Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional, Kelas 5, Tema 3, Subtema 3, Pembelajaran 4

Para petani memiliki beraneka ragam keahlian. Ada yang memiliki sawah, kebun singkong, kebun jagung, dan lain-lain. Pada pembahasan sebelumnya di Pembelajaran 3 tentang Perkumpulan Petani Pemakai Air, ada para petani yang memanfaatkan sistem irigasi ini bernaung dalam satu wadah organisasi yaitu P3A yang bertujuan agar mereka dapat saling membantu satu sama lain. Berikut adalah artikel tentang sebuah organisasi budaya yang mewadahi bakat seni kaum remaja di masyarakat lingkungan sekitar.

Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional_ Sanggar tari merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas seni warga masyarakat, khususnya dalam hal seni tari. Di sinilah tempat berkumpul mereka yang ingin mengenal lebih dekat tentang tarian tradisional khas daerah mereka. Sanggar tari juga tempat berkumpul para penari di daerah sekitar yang ingin memajukan dan melestarikan budaya daerah mereka. Salah satu sanggar tari yang aktif dalam melestarikan tarian tradisional daerah mereka adalah Sanggar Tari Kambang Tigarun dari Kalimantan Selatan. Sanggar tari ini memiliki misi menumbuhkan dan memupuk cinta budaya nusantara khususnya daerah Kalimantan Selatan sehingga tetap lestari. Sanggar tari ini juga menciptakan berbagai kegiatan seni di lingkungan sendiri yang kelak dapat maju hingga ke jenjang internasional sehingga dapat mengharumkan nama bangsa.

Sanggar Tari Kambang Tigarun ini tidak membatasi anggotanya. Semua dapat menjadi anggota, baik itu mereka yang baru masuk ke dunia seni tari ataupun mereka yang memang sudah lama berkecimpung di dunia tari. Hal ini tetap mengacu pada tujuan didirikannya sanggar ini yakni mewadahi para muda-mudi Kalimantan Selatan untuk menyalurkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang seni tari.
Sumber: http://kambangtigarun-kasela.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-sanggar-tari-kambang tigarun.html
Sanggar tari merupakan contoh sebuah pembangunan sosial budaya. Berlandaskan pada keberagaman yang terdapat di dalam keanggotaan organisasi, sanggar tari ini pun menjalani kiprahnya sebagai sebuah wadah bagi para pemuda dan pemudi Kalimantan Selatan untuk secara positif mengembangkan bakat dan kemampuan diri.

Tampaknya, keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan nasional. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?
Pendapatku tentang pernyataan “ Keragaman Sosial Budaya menjadi Modal Pembangunan Nasional”

Unsur-unsur budaya meliputi Bahasa, adat istiadat, pakaian, teknologi, seni, agama, politik, dan pendidikan. Keragaman atau kekayaan sosial budaya yang dimiliki oleh suatu bangsa disebut pula modal sosial (modal masyarakat). Dan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya dengan budaya yang berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Keragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa ini merupakan modal yang sangat penting yang harus bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung proses pembangunan nasional.

Dengan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki, kita bisa belajar untuk saling menghargai dan bertoleransi dengan yang lain. Dengan adanya toleransi maka akan menghidari adanya perpecahan sehingga persatuan dan kesatuan akan terjaga dengan baik. Dua hal inilah yang menjadi modal penting dalam pembangunan nasional.

Manfaat Keragaman Sosial Budaya
  1. Menarik minat para wisatawan asing dan dalam negeri untuk berkunjung
  2. Mempererat rasa persatuan dan kesatuan
  3. Memperkaya budaya bangsa
  4. Memperluas wawasan masyarakat tentang keanekaragaman sosial budaya
  5. Meningkatkan ketertarikan wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi Indonesia.
Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard. Storyboard berbentuk sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Dengan bantuan storyboard, kita dapat menyampaikan ide cerita dengan mudah kepada orang lain. Hal ini sangat penting agar setiap pihak yang berperan dalam pembuatan iklan memiliki pengertian yang sama dengan apa yang kita hendaki.

Simak percakapan Lani dan Siti berikut;
Lani : “Menyatukan berbagai keahlian memang sangat menarik. Bayangkan bagaimana jika tidak ada keberagaman di dunia ini ya Siti?”

Siti : “Betul sekali Lani. Namun, menyatukan berbagai keahlian perlu konsentrasi yang tinggi loh. Misalnya, bermain dalam sebuah band, masing-masing anggota harus mampu berkonsentrasi agar
menghasilkan nada yang harmonis.”

Lani : “Betul sekali kamu Siti. Manusia mampu berkonsentrasi apabila kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya cukup, bukan?”

Siti : “Ya, betul sekali. Sesibuk apapun kita, harus menyempatkan diri untuk makan dan minum yang cukup. Dan jangan lupa pula, istirahat yang cukup. Pembicaraan ini mengingatkan saya tentang fungsi sistem pencernaan kita ya Lani.”

Tubuh manusia memerlukan asupan air putih yang cukup. Kurangnya asupan air putih dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif
  2. Menurunkan konsentrasi
  3. Menyebabkan halusinasi
  4. Menyebabkan infeksi kandung kemih
  5. Membuat kulit kusam
  6. Mengganggu fungsi ginjal
Bersama dengan teman sebangkumu buatlah sebuah ringkasan yang dilengkapi dengan gambar tentang dampak kurangnya asupan air putih bagi kesehatan tubuh. Bacakan dan jelaskan kesimpulanmu di depan kelas.

Kekurangan cairan tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Yang pertama kita rasakan ketika kurang minum adalah rasa haus. Jika kita tidak segera minum maka dampak buruk terhadap kesehatan akan segera muncul, diantaranya;

1. Kulit menjadi kering
Minum cukup air sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. 

2. Menurunnya Konsentrasi
Bagi pelajar, konsentrasi sangat diperlukan saat kegiatan pembelajaran. Tidak hanya pembelajaran didalam kelas tetapi juga di luar kelas seperti saat berolahraga. Saat berolahraga sebaiknya banyak minum air putih. 

3. Kelelahan
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Luga Podesta mengungkapkan, dehidrasi bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, denyut jantung meningkat, dan memperlambat aliran darah ke otak. Kurang air juga membuat otot melemah sehingga saat melakukan aktivitas akan terasa melelahkan.

4. Sakit kepala
Dampak buruk dari dehidrasi bahkan bisa menyebabkan sakit kepala. ketika sakit kepala cobalah minum dua gelas air putih dan makan buah yang mengandung tinggi air. 

5. Konstipasi
Konstipasi adalah masalah susah buang air besar. Ini bisa timbul karena seseorang kurang mengkonsumsi air. Air dibutuhkan untuk melancarkan pergerakan di usus, jika kurang air, tubuh akan menarik cairan dari tinja sehingga menjadi sulit dikeluarkan. Penyebab sembelit ini selain kekurang air juga karena kurang mengkonsumsi serat.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments