Terapi Jus Apel Untuk Kesehatan

Pola hidup sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan. Hidup sehat dapat ditempuh dengan berbagai cara seperti dengan makanan sehat, mengkonsumsi sayuran segar, berolahraga, atau melakukan yoga.

Ditengah perkembangan zaman dan teknologi saat ini dimana kita dituntut untuk serba cepat, kita juga dibiasakan hidup dengan sesuatu yang instant termasuk dalam hal makanan. Perlu diketahui bahwa makanan instant yang didalamnya terdapat banyak sekali zat seperti zat pewarna, pengawet dan lemak yang tinggi sangat merugikan kesehatan. Jika kita mengkonsumsi makanan instant secara terus menerus maka dampaknya adalah penyakit seperti diabetes, stroke, jantung koroner, obesitas hingga kanker. Selain itu, serangan radikal bebas juga akan kita terima jika tetap mengkonsumsi makanan instant ini. Oleh karena itu kita perlu mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan kaya serat, vitamin, dan mineral esensial seperti buah dan sayuran. Buah dan sayuran menjadi alternatif bagi kita untuk menekan laju radikal bebas pada tubuh. Dengan kandungan yang ada pada buah dan sayuran seperti antioksidan dipercaya mampu mengamankan sel tubuh dari penyakit. Buah juga akan mengantarkan lebih banyak vitamin, sedangkan sayuran lebih banyak mineral untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar setiap hari diyakini akan membantu kesehatan tubuh kita.

Salah satu buah yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita adalah apel. Apel atau dengan nama latin Malus syvertris famili Roseceae mengandung banyak nutrisi yaitu vitamin A, mineral, kalsium, kalium, pectin, serat dan enzim-enzim yang berfungsi sebagai pelarut empedu dan stimulant hati.

Buah apel memiliki 3 (tiga) varietas untuk dikonsumsi yaitu Rome Beauty (buahnya bulat dan berwarna kemerahan, Manalagi (buahnya bulat berwarna kekuningan), dan Princess Noble (buahnya bulat dengan ujung papak berwarna hijau) atau kita kenal dengan nama apel malang. Apel di Indonesia merupakan varietas yang berasal dari Australia dan Eropa yang kemudian dikembangkan di tanah air. 

Apel mempunyai beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh kita, dengan melakukan terapi jus apel maka kita dapat merasakan manfaatnya yaitu;
  1. Mengendalikan dan menstabilkan berat badan. Apel sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Bahkan sekarang dikenal dengan istilah puasa jus apel. Apel yang membantu penurunan berat badan adalah apel hijau. Dengan mengkonsumsi buah apel dipercaya akan mengurangi nafsu makan sehingga dapat menurunkan berat badan dengan sehat tanpa resiko.
  2. Membantu menunda proses penuaan. Dengan kandungan vitamin yang dimiliki, buah apel dapat membantu proses penuaan karena mampu menutrisi kulit. Selain itu apel juga mampu menghaluskan kulit.
  3. Melawan radang sendi (Arthritis)
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Menurunkan tekanan darah
  6. Menstabilkan gula darah
  7. Anti kanker
  8. Obat untuk penyakit jantung
  9. Memperbaiki otot pencernaan pada saluran pembuangan
  10. Mengatasi sembelit dan diare
Cara Membuat Jus Apel

1. Bahan
  • 200 g Apel masak pohon
  • 100 ml air hangat
  • 2 sdm jeruk nipis
  • 2 sdm madu
Semua bahan dimasukan kedalam blender.

Jus Kombinasi Apel
Berikut adalah jus kombinasi antara apel, timun, sledri, wortel dan pare yang memiliki khasiat tersendiri.

Jus kombinasi Wortel + Jahe + Apel dipercya berkhasiat membersihkan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Cara membuat Jus Apel kombinasi ini yaitu;

1. Siapkan bahan
  • 200 gr Apel masak (1 buah apel)
  • 125 ml sari jahe
  • 1 ons irisan jahe
  • 1 buah wortel
  • air hangat 100 ml
Semua bahan tersebut dimasukan kedalam blender, haluskan. Minum setiap pagi.

2. Jus Kombinasi Apel + Timun + Seledri. Berkhasiat untuk mencegah kanker, sakit kepala, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan pencernaan.

Cara membuat;

1. Bahan
1 buah apel hijau
  • 1 buah timun
  • 2 batang seledri atau 3 sendok makan irisan seledri
  • 100 ml air
Setelah bahan siap, masukkan kedalam blender, blender sampai halus.

3. Jus kombinasi Tomat + Wortel + Apel. Berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan pernapasan. Cara membuat jus kombinasi ini yaitu;

Siapkan bahan:
1 buah apel hijau
1 buah tomat merah segar
1 buah wortel
100 ml air
Semua bahan dimasukkan kedalam blender, blender hingga halus kemudian jika diperlukan tambahkan madu atau gula sesuai selera.

4. Jus kombinasi Pare + Apel + Susu. Berkhasiat menghindari gangguan pernapasan dan mengurangi panas dalam.

Cara membuat jus kombinasi Pare + Apel + Susu.
  • 1 buah apel hijau
  • ¹/₂ pare hijau
  • 100 ml air susu segar (susu murni lebih baik)
Masukkan semua bahan kedalam blender. Jus kombinasi ini baik diminum tiap pagi.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments