Pembahasan Materi Kelas 5, Tema 3, Subtem 1, Pembelajaran 2

Sarapan penting bagi tubuh kita. Sarapan yang sehat memberikan energi bagi tubuh kita. Setujukah kamu jika sarapan itu penting? Apakah kamu selalu sarapan pagi?

Jika diibaratkan tubuh kita ini adalah sebuah mobil. Tangki bahan bakar menjadi kosong setelah kita tidur malam. Dan sarapan adalah bahan bakar yang membuat kita dapat memulai aktivitas sehari-hari. Disarankan untuk selalu menyempatkan diri menyantap sarapan setiap hari. Karena terdapat beragam manfaat sarapan bagi kesehatan kita. Menurut suatu penelitian, siswa yang sarapan rata-rata diduga memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan mengingat. Ketika bangun pagi, kebanyakan energi (dalam bentuk glukosa dan glikogen) telah habis digunakan untuk beraktivitas di hari kemarin. Padahal glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. Tanpa glukosa, kita akan merasa lelah dan sulit berkonsentrasi. Selain itu, menu sarapan juga tidak boleh sembarangan. Sarapan yang sehat dianjurkan mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kita kenyang selama berjam-jam.

Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati. Hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan, tetapi perbanyak makanan yang tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan. Selain itu konsumsi makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan karena sangat baik untuk sarapan. Kandungan makanan yang kita konsumsi saat pagi hari akan mengawali hidup sehat dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas di siang hingga malam hari.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, minum air bening juga sangat penting bagi kesehatan kita.

Ayo Mengamati!
Amatilah gambar iklan di atas!
Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut. Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Ayo Berdiskusi!
1. Bertutur tentang apakah iklan tersebut?
Jawab;
Iklan bertutur tentang pentingnya air bagi tubuh manusia.

2. Kepada siapa iklan tersebut ditujukan?
Jawab;
Iklan ditujukan kepada siapa saja yang membaca iklan tersebut.

3. Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?
Jawab;
Makna dari gambar adalah tubuh menjadi sehat karena asupan air yang cukup (gambar tubuh anak yang sehat dan memegang segelas besar air putih)

4. Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?
Jawab;
Kalimatnya sederhana tetapi pesan yang disampaikan jelas

Lakukanlah kegiatan berbagi informasi antarkelompok.
Pilihlah salah satu teman sekelompokmu untuk menjelaskan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain yang mengunjungi kelompokmu. Sementara itu, teman-teman sekelompokmu yang lain berpencar mengunjungi kelompok lain untuk memperoleh hasil diskusi kelompok mereka. Pastikan kelompokmu mengunjungi lebih dari tiga kelompok. Tuliskan hasil diskusi dari tiga kelompok tersebut di dalam tabel seperti berikut.
PertanyaanJawaban
Kelompok 1
Jawaban
Kelompok 2
Jawaban
Kelompok 3
Bertutur tentang apakah iklan tersebut? ...
...

...
Kepada siapa iklan tersebut ditujukan?
...

...

...
Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?
...

...

...
Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?
...

...

...
Ayo Membaca!
Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam tubuh kita. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan?

Setelah kamu mempelajari sistem pencernaan pada sapi pada Pembelajaran 1, sekarang perhatikan sistem pencernaan pada manusia seperti pada gambar di bawah ini.
Ayo Berkreasi!
Berdasarkan gambar sistem pencernaan pada manusia, coba kamu buat diagram alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus.
Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk kasar dapat berubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan dapat mempermudah proses penyerapan sari makanan. Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia jika tidak dikeluarkan.

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia.
  1. Proses memasukkan makanan ke mulut.
  2. Proses mengunyah makanan dengan menggunakan gigi.
  3. Proses menelan makanan di kerongkongan.
  4. Proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung.
  5. Proses penyerapan sari-sari makanan yang terjadi di usus halus.
  6. Proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.
Ayo Mencoba!
Bandingkan sistem pencernaan seekor sapi dengan sistem pencernaan manusia kemudian catat persamaan dan perbedaannya. Selanjutnya, presentasikan hasil yang kamu peroleh di depan kelas.

PersamaanPerbedaan
Organ Memiliki alat alat pencernaan yang berupa: mulut - kerongkongan - lambung - usus halus - usus besar - rektum - anusStruktur gigi sapi tidak mempunyai taring dan bentuk gigi geraham yang besar serta berbentuk datar
Lambung sapi terbagi menjadi empat ruangan yaitu rumen, retikulum, omasum dan omasum
Sapi punya enzim khusus yaitu selaulase yang berfungsi untuk mencerna selulosa
Proses mengunyah makanan Makanan dikunyah untuk dihaluskan dengan gigi gerahamSapi mengunyah makanan dengan kasar kemudian ditelan dan nanti akan dimuntahkan dan dikunyah ulang sedangkan pada manusia makanan dikunyah dan ditelan
Proses penyerapan sari-sari makanan Sama-sama menggunakan enzim untuk membantu pencernaan makanan adar bisa diserapSistem manusia dapat mencerna dan menyerap protein tapi sapi tidak bisa, hanya bisa mencerna dan menyerap karbohidrat.
Proses pengeluaran Sisa makanan akan keluar dalam bentuk feses lewat anusPengeluaran pada sapi fesesnya belum mengalami pembusukan dengan bantuan bakteri Escherichia coli di usus seperti pada sistem pencernaan pada manusia

Ayo Bernyanyi!
Semua orang ingin selalu hidup sehat. Hidup sehat merupakan hal yang sangat berharga dalam kehidupan. Berikut adalah sebuah lagu tentang hidup sehat dengan judul Mars Hidup Sehat.
Mars Hidup Sehat
Tiada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat
Sehat jasmani sehat rohani
Kunci hidup bahagia
Meski kaya, terhormat, mulia
Tapi pasti menderita
Jika penyakit musuh utama selalu menggoda
Bina hidup sehat diri dan keluarga
Bina lingkungan, masyarakat sentosa
Hidup sehat modal utama bagi pembangunan semesta
Sehat sejahtera makmur merata berdasarkan Pancasila
Dalam lagu Mars Hidup Sehat di atas terdapat tangga nada tertentu. Tangga nada sendiri terbagi atas tangga nada mayor dan minor. Seperti apakah ciri lagu dengan tangga nada mayor dan minor? Bacalah bacaan di bawah ini dengan saksama.

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada mayor:

  • Lagunya bersifat riang gembira
  • Terdengar bersemangat
  • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada do

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada minor:
  • Lagunya bersifat sedih
  • Terdengar kurang bersemangat
  • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada La

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments