Bentuk Pelaksanaan Kewajiban Masyarakat Terhadap Lingkungan

Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan masyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit.

Alam memiliki kemampuan untuk memberikan kehidupan bagi pendudud dunia.Kemampuan (potensi) yang ada pada alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia atau natural resources bumi dengan segala isinya yang terkandung didalamnya disebut pula dengan alam dunia. Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan. Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
  • Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
  • Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
  • Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
  • Mengelola sampah dengan baik.
2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan
Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
  • Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
  • Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
  • Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
  • Menyediakan tempat pembuangan sampah.
Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Hidup aman terhindar dari bencana alam.
  • Hasil alam yang melimpah.
  • Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
  • Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam.
  • Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.
Ayo Mengamati!
Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan. Tuliskan pada tabel berikut.
Usaha MasyarakatManfaat
Membuang sampah pada tempatnya Lingkungan menjadi bersih, terhindar dari penyakit
Melakukan penghijauan Udara menjadi bersih dan segar, dan menjaga kualitas air tanah
Kerja bakti secara rutin di lingkungan Lingkungan menjadi bersih dan indah, terhindar dari bencana alam
Tidak membuang sampah di sungai Mencegah banjir karena tersumbatnya saluran air
Tidak merusak alam Alam terjaga kelestarian dan keindahannya
Salah satu contoh kewajiban kita terhadap lingkungan sebagai masyarakat adalah melaksanakan kerja bakti. Ketja bakti membersihkan lingkungan banyak jenisnya seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal, melakukan reboisasi, dan membersihkan saluran air dan sungai.

Ayo Membaca!
Kerja Bakti di Hari Minggu, Bentuk Pelaksanaan Kewajiban 
Masyarakat Terhadap Lingkungan

Kegiatan kerja bakti di hari Minggu telah menjadi budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Kerja bakti ini dilakukan secara sadar oleh masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut lingkungan.

Banyak kegiatan dalam kerja bakti seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menyapu, mencabut rumput liar, menebang dahan pohon yang mengganggu, membersihkan got dan saluran air, serta membersihkan sampah. Masyarakat sadar, dengan kerja bakti akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi bersih dan asri. Hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat hidup dengan nyaman, aman, dan sehat.

Kerja bakti merupakan contoh kegiatan manusia yang selaras dengan lingkungan. Masyarakat melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, maka akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakatnya itu sendiri. Masyarakat akan terhindar dari bencana alam.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments