Plus Minus HP Nokia 8

Masuk dalam salah satu jajaran HP flagship dari Nokia, respon terhadap kehadiran Nokia 8 di Indonesia termasuk cukup baik. Lalu dengan berbagai fitur layaknya HP  di kelas flagship seperti fast charging (Qualcomm Quick Charge 3.0), NFC, USB Type C, serta Bluetooth 5.0. apakah HP ini layak jadi buruan?

Secara umum memang untuk Nokia 8 ini memiliki keunggulan dari performanya. Bagi yang memfokuskan memiliki HP untuk konten multimedia atau kreator Youtube  HP ini cocok dimiliki. Walapun tidak se fantastis HP lain di kelasnya tetapi hasil jepretan kameranya tidaklah mengecewakan. Ditambah OS Android murni dengan harga yang bersahabat Nokia 8 ini layak jadi pilihan.

"Nokia 8 adalah smartphone Android kami yang  paling bertenaga saat ini," ujar Country Manager Indonesia and ANZ HMD Global, Mark Trundle, saat berbicara dalam acara peluncuran Nokia 8. Berbekal Chipset berperforma kelas atas yaitu Snapdragon 835, kehadiran Nokia 8 bisa dijadikan pembanding dengan smartphone flagship lainnya yang menggunakan chipset Exynos seperti halnya Samsung Galaxy S9+. Selain itu sokongan RAM 4 GB dapat menjalankan game dan aplikasi dengan baik. Untuk multitasking juga tergolong ciamik. Bahkan saat dilakukan Head to Head dengan LG V30 dimana LG V30 juga memakai chipset Snapdragon 835 dengan RAM 4 GB Nokia lebih unggul untuk sektor Antutu yaitu 181.000, jauh diatas LG V30 yang hanya memperoleh skor Antutu 160.289. (Kimovil.com). Sementara Expertreviews melakukan pengujian Geekbench untuk single core dan multicore. Skor yang didapatkan tergolong baik dan cukup bersaing dengan Samsung Galaxy S8.

Sekedar informasi, Antutu adalah aplikasi penghitung benchmark untuk menilai performa suatu smartphone. Aplikasi ini menilai suatu smartphone dengan membandingkan performa UX, RAM, CPU, serta GPU. Bukan hanya memberikan nilai dari hardware, tapi juga dari software yang ada pada smartphone yang dinilai. Maka dapat terjadi dimana 2 smartphone dengan chipset dan RAM yang sama, tapi skor AnTuTunya berbeda karena beda UI serta clockspeed dari CPU yang digunakan.

Oke sekarang kita lihat apa nilai plus (+) dan minus (-) dari Nokia 8 ini.

1. Desain Body
Yang pertama kita lihat dari desain bodinya. Ciri khas bodi kokoh masih dipertahankan oleh Nokia di seri ini dengan satu blok aluminium. Nokia 8 juga tampak cantik dengan balutan ketebalan yang hanya 7,3 mm. Selain itu, desain melengkung membuat HP ini terasa nyaman digenggam. 
2. Tampilan Layar
Kelebihan kedua dari Nokia 8 adalah pada tampilan layarnya. Dengan layar 5,3 inch IPS LCD, dengan kecerahan 700+ nits, menjadikan tampilan layar HP ini menjadi salah satu yang terbaik. Bahkan menurut GSMArena lebih baik dari layar iPhone 7 atau iPhone 7+.

3. Kamera
Berbekal dual lensa 13 MP dari Carl Zeiss di bagian belakang, Nokia 8 mampu menangkap gambar dengan kualitas baik dan bisa menghasilkan foto efek yang bagus serta memiliki dinamyc range yang tinggi. Walaupun ditemukan secuil masalah pada autofocus. Secara keseluruhan, dapat dibilang baik tapi tidak cukup baik untuk ukuran HP flagship. Dibilang buruk pun tak begitu mengecewakan karena banyak fitur yang tergolong bagus dan menjanjikan.

4. Audio
Nokia 8 dibekali dengan teknologi OZO Audio. Teknologi ini memungkinkan Nokia 8 bisa merekam suara dengan sangat baik. Dengan teknologi ini, Nokia 8 mampu merekam spatial 360 derajat sehingga kita jadi lebih tahu sumber suara dari arah mana.

Untuk mendapatkan hasil rekaman yang baik, HMD menyematkan tiga mic pada Nokia 8. Tiga buah mic ini terdiri dari satu mic pada bagian bawah dekat dengan port USB Type C, satu pada bagian belakang dekat dengan kamera, dan satu lagi ada di bagian atas layar. Dari sisi audio sepertinya mendukung untuk digunakan nge-Vlog.

5. Price
Nah, yang terakhir tidak kalah penting adalah soal harga. Di Indonesia, Nokia 8 dibanderol di kisaran harga Rp 6.499.000. Dengan harga ini untuk HP kelas flagship bisa dibilang cukup terjangkau. Bagaimana tidak, LG V30+ dengan chipset yang sama harganya bisa sampai 9 jutaan ke atas.

Kekurangan Nokia 8
1. Tidak Sepenuhnya Tahan Air
HP flagship lainnya sudah mengantongi IP68 yang membuat tahan air. Dengan hanya memiliki serifikasi IP54 membuat Nokia 8 kehilangan nilai lebihnya. Jadi, bagi yang membutuhkan HP flagship tahan air dan debu, Nokia 8 bukanlah pilihan terbaik.

2. Rasio Layar Masih 16:9
Di tengah persaingan HP flagship yang kebanyakan mengusung rasio layar lebih panjang seperti 18:9 atau 18,5:9, tentunya layar dengan rasio 16:9 yang dimiliki Nokia 8 masih ketinggalan.

3. Ukuran Sensor Fingerprint yang Kecil
Ukuran sensor sidik jari pada Nokia 8 tergolong kecil sehingga untuk yang memiliki ukuran jari lebih besar akan sedikit kesulitan. Inilah salah satu kekurangan lain dari Nokia 8 yang membuat pengalaman pengguna HP ini manjadi berkurang.

4. Tak Ada Fitur Menarik
Tidak ada fitur yang menjadi pembeda antara HP ini dibandingkan smartphone kelas atas lainnya.

Spesifikasi Nokia 8

  • Rilis: September 2017
  • Layar: IPS LCD 5.3 inches
  • Resolusi Layar: 1440 x 2560 pixels
  • Chipset: Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
  • CPU: Octa-core (4×2.5 GHz Kryo & 4×1.8 GHz Kryo)
  • GPU: Adreno 540
  • Memori Internal:  64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (hybrid)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), phase detection & laser autofocus, Carl Zeiss optics, OIS, dual-LED dual-tone flash,
  • Kamera Depan: 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), 2160p, PDAF
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3090 mAh

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments