Perpindahan Kalor atau Panas Secara Radiasi, Kelas 5, Tema 6, Subtema 2, Pembelajaran 5

Saatnya berkemah! Kesempatan yang sangat jarang ini, disambut gembira oleh Siti dan teman-temannya. Kegiatan berkemah kali ini memang sebagai bagian kegiatan pramuka di sekolahnya. Malam itu, terlihat Siti, Dayu, Lani dan teman-temannya yang lain sedang berkumpul dekat api unggun yang telah disiapkan. Brrrr! Udara malam itu cukup dingin. Anak-anak dengan mengenakan baju hangat mereka masing-masing, duduk bercengkerama di sekitar api unggun sambil mengulurkan tangan mereka ke arah api unggun. Badan mereka pun terasa lebih hangat.
Siti :“Ini pertama kalinya aku mengikuti perkemahan di sekolah! Menyenangkan sekali!”
Lani :”Ini juga pengalaman pertamaku menikmati hangatnya api unggun bersama teman-temanku.”
Siti :“Ya! Ternyata berada dekat api unggun seperti ini, dapat membantu menghangatkan tubuh, ya! Rasanya menyenangkan, karena dapat mengatasi hawa dingin di daerah ini. Mengapa bisa begitu, ya?”
Dayu :“Pertanyaan itu juga yang dari tadi ada dalam pikiranku! Bagaimana bisa panas dari api unggun itu dapat kita rasakan meskipun kita berjarak dari sumber api itu. Pada jarak sejauh ini, kita sudah dapat merasakan panas yang berasal dari api unggun itu. Sepertinya jika kita semakin dekat ke sumber api, pasti kita akan merasa kepanasan, bukan? Tempat kita berada saat ini mungkin tempat yang paling nyaman karena jarak kita dengan api unggun cukup untuk membantu kita menghangatkan tubuh kita.”
Siti :“Sepertinya pengamatanmu menarik, Dayu! Sebelumnya kita telah belajar tentang konduksi dan konveksi. Sepertinya apa yang kita alami sekarang ini, bukan contoh dari kedua cara perpindahan kalor itu. Mungkinkah ada cara perpindahan kalor yang lain?”

Ayo Membaca!

Perpindahan Kalor secara Radiasi

Bagaimana panas matahari dapat sampai ke bumi? Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi, karena udara yang terdapat dalam atmosfer termasuk konduktor yang paling buruk. Kalor dari matahari pun tidak dapat menghantar secara konveksi karena antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.

Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Dapatkah kamu memberikan contoh lainnya perambatan kalor secara radiasi? Ketika kamu dan teman-temanmu pergi berkemah ke pegunungan, udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kamu perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatakan secara radiasi.
Pernahkah kamu pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam? Apa yang kamu rasakan? Ketika kamu keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam, badanmu akan terasa panas. Hal ini disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik. Benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda yang berwarna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang mengenakan baju putih. Tahukah kamu mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.
Sumber Bacaan : IPA BSE Kelas 4dan 7, 2010, dengan penyesuaian

Ayo Menulis
Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

ParagrafHal-Hal Penting dari Bacaan
Pertama Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.
Kedua Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Contoh perpindahan panas secara radiasi adalah kita dapat merasakan panas api unggun sampai ke badan kita tnpa adanya zat perantara.
Ketiga Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik. Sehingga saat keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam, badan kita akan terasa panas.
Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?
Jawab;
Perpindahan panas secara radiasi adalah perpindahan panas tanpa memerlukan zat perantara.

2. Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konveksi?
Jawab;
Perpindahan panas secara radiasi tanpa memerlukan zat perantara. Sedangkan perpindahan panas melalui aliran yang zat perantaranya ikut berpindah

3. Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi?
Jawab;
Perpindahan panas secara radiasi tanpa memerlukan zat perantara. Sedangkan perpindahan panas secara konduksi adalah perpindahan panas melalui zat padat yang tidak ikut mengalami perpindahan. Artinya, perpindahan kalor pada suatu zat tersebut tidak disertai dengan perpindahan partikel-partikelnya.

4. Jelaskan paling sedikit tiga contoh perpindahan panas secara radiasi yang kamu ketahui!
Jawab;

  1. Panas matahari sampai ke bumi
  2. Kita dapat merasakan panas api unggun sampai ke badan kita 
  3. Radiasi panas dari bola lampu
  4. Menetaskan telur ayam atau bebek menggunakan sinar lampu

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments