Teknologi Hijau di Era Globalisasi, Kelas 6, Tema 4, Subtema 3, Pembelajaran 3

Hari ini siswa kelas 6 akan melanjutkan pelajaran pencak silat. Sambil menunggu jam pelajaran mulai, mereka berdiskusi tentang kejuaraan pencak silat yang diselenggarakan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah pada tahun 2010 yang dihadiri sekitar 30 negara. Itu bukti bahwa pencak silat sudah mendunia. Dalam pencak silat, serangan dapat juga dilakukan dengan menggunakan kaki. Serangan kaki lebih dikenal dengan tendangan. Berikut adalah uraian teknik dasar tendangan:

a) Tendangan lurus, yaitu tendangan yang menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Bagian kaki yang kena saat menendang adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki. Posisi badan menghadap ke sasaran.

b) Tendangan tusuk hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun perkenaannya adalah ujung jari-jari kaki.

c) Tendangan jejak disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya mendorong ke sasaran dada dengan perkenaan telapak kaki penuh.

d) Tendangan T hampir sama dengan tendangan lurus, yakni menggunakan sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke depan dan perkenaannya pada tumit, telapak kaki, dan sisi luar telapak kaki. Tendangan ini biasanya digunakan untuk serangan samping dengan sasaran seluruh bagian tubuh.
  • Tendangan celorong hampir sama dengan tendangan T, tapi dilakukan sambil merebahkan badan.
  • Tendangan kepret dilakukan ke arah depan dan samping dengan kenaan punggung kaki.

e) Tendangan belakang dilakukan dengan menggunakan sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke belakang tubuh dan membelakangi lawan. Tendangan ini bisa dilakukan dengan atau tanpa melihat sasaran. Sasarannya, yaitu seluruh bagian tubuh.

f) Tendangan kuda dilakukan dengan menggunakan dua kaki dalam posisi menutup atau membuka. Lintasannya lurus ke belakang dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

g) Tendangan taji dilakukan dengan menggunakan sebelah kaki dan tungkai dengan kenaan tumit. Lintasannya ke arah belakang.

h) Tendangan sabit dilakukan dalam lintasan setengah lingkaran. Perkenaannya, yaitu bagian punggung telapak kaki atau pangkal jari telapak kaki dengan sasaran seluruh bagian tubuh
Ayo Bekerja Sama!
Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia.

Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia. Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh karena itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

Teknologi Hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tenaga surya yang berlimpah.

Temukan Jawabannya!
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
1. Apa pokok pikiran dari bacaan di atas?
Jawab:
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia.

2. Mengapa masalah lingkungan menjadi pembicaraan dewasa ini?
Jawab:
Karena disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan.

3. Apa fakta yang terjadi dengan lingkungan?
Jawab;
Bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk.

4. Apa yang dimaksud dengan teknologi hijau?
Jawab:
Teknologi hijau adalah teknologi yang ramah lingkungan.

5. Tulis kesimpulanmu menggunakan 4 kalimat.
Jawab:
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Teknologi Hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan lingkungan. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Ayo Amati!
Amati cara kerja panel listrik tenaga surya berikut.
Diskusikan cara kerja panel listrik tersebut secara berpasangan.

Cara Kerja Panel Listrik Tenaga Surya
Sinar matahari mengenai solar panel atau panel surya, setela itu menuju kedalam solar charg controller, arus disini masih dalam keadaan DC (searah). Lalu dialirkan ke baterai, disini masuk kedalam inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC (bolak-balik) lalu dapat dimanfaatkan untuk berbagai alat-alat elektronik seperti televisi, radio, dan alat penerangan atau lampu.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments