Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya, Kelas 5, Tema 6

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya_Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.

Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko
Sumber : diolah dari berbagai sumber

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?
Jawab;
Manusia tidak akan dapat hidup tanpa mengandalkan linkungan alanya karena dari alamlah manusia memperoleh banyak hal untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
Jawab;
Misal; Membuang sampah di sungai, menebang pohon di daerah yang landai.

3. Sebutkan dan jelaskan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!
Jawab;
Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya salah satunya membuang sampah di sungai atau laut. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!
Jawab;
Banjir yang disebabkan karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi akibat sering menebang pohon di tanah yang landai, serta kebakaran hutan karena kecerobohan atau kelalaian manusia.

Ayo Menulis!
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.

Judul Bacaan
"Pengaruh Negatif Interaksi
Manusia dengan Lingkungan
Alamnya"
Paragraf 1 Paragraf 2Paragraf 3
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam. Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alamInteraksi manusia dengan lingkungan dapat menyebabkan bencana.
Kata Kunci Kata KunciKata Kunci
Manusia
Hidup
Lingkungan alam
Interaksi manusiaLingkungan
Bencana
Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. 
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!

Bentuk Kegiatan
Interaksi
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
Usaha untuk
Memperbaiki
Pertanian Pengunaan pupuk kimia yang berlebihan akan merusak tanahMenggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
Perkebunan Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkunganPenggunaan musuh alami hama tanaman
Perikanan Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkunganTepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. 
Peternakan Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak, pupuk organik dan dapat juga dijadikan sumber energi elternatif.

Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama! Ada hak pasti ada kewajiban! sebagai pelajar pun memiliki kewajiban yang harus kita lakukan selain hak yang seharusnya kita dapatkan! Apa saja kewajiban kita?

Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.

Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.

Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.

Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.

Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

Sumber bacaan : Sugiyono dkk, Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX, dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi!
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.

Hakmu sebagai Siswa di SekolahKewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah
Mendapatkan pendidikan yang layak. Menjaga sarana pendidikan
Mendapatkan informasi yang sesuai dengan usia. Menaati peraturan sekolah.
bermain dengan teman sebaya Taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
Mengemukakan pendapat didepan kelas Menjaga nama baik sekolah
Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku; Mengikuti upacara pengibaran Bendera atau dalam rangka hari besar lain.
Memperoleh penilaian hasil belajarnya; Mengikuti pelajaran dan ulangan disekolah.
Menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan; Melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh rasa tanggungjawab.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments