Solusi Makanan Sehat, Kelas 5, Tema 3, Subtema 1, Pembelajaran 3

Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.
Bacalah percakapan berikut;
Siti, Udin, dan Lani masih membicarakan sistem pencernaan manusia. Mereka senang membicarakan tentang proses pencernaan yang berlangsung di dalam tubuh.
Siti : “Bekal apa yang kamu bawa hari ini, Din?”
Udin : “Tenang Siti, hari ini aku membawa makanan sehat, lho. Aku membawa nasi dengan tumis sayur dan telur.”
Siti : “Wah, kedengarannya enak, Din.”
Lani : “Iya, enak dan sehat. Nah, sekarang aku mau tanya, apa ada yang masih ingat organ pencernaan manusia?”
Udin : “Masih! Makanan dikunyah di dalam mulut dengan gigi, kemudian...”
Siti : “Makanan meluncur masuk ke kerongkongan untuk kemudian masuk ke lambung.”
Lani : “Dari lambung, makanan diubah menjadi bubur makanan yang kemudian diserap oleh apa?”
Udin : “Usus halus! Usus halus akan menyerap semua sari-sari makanan, Lan.”
Siti : “Selanjutnya, makanan yang tidak dapat dicerna bergerak menuju usus besar.”
Udin : “Aku lupa. Apa yang terjadi saat makanan berada di usus besar, ya?”
Lani : “Usus besar menyerap air yang terdapat dalam bubur makanan
dan menjadi tempat terjadinya proses pembusukan makanan, Din. Kemudian makanan yang sudah melalui semua proses tersebut masuk ke anus untuk kemudian dibuang.”
Siti : “Jangan lupa, makan makanan yang sehat ya, teman-teman, agar kesehatan organ pencernaan kita tetap terjaga!”

Dalam pemenuhan makanan, manusia tidak dapat bekerja sendiri. Contohnya, dalam budidaya padi, manusia melakukan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan hidup. Proses apa saja yang terjadi? Siapa saja yang terlibat dalam proses tersebut? Apakah dalam proses tersebut manusia berinteraksi dengan lingkungannya? Bagaimana dengan lingkungan sosialnya? Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya. Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Ayo Berlatih!
- Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi.
Interaksi sosial yang terdapat pada lahan pertanian padi yaitu antar petani yang satu dengan petani yang lain bercakap-cakap misal tentang pengendalian hama padi, atau bisa juga antar petani dengan penjual benih, atau penjual pupuk. Kemudian interaksi dengan lingkungan alam adalah ketika petani membajak lahan garapannya atau menjaga kesuburannya.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2010, konsumsi beras masyarakat Indonesia mencapai 100 kilogram per kapita per tahun. Ketersediaan beras di Tanah Air pada masa mendatang tidak sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk. Untuk mengurangi ketergantungan itu, perlu ada perubahan konsep dan kebiasaan makan masyarakat. Misalnya, mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan jenis lain. Salah satu cara yang belakangan dikampanyekan pemerintah adalah tidak memakan nasi selama satu hari. Kebiasaan ini, misalnya, dilakukan satu hari dalam sepekan. Sebagai pengganti, selama sehari itu, warga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti jagung, ubi, singkong, talas, kentang, dan sagu.

Sumber: http://gaya.tempo.co/read/news/2012/10/31/060438718/ada-banyak-pilihan-pengganti-nasi

Ayo Mengamati!
Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, berikut adalah sebuah iklan tentang singkong sebagai pengganti nasi.
Amatilah iklan di bawah ini dengan saksama!
Masih ingatkah kamu dengan unsur-unsur dalam sebuah iklan?
Unsur - Unsur Iklan diantaranya;
  1. Attention ( perhatian ). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Interest ( minat ). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  3. Desire ( keinginan ). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  4. Conviction ( rasa percaya ). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Action ( tindakan ). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
Coba kamu identifikasi unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.

Kalimat iklan:
Dari segi kalimat, iklan tersebut sudah cukup baik karena mengandung unsur conviction atau rasa percaya dengan ditunjang pembuktian melalui data yang menjelaskan kandungan dalam 100 gr singkong.

Kata kunci:
Kata kunci pada iklan diatas yaitu "Kandungan SIngkong Per 100 gram"

Observasi gambar:
Gambar iklan juga sudah mengandung unsur attention atau perhatian karena dibuat menarik.

Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibuat semenarik mungkin dan seefektif mungkin. Iklan memiliki peranan yang sangat penting dalamm memasarkan produk agar dapat di kenal oleh masyarakat. Sehingga sangat penting bagi produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya.

Bagian-bagian Iklan
  1. Headline Headline merupakan kepala iklan, biasanya headline merupakanrangkaian kalimat atau kata-kata pendek, dan seringkali berupa slogan. Ciri-ciri headline antara lain :tulisan menonjol, mumnya kalimat pendek, bahkan satu kata saja, berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian masyarakat
  2. Subjudul. Sub Judul merupakan bagian dari iklan yang bertugas untuk menjabarkan lebih jauh pesan yang terdapat dalam judul. Ciri-ciri subjudul antara lain sebagai berikut : uruf lebih kecil dari headline , terkadang di tulis dengan warna yang berbeda , huruf tebal dan warna yang berbeda. letak sub headline berdekatan dengan headline.
  3. Teks iklan Isi iklan atau naskah iklan yang dicetak dengan menggunakan jenis huruf yang lebih kecil daripada baris display. 
  4. Harga. Orang biasanya sangat peka terhadap harga, dan mungkin akan dijengkelkan oleh suatu iklan yang tidak mencantumkan, paling tidak mencantumkan harga yang terendah. 
  5. Nama dan alamat Mungkin saja sudah cukup hanya dengan menyebutkan nama produk atau perusahaan pada iklan tersebut, didukung dengan logo, tetapi pengiklam lain ada yang mencantumkan alamat dan nama mereka dengan jelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pembaca dapat mengenali mereka dengan jelas. 
  6. Signature slogan atau strapline Ini adalah baris kalimat penutup, dan hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra perusahaan

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments