Listrik dan Globalisasi, Kelas 6, Tema 4, Subtema 2, Pembelajaran 1

Listrik dan Globalisasi_“Edo, nasinya sudah matang, ambil sendiri ya”, ucap ibu menyambut Edo pulang sekolah. Sambil menyendok nasi, Edo mengamati perabot elektronik di rumahnya. Ia memperhatikan betapa menanak nasi sangat mudah dengan bantuan alat penanak nasi. Apabila ingin menyeduh teh, tekan saja tombol mesin pemanas air. Begitupun jika ingin minuman dingin, tinggal membuka lemari es. Saat cuaca panas, ada kipas angin.

Esoknya dini hari, Edo bersama ayah berjalan menuju balai desa untuk menonton final pertandingan sepak bola yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi. Banyak warga, termasuk Edo dan keluarganya tak memiliki pesawat televisi di rumahnya, dan oleh karena itu bapak Kepala Desa mengadakan kegiatan nonton bersama di balai desa bagi seluruh warga. Perjalanan pada dini hari itu tidak terasa gelap bagi Edo, karena sepanjang jalan desa sudah benderang diterangi lampu jalanan. Sepanjang jalan, Edo berpikir tentang kemudahan yang ia rasakan berkat adanya listrik. Bayangkan, pertandingan final sepak bola yang diselenggarakan di suatu tempat di benua lain, dapat disaksikannya secara langsung! “Hmm...apa jadinya jika tidak ada listrik...”, gumam Edo dalam hati. Lamunan Edo terhenti oleh dering telepon genggam ayahnya. Rupanya Paman dari Papua yang menanyakan apakah final pertandingan bola sudah dimulai. Paman Edo tinggal di desa yang aliran listriknya terbatas di pagi hingga sore hari, sehingga ia tak mungkin bisa menyaksikan siaran pertandingan langsung melalui televisi.
-Nuniek-
Jawab pertanyaan berikut:
1. Sebutkan kemudahan dalam kehidupan sebagai akibat dari adanya listrik!
Jawab;
Kemudahan dalam kehidupan yang terjadi karena adanya listrik pada bacaan yaitu Memasak nasi jadi lebih mudah, mesin pemanas air, minuman dingin dari kulkas. Saat cuaca panas ada kipas angin.

2. Benda-benda apa saja yang menggunakan energi listrik dan berperan atas terjadinya globalisasi?
Jawab;
Benda-benda menggunakan energi listrik yang berperanan hingga terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

3. Menurutmu, adakah pengaruh listrik terhadap globalisasi? Jelaskan.
Jawab;
Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memberikan peran yang sangat besar terhadap akses informasi ke berbagai belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, karena dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat bisa diakses oleh waga di berbagai penjuru dunia.

Lalu apakah semua peristiwa dalam kehidupan kita merupakan pengaruh globalisasi? Ayo, kita analisa!
Ayo Analisis!
Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Beri tanda V jika merupakan pengaruh globalisasi dan tanda X jika bukan merupakan pengaruh globalisasi. Jangan lupa berikan alasannya.

NoPeristiwaPengaruh GlobalisasiAlasan
1. Mencari informasi di Internet untuk menyelesaikan tugas sekolah.
Pemanfaatan internet menggunakan media komputer merupakan pengaruh globalisasi
2. Mengikuti lomba balap karung.
Balap karung adalah permainan tradisional asli Indonesia
3. Nonton siaran langsung pertandingan piala dunia sepak bola yang diadakan di Brazil.
Kita dapat menyaksikan secara langsung peristiwa di belahan bumi yang lain melalui televisi merupakan pengaruh globalisasi
4. Mengerjakan ujian akhir sekolah.
Karena tidak perlu teknologi untuk mengerjakan Soal Ujian Akhir Sekolah 
5. Mengabarkan berita penting pada kerabat di luar negeri melalui telepon.
Telepon merupakan pengaruh dari globalisasi. Dengan adanya alat ini pengiriman informasi menjadi lebih cepat.
6. Makan nasi, tempe, dan sayur asam masakan ibu di rumah.
Nasi, tempe, dan sayur asam adalah makanan lokal
7. Memakai sepatu bola buatan luar negeri.
Sepatu buatan luar negeri dapat kita beli karena adanya perdagangan internasional yaitu import barang. Adanya kegiatan perdangan internasional merupakan pengaruh globalisasi.
8. Makan burger, pizza, dan ayam goreng di restoran cepat saji waralaba luar negeri.
Burger, pizza, dan ayam goreng di restoran cepat saji waralaba luar negeri merupakan pengaruh adanya globalisasi
9. Memakai seragam batik.
Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia
10. Membeli jajanan makanan kemasan dengan merek luar negeri.
Mengkonsumsi makanan merek luar negeri merupakan pengaruh adanya globalisasi
Berdasarkan tabel analisis yang sudah kamu isi, apa kesimpulanmu tentang globalisasi?
Globalisasi adalah suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.

Lalu bagaimana pengaruh listrik dan perkembangan teknologi terhadap terjadinya globalisasi?

Ayo Diskusikan!
Amati beberapa foto berikut;
Tulis kaitan antara penemuan listrik dan globalisasi.
Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan baik melalui media cetak atupun elektronik seperti komputer dan internet, HP, dan televisi. Alat-alat tersebut dapat bekerja/dapat dioperasikan dengan energi listrik sehingga timbul interaksi. Tanpa listrik benda-benda elektronik tidak akan dapat digunakan, dan penyampaian informasi menjadi terganggu.

Sekarang apakah globalisasi juga terjadi di daerahmu? Ayo, kita cari tahu!

Ayo Cari Tahu!
Amati lingkungan sekitar sekolahmu! Tuliskanlah fakta yang membuktikan bahwa globalisasi juga terjadi di daerahmu.

FaktaKeterangan
Penggunaan HP/Smartphone untuk berkomunikasi HP/Smartphone merupakan hasil kemajuan teknologi. Dengan alat ini kita bisa bebagi informasi dan berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh penjuru dunia. Ini menunjukkan bahwa globalisasi telah sampai di sekitar kita
Menonton siaran televisi secara langsung Semua kejadian yang terjadi di berbagai belahan dunia dapat kita saksikan melalui media televisi secara live/langsung. Ini juga merupakan kemajuan teknologi di bidang informasi dan merupakan contoh adanya globalisasi yang sampai di sekitar kita.
Menggunakan produk luar negeri Pakaian, makanan sampai barang elektronik yang kita gunakan banyak yang berasal dari luar negeri. Ini merupakan bentuk adanya perdagangan internasional efek globalisasi.

Ayo Menulis!
Tuliskan hasil pengamatan dan hasil diskusi kalian dalam bentuk teks eksplanasi tentang peran listrik di era globalisasi. Perhatikan beberapa informasi yang perlu dicantumkan:

  • Penjelasan tentang terjadinya globalisasi.
  • Peran listrik terhadap terjadinya globalisasi.
  • Contoh-contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Manfaat globalisasi.

Teks eksplanasi tentang peran listrik di era globalisasi. 
Struktur TeksKalimat
Pernyataan Umum Globalisasi adalah proses interaksi saling keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui berbagai bidang, sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi berpengaruh di semua bidang kehidupan seperti bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan. Globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara di dunia termasuk Indonesia.
Penjelas Proses Terjadinya Globalisasi
Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama terjadinya globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dalam berbagai bentuk dapat tersebar luas dan begitu mudah didapatkan di seluruh dunia.

Bagi masyarakat sekarang teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan khusus yang telah membawa manfaat luar biasa. Teknologi dianggap dapat menyelesaikan masalah pada saat ini bahkan sebagian masyarakat memuja kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi. Masyarakat meyakini teknologi dapat memberikan kesejahteraan dan berbagai kebutuhan lainnya namun teknologi juga mendatangkan malapetaka bagi kehidupan bangsa kita.

Peran Listrik Terhadap Terjadinya Globalisasi
Listrik sangat berperan dalam proses globalisasi. Kita tidak bisa menyangkal akan betapa pentingnya peran listrik dalam hidup. Listrik memudahkan pekerjaan manusia. Sebagian besar masyarakat menggunakan listrik untuk beraktifitas. Mulai dari yang paling sesahidupan sehari-hari. Tanpa danya listrik globalisasi tidak akan secepat saat ini.

Sebagai manusia yang hidup di zaman modern, kita tidak bisa menyangkal betapa pentingnya peran listrik dalam hidup kita. Setiap hari, setiap jam, bahkan mungkin setiap menit kita menggunakan listrik untuk beraktifitas. Salah satunya adalah ketika menggunakan perangkat teknologi informasi.

Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan baik melalui media cetak atuapun elektronik yaitu : televisi, laptop, komputer, radio, telepon genggam, dan kamera digital,

Benda-benda tersebut menggunakan energi listrik sebagai sumber energinya. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memberikan peran yang sangat besar terhadap akses informasi ke berbagai belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, karena dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat bisa diakses oleh warga di berbagai penjuru dunia.

Contoh-contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Tanpa disadari budaya asing yang masuk ke Indonesia telah mempengaruhi perilaku masyarakat Indonesia, Berikut ini beberapa contoh globalisasi di lingkungan sekitar.
  • Gaya Hidup. Gaya hidup tradisional di zaman globalisasi ini sudah semakin berkurang dan bahkan cenderung untuk ditinggalkan oleh masyarakat. Mereka memilih menerapkan gaya hidup modern yang serba mudah, cepat, dan ekonomis. 
  • Makanan Cepat Saji. Makanan pokok bangsa indonesia sebagian besar adalah nasi, jagung, dan sagu. Makanan pokok tersebut sebelum disajikan harus diolah terlebih dahulu dan proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama. Dengan adanya globalisasi orang mulai cenderung beralih mengonsumsi makanan yang cepat saji biasa disebut fasts food. Beberapa contoh makanan cepat saji yang berasal dari luar negeri diantaranya pizza, spagheti, dan hamburger.
  • Pakaian. Model atau bentuk pakaian sekarang ini kebanyakan pakaian minim dan terbuka yang dianggap tidak sesuai dengan kebudayaan indonesia. Contoh lain adalah baju jas yang merupakan budaya bangsa barat sudah digunakan oleh sebagian masyarakat kita pada acara-acara resmi atau resepsi. Begitu pula dengan celana jeans dan T-shirt. Masyarakat kita sudah terbiasa menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Komunikasi. Jaman dahulu komunikasi antara wilayah dengan menggunakan jasa pos yaitu surat yang sampainya bisa mencapai satu atau dua hari, kemudian berkembang dengan telepon rumah. Namun sekarang ini di era globalisasi jika akan berkomunikasi sangat mudah dan cepat menggunakan telepon seluler, internet, email dan taksimile. Dengan adanya alat komunikasi yang canggih kita dapat melakukan hubungan dengan siapa saja didunia ini.
Manfaat Globalisasi.
Bangsa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat internasional tidak akan terlepas dari pengaruh globalisasi. Namun, dari perubahan itu justru globalisasi juga memiliki dampak dan manfaat yang positif bagi bangsa indonesia. Beberapa manfaat globalisasi antara lain sebagai berikut.
  • Bidang ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara sehingga akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
  • Bidang sosial budaya, kita dapat meniru pola pikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan penggunaan IPTEK bangsa lain yang lebih maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa.
  • Bidang politik, sistem pemerintahan yang lebih terbuka dan demokratis karena pemerintahan adalah bagian besar dari negara. Jika suatu negara di jalankan secara bersih dan jujur makan akan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap negara.
  • Bidang Pendidikan. Globalisasi dalam bidang pendidikan akan menciptakan manusia yang professional dan berstandar Internasional dalam bidang pendidikan. Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.
Selain membawa dampak positif globalisasi juga mengakibatkan beberapa dampak negatif yang tentunya sangat merugikan. Beberapa dampak negatif globalisasi antara lain.
  • Globalisasi dapat merubah nilai-nilai masyarakat Indonesia. Khususnya anak muda dikhawatirkan akan lupa dengan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidup yang cenderung meniru budaya barat. Jika hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan nilai-nilai pancasila dan rasa nasionalisme akan hilang.
  • Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar sesama warga, sehingga orang tidak lagi peduli dengan kehidupan bangsa
  • Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar negeri membanjiri Indonesia.
Interpretasi Globalisasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Pengaruh tersebut dapat bersifat positif dan negatif. Untuk mengurangi dampak negatif globalisasi yang terjadi dapat dilakukan dengan cara menyaring budaya-budaya asing yang masuk ke negara kita harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan meningkatkan iman dan takwa pada Tuhan YME.

Listrik  berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal akses informasi ke berbagai belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, karena dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat bisa diakses oleh warga di berbagai penjuru dunia.
Kita harus bersyukur pada Tuhan, karena listrik dan perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Coba bayangkan kehidupan kita tanpa listrik.

Salah satu wujud globalisasi adalah masuknya benda-benda buatan negara lain untuk dijual di negara kita,contohnya banyak terdapat di sekitar kita. Bisakah kamu menyebutkannya?

Ayo Mencoba!
Di era globalisasi ini beragam benda sudah sangat mendunia, seperti benda-benda berikut:
Benda-benda tersebut berbentuk lingkaran. Apa yang kamu ketahui tentang lingkaran? Ceritakan berbagai hal yang kamu ketahui tentang lingkaran.
Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Jarak yang sama tersebut adalah jari-jari lingkaran dan titik tertentu disebut pusat lingkaran.
Bagian-bagian Lingkaran;
Keterangan:

  • O : Titik pusat lingkaran adalah titik tertentu pada lingkaran.
  • OA/OB/OC : Jari-jari lingkaran, yaitu garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dan titik pada keliling lingkaran.
  • AB : Diameter (d), yaitu tali busur yang melalui pusat lingkaran. Panjang diameter sebuah lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran tersebut, sehingga dapat ditulis d=2r.
  • AC : Tali busur, yaitu ruas garis yang menghubungkan sebaran dua titik pada lingkaran.
  • AC : Busur Lingkaran, yaitu garis lengkung lingkaran yang terletak di antara dua titik pada lingkaran. Busur lingkaran dinotasikan dengan ( AC ).

Juring Lingkaran
Daerah lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan dua buah jari-jari lingkaran yang melalui ujung busur lingkaran tersebut.

Tembereng Lingkaran
Daerah lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busur yang melalui kedua ujung busur lingkaran.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments