Sudah Siap Mudik Tahun Ini? Pilih Tipe Mobil yang Tepat Agar Perjalanan Mudik Dilewati Dengan Nyaman.

Bulan Juni nanti umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Kita lebih sering menyebutnya dengan istilah lebaran. Ada tradisi yang menurut saya hanya ada di Indoensia saat hari raya ini yaitu mudik alias pulang kampung untuk bersilaturahim dengan orang tua, saudara, atau keluarga.

Pada arus mudik lebaran alat transportasi yang paling sering mendominasi adalah kendaraan pribadi/mobil. Dipilihnya alat transportasi ini adalah karena alasan kenyamanan. Pengalaman saat mudik juga akan terasa lebih berkesan jika kita menggunakan mobil pribadi dibandingkan memakai kendaraan umum. Kita bisa beristirahat kapan saja, dan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata sesuka hati. Persiapan yang matang mutlak diperlukan untuk mempersiapkan kegiatan Lebaran berjalan lancar, salah satunya adalah kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Pemilihan mobil yang cocok untuk perjalanan jarak jauh merupakan hal yang sangat penting agar perjalanan mudik dapat berjalan secara nyaman dan aman. Nah, yang perlu diperhatikan juga adalah pemilihan tipe kendaraan yang akan digunakan untuk mudik bersama keluarga ke kampung halaman.
Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah pilihan yang saya pikir tepat. Alasannya tentu akomodasinya. Mobil MPV mampu mengangkut banyak penumpang yaitu 5-7 orang dewasa. Untuk keluarga kecil dengan 2 orang anak sepertinya akan sangat lega mudik dengan MPV ini. Selain itu ruang bagasinya juga luas. Kita bisa membawa barang lebih banyak karena MPV memang didesain dengan bagasi yang luas.

Kemudian yang ketiga yang tidak kalah penting kenapa kita memilih MPV untuk mudik adalah harganya yang bisa dibilang terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Jika dibandingkan dengan jenis mobil yang lain jenis SUV misalnya, harganya tentu akan lebih mahal. Untuk LMPV dihargai sekitar Rp 190 jutaan dan MPV dihargai sekitar Rp 300 juta hingga Rp 400 jutaan. Konsumsi bahan bakar mobil jenis MPV bisa dibilang cukup irit. Misal Daihatsu New Xenia. Untuk pemakaian bahan bakar, New Xenia dapat dikategorikan sebagai kendaraan yang hemat bahan bakar, mobil ini dapat digunakan pada jarak 13 kilometer di luar perkotaan dan 9,15 km didalam perkotaan hanya dengan 1 liter bahan bakar. Untuk masalah harga, mobil ini di banderol dengan kisaran harga 155 juta rupiah.

Kita juga bisa menjatuhkan pilihan pada Toyota Avanza yang dapat menempuh jarak 13 kilomter hanya dengan 1 liter bahan bakar. Untuk harga, mobil MPV terbaru avanza ini dibanderol dengan harga Rp. 184 juta. Suzuki Ertiga (14km/liter), Nissan Grand Livina (18km/liter), Toyota Sienta (20,2km/liter), dan Honda Mobilio (26,7km/liter).

Kesimpulannya, mudik lebaran dengan MPV lebih nyaman dari terutama dari segi akomodasinya. Kita juga bisa mengajak keluarga lain di kampung untuk sekedar pergi jalan-jalan saat libur lebaran. Oiya, satu lagi. Ini yang terpenting yaitu tentang keselamatan. Pemilihan mobil untuk mudik perlu juga dipikirkan tentang fitur keselamatan yang ada di mobil yang kita gunakan.

Resiko terjadinya kecelakaan berlipat ganda saat arus mudik berlangsung, karena ribuan kendaraan tumbah ruang dijalan raya, sehingga sering terjadi kemacetan dan kecelakaan. Untuk itulah kita wajib mempertimbangkan untuk membeli mobil keluarga yang memiliki fitur Airbag ataupun dilengkapi sistem pengereman ABS. Kedua fitur tersebut menjadi syarat wajib untuk meningkatkan keselamatan berkendara, karena mampu menegah kecelakaan dan mengurangi resiko cidera apabila terjadi hal yang tak diinginkan.

Kita tidak perlu pusing untuk memilih mobil keluarga terbaik di Indonesia. Ada banyak mobil keluarga yang menawarkan fitur keamanan yang disebutkan diatas, harganya juga bervariasi, tergantung dari merek mobil dan fitur yang ada didalamnya. Semakin lengkap fitur yang dimilikinya, tentu semakin mahal harganya. Namun uang yang dikeluarkan tentu akan sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan apabila membeli mobil tersebut.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments