
jawab dalam memanfaatkan
sumber daya alam
Contoh perilaku yang tidak
bertanggung jawab dalam
memanfaatkan sumber daya alam
Mengambil hasil hutan sesuai keperluan Menebang pohon secara sembarangan
Menerapkan sistem tebang pilih saat memanfaatkan kayu di hutan Menyalakan lampu pada siang hari
Melakukan penanaman kembali pohon pohon di hutan Membuarkan keran air terbuka saat tidak digunakan
Memakai air sehemat mungkin Membuang sampah/limbah ke sungai
Memakai bahan bakar fosil sehemat mungkin Penggunaan bom ikan untuk menangkap ikan
Menggunakan listrik sehemat mungkin Memburu hewan langka yang dilindungi
Sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, baik yang langsung bisa dimanfaatkan maupun yang masih harus diolah terlebih dahulu sangat besar manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Ayo Membaca!
Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia
Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak bisa terbayang seandainya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau. terjadi?
Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Proses pengolahan minyak bumi dilakukan secara bertahap dan bertingkat. Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak residu seperti bensin, solar, bensol, oli, dan minyak tanah. Beberapa bahan bakar ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia. Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik. Hasil lain dari pengolahan minyak bumi ternyata juga masih bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer. Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis indutri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak bumi adalah industri plastik.

Jika kamu pergi ke dapur, ternyata banyak juga peralatan yang memanfaatkan minyak bumi. Alat-alat dapur seperti kulkas, kunci pintu, oven, kursi, dan meja ternyata juga menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya. Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas maupun produk sampingan yang digunakan untuk mengolah alumunium, besi atau baja.

Ayo Berlatih!
Berdasarkan bacaan di atas, coba kamu sebutkan gagasan pokok dan pendukung tiap paragrafnya;
Paragraf 1
Gagasan PokokGagasan Pendukung
Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak.
Paragraf 2
Gagasan PokokGagasan Pendukung
Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam.
Paragraf 3
Gagasan PokokGagasan Pendukung
Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak residu seperti bensin, solar, bensol, oli, dan minyak tanah. Beberapa bahan bakar ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.
Paragraf 4
Gagasan PokokGagasan Pendukung
Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia. Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik.
Paragraf 5
Gagasan PokokGagasan Pendukung
Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer. Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis indutri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak bumi adalah industri plastik.
Paragraf 6
Gagasan PokokGagasan Pendukung
Ada banyak juga peralatan yang memanfaatkan minyak bumi. Alat-alat dapur seperti kulkas, kunci pintu, oven, kursi, dan meja ternyata juga menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya.
Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas maupun produk sampingan yang digunakan untuk mengolah alumunium, besi atau baja.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments