Air dan Listrik, Kelas 4, Tema 9, Subtema 1, Pembelajaran 1

Kita harus banyak bersyukur hidup di bumi Indonesia. Bangsa yang dikaruniai sumber daya. Salah satunya sumber daya energi. Mulai dari minyak, gas, sampai yang bukan minyak. Malam ini lingkungan tempat tinggal Beni gelap gulita. Hujan sejak sore disertai angin kencang dan petir. Petir menyambar gardu listrik di dekat rumah Beni. Akibatnya, saluran listrik di lingkungan tempat tinggal Beni terputus.

Beni : Ayah, masih lama tidak ya mati lampunya?
Ayah Beni : Masih menunggu perbaikan gardu listrik, Beni.
Beni : Oh begitu. Dari manakah suplai listrik di rumah kita ini, ayah?
Ayah Beni : Suplai listrik rumah kita ini berasal dari gardu induk di Semarang.
Beni : Wah, jauh sekali.
Ayah Beni : Benar Beni, listrik termasuk sumber energi. Sumber-sumber energi yang dapat menghasilkan listrik contohnya tenaga air, uap, panas bumi, atau nuklir. Sumber-sumber energi tersebut diubah menjadi tenaga listrik di sebuah pembangkit listrik. Sumber energi listrik tersebut akan habis. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bijak menggunakannya.

Ayo Mengamati!
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Ayo kita cari tahu bagaimana listrik dihasilkan dan manfaatnya bagi kehidupan kita.

Amatilah gambar berikut.
Ayo Membaca!

Air dan Listrik
Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang ada di bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?
Jawab;
Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?
Jawab;
Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air.

Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Ayo Berlatih!
Perhatikan lampu yang ada di rumahmu!
Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan?
Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini!

Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas. Tuliskan peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.
NoNama PeralatanKegunaan
1. Kipas anginNntuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi
(exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen
penghasil panas).
2. TelevisiSarana hiburan dan informasi
3. LaptopBekerja
4. PCBekerja
5. Magic com/MejikomMenanak/memasak nasi
6. BlenderMenghaluskan bumbu

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Lingkungan
Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber peng hidupan nya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Ayo Berlatih!
Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut?
Apakah lingkungan?
Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.

Ada berapa jenis lingkungan? Sebutkan!
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup, lingkungan abiotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.

Apa saja fungsi lingkungan bagi manusia?
Fungsi lingkungan: sebagai tempat hidup dan mencari makan, tempat berlangsungnya. aktivitas manusia, dan sebagai tempat tinggal (habitat).

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia?
Lingkungan bisa memengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.

Ayo Berdiskusi!
Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

No.Manfaat Lingkungan
1. Tempat untuk bertahan hidup
2. Tempat untuk bersosialisasi dengan yang lain.
3. Tempat untuk mendapatkan kesenangan atau hiburan.
4. Sebagai tempat edukasi atau pendidikan.
5. Sebagai tempat kita dalam beraktivitas.
6. Menyediakan sumber-sumber kehidupan bagi makhluk.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments