Manfaat Daun Salam dan Bawang Bombay

Mungkin banyak orang mengenal daun salam dan bawang bombay, akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari bawang bombay dan daun salam ini. Sebelum mengulas manfaatnya, sebelumnya kita kenal dulu tentang daun salam. Daun salam biasanya digunakan sebagai pengharum masakan seperti masakan daging, ikan ataupun nasi. Tanaman rempah ini akan menghasilkan aroma herbal yang sangat khas dan tidak menyengat. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium Polyanthum. Pohonnya berukuran sedang, dengan tinggi mencapai tinggi 30 m. Kulit batangnya berwarna coklat abu-abu, memecah atau bersisik.

Sedangkan bawang bombay memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus. Tidak seperti bawang merah, Bawang bombay berbentuk bulat besar dan berdaging tebal, dan biasanya dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan. Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang ±10cm, daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibanding daun bawang merah biasa. Bawang bombai cocok ditanam di daerah pegunungan dengan suhu 18-20°C.

Bawang bombay mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan juga vitamin C.  Sedangkan dalam daun salam juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A dan vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, mangan dan juga magnesium. Dengan kandungan yang dimiliki, daun salam juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan dan juga penyembuhan penyakit, menambah nafsu makan dan sebagainya. Itu kandungan dari kedua rempah ini. Sekarang apa manfaat keduanya untuk kesehatan?
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Yang pertama adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi zat dan senyawa aktif yang terdapat pada kedua rempah ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai jenis penyakit tubuh dan juga tulang akan dicegah secara efektif dengan rebusan dari kedua bahan tersebut. Bagaimana cara mengolahnya?
  • Siapkan 7 lembar daun salam yang sudha agaka tua dan siapkan 1 siung bawang bombay.
  • Iris iris bawang bombay dan masukkan dalam panci yang sudah diisi dengan 2 gelas air bersama daun salam lalu rebus dengan api kecil dan tersisa 1 gelas saja.
  • Saring dan tiriskan air rebusan lalu biarkan hingga berkurang panasnya.
  • Minum air rebusan ini secara teratur sebanyak 1 gelas setiap hari.
2. Mengatasi Nyeri
Rebusan bawang bombay dan daun salam juga berkhasiat untuk mengatasi nyeri. Tidak hanya nyeri, sakit punggung, pergelangan kaki terkilir serta berbagai masalah tulang dan sendi lainnya juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rebusan dua bahan ini secara teratur. Cara pengolahannya yaitu;
  • Siapkan 6 lembar daun salam yang masih segar dan tua serta 1 siung bawang putih
  • Iris iris bawang bombay lalu rebus dengan 2 gelas air bersama daun salam memakai api kecil.
  • Rebus terus ramuan ini hingga tersisa 1 gelas saja.
  • Minum air rebusan ini secara teratur selama 1 minggu atau hingga nyeri pada sendi bisa sembuh total.
3. Mencegah Masalah Jantung Koroner
Ketika indeks tubuh meningkat, ini akan berpengaruh terhadap peningkatan risiko penyakit jantung koroner akibat penumpukan plak pada arteri koroner. Ujungnya adalah terhambatnya aliran darah ke jantung dan timbul serangan jantung. Dengan mengkonsumsi rebusan daun salam dan bawang bombay sebagai obat herbal ternyata mampu mencegah penyakit jantung koroner.

4. Menurunkan Berat Badan
Manfaat daun salam yang keempat adalah untuk menurunkan berat badan. Untuk manfaat yang satu ini memang sudah terbukti khasiatnya. Namun, jika dikombinasikan dengan bawang bombay akan sangat baik ntuk menghilangkan penumpukan lemak di usus karena mengandung serat dan nutrisi lainnya yang ampuh untuk membakar lemak di dalam tubuh sekaligus melancarkan pencernaan. Cara pengolahannya yaitu;
  • Siapkan 1 genggam daun salam dan 1 siung bawang bombay yang diiris tipis tipis.
  • Rebus kedua bahan ini dengan segelas air sampai tersisa 1 gelas saja.
  • Minum larutan ini selagi masih hangat sebanyak 1 gelas setiap hari dan lakukan terus hingga manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan beserta bawang bombay bisa membuahkan hasil.
5. Sindrom Metabolik
Sindrom metabolik merupakan faktor risiko yang menimbulkan banyak masalah kesehatan kronis seperti diabetes, stroke, jantung dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Diagnosis sindrom metabolik bisa ditentukan jika ditemukan 3 faktor risiko seperti masalah berat badan berlebihan, kadar trigliserida yang tidak normal, HDL atau kolesterol baik yang rendah, hipertensi ataupun diabetes. Sindrom metabolik ini bisa dicegah dengan cara mudah yakni dengan mengkonsumsi air rebusan bawang bombay dan daun salam secara teratur sebanyak 1 gelas setiap hari dan dilakukan dengan teratur.

Manfaat bawang bombay dan daun salam yang belum banyak diketahui orang ini ternyata memiliki banyak kegunaan untuk mengatasi beberapa penyakit dalam tubuh dengan aman dan tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Konsumsi air rebusan kedua bahan ini untuk hasil yang maksimal dalam penyembuhan dan juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semoga bermanfaat...

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments