Plus Minus Oppo A83

Gencarnya pemasaran yang dilakukan menjadikan produk HP Oppo saat ini sudah sangat dikenal masyarakat luas. Dan di tahun 2018 ini salah satu produknya di kelas low-end yaitu Oppo A83 menjadi incaran.

Dibanderol dengan harga dibawah 3 jutaan sebenarnya Oppo A83 layak masuk di jajaran HP kelas menengah. Dengan kisaran harga yang demikian spesifikasi yang ditawarkan pun tergolong cukup menarik. Sebagai penerus Oppo F5, ada spesifikasi yang diwariskan dari kakak kandungnya itu (F5) walaupun memang ada pemangkasan tetapi ternya A83 tetap memiliki nilai plus (+) yang menarik untuk dilirik. Bagi para gamers, kabar baiknya adalah Oppo A83 memiliki daya tahan baterai yang mumpuni. Walaupun tidak sebaik F5 tetapi hasil jepretan untuk selfienya tidak mengecewakan dan ini bisa diobati dengan kamera belakangnya yang memuaskan. Diluar itu jika ditemukan kekurangan disana-sini tentu bisa dimaklumi mengingat HP ini memang kelas low-end.

Spesifikasi OPPO A83
Rilis: Januari, 2018
Layar:  IPS LCD 5,7 inches
Resolusi Layar:  720 x 1440 pixels, 18:9 ratio
Chipset:  Mediatek MT6763T Helio P23
CPU:  Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPU:  Mali-G71 MP2
Memori Internal:  32 GB, 3 GB RAM  or 4 GB RAM (China only)
Memori Eksternal:  microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang:  13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
Kamera Depan:  8 MP, f/2.2
Baterai:  Non-removable Li-Ion 3180 mAh battery

Perbedaan yang signifikan dari layar A83 ini dibanding kakak kandungnya Oppo F5 yaitu spesifikasi layar. A83 memiliki layar lebih kecil dengan resolusi yang juga lebih kecil yaitu hanya 5.7 inci dengan rasio 18:9 HD+ alias 720 x 1440 px. Bisa dikatakan layar 5.7 inch HD+ ini tampilan visualnya tidak begitu tajam. Walaupun demikian A83 ini memiliki bezel samping yang ramping. Selain itu, layarnya memiliki kecerahan yang sangat baik dan warna yang lebih hidup walaupun bukan terbaik di kelasnya. Ya... intinya bahwa layar Oppo A83 masih tergolong tajam. Ini berarti, HP Oppo A83 masih tergolong nyaman digunakan menampilkan konten multimedia.

Bagaimana dengan kualitas kamera belakangnya? A38 dirancang untuk pengguna yang membutuhkan HP fotografi. Dengan kamera 13MP HP ini termasuk bisa diandalkan untuk menghasilkan foto yang baik.
Foto diatas adalah hasil tangkapan reviewer dari Gadgetpilipinas.net. Menurutnya, hasil foto dari kamera belakang Oppo A83 sudah tergolong bagus. Hasil fotonya tergolong detail, punya warna yang akurat, dan cukup tajam. Hanya hasil foto pada konsisi cahaya rendah (low light) yang tidak begitu mengesankan.

Kita beralih ke kamera depan. Bagi pencinta selfie memiliki HP dengan resolusi kamera depan mungkin sebuah keharusan. Tetapi tidak semua orang membutuhkan itu. Dan A83 mencoba mengakomodir hal ini. Memang, kamera depan A83 tidak se superior F5, tapi untuk keperluan selfie hasilnya tergolong baik untuk kelasnya. Hadir dengan kamera depan 8 MP dan aperture f/2.2 pada Oppo A83 ternyata cukup diandalkan untuk selfie. Secara keseluruhan, hasil jepretan kamera depan Oppo A83 tergolong baik. Bisa dibilang hasilnya masih tergolong pas untuk kelasnya.

Dari yang suka selfie kita menyapa para gamers. Kabar baik dari A83 ini adalah memiliki daya tahan baterai yang bisa diandalkan yaitu dibekali baterai Li-Ion 3.180 mAh. Mengutip dari NDTV.com, baterai pada HP A83 ini tergolong baik. Penggunaan selama seharian penuh dengan penggunaan game dan video streaming, ternyata bisa menyisakan sedikit daya. NDTV juga mengetes baterai HP ini dengan uji coba loop video HD. Hasilnya, HP ini mampu memutar video dengan durasi mencapai 11 jam 55 menit. Gadgetmatch juga memuji daya tahan baterai Oppo A83, malah mengacungkan dua jempol untuk daya tahan baterai HP ini. Karena itu, bisa dibilang baterai pada HP ini tergolong baik di kelasnya.

Dengan Chipset Mediatek MT6763T Helio P23, prosesor Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-G71 MP2 yang berarti ini sama dengan yang dibenamkan pada F5, HP ini mampu menjalankan game dengan baik. Apalagi dukungan RAM 3 GB membuat Oppo A83 bisa menjalankan game tanpa masalah atau lag.

Oiya, ada lagi kelebihannya dari A83 ini, yaitu memiliki sistem keamanan Face Unlock. Fitur ini termasuk menarik karena hadir di HP kelas low-end dimana biasanya  face unlock ada pada HP kelas flagship. Face Unlock pada Oppo A83 tergolong baik dan cepat, tapi saat menggunakan fitur ini layar harus dalam keadaan menyala.

Kekurangan Oppo A83

  1. Materi Bodi Plastik
  2. Tanpa Sensor Fingerprint
  3. Tanpa Fast Charging
  4. Posisi Speaker yang Kurang Nyaman karena ada di bagian bawah di sebelah port microSD.
  5. Tidak ada LED Notiffication

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments