Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah Naga... Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Kenapa saya katakan unik, karena sebelum menjadi buah, bunganya akan mulai bersemi sejak sore sampai malam dan akan layu ketika terkena sinar matahari. Tidak hanya itu, bentuk fisik buah ini juga unik. Mulai dari kulit hingga dagingnya. Kebanyakan dari kita mungkin terbiasa dengan tampilan buahnya dengan kulit yang berwarna merah, namun ada juga buah naga yang memiliki kilit berwarna kuning dan sekilas sama dengan nanas. Bagian dalamnya pun ada yang berwarna ungu dan putih mirip dengan buah kiwi, terdapat biji kecil-kecil berwarna hitam dan bisa dimakan. Bunga tanaman ini sangat indah, tidak heran karena keindahannya, bunga buah naga mendapat julukan Moonflower atau Queen of the night. Buah naga berasal dari Amerika Tengah dan diimpor ke Vietnam pada abad ke-20. Sejak saat itu, buah ini telah dibudidayakan di berbagai tempat termasuk Indonesia. Buah naga yang sering disebut dengan pitaya ini memiliki berbagai nutrisi seperti serat, vitamin C dan zat besi.

Lalu apa manfaat buah naga untuk ibu hamil? Bagi wanita yang sedang hamil, menjaga pola makan sehat dan teratur tentu akan sangat bermanfaat untuk sang ibu sendiri dan juga bayi didalam kandungan. Buah naga kaya vitamin C di mana dapat memasok 34% kebutuhan harian vitamin C. Saat hamil, vitamin C merupakan salah satu zat penting yang perlu untuk perkembangan gigi dan tulang yang mendukung pertumbuhan bayi dalam kandungan. Vitamin C juga membantu memperlancar metabolisme untuk pencernaan yang sehat. Ibu hamil dianjurkan mengonsumi 85 mg vitamin C per hari.

Selain vitamin C, Wanita yang sedang hamil alangkah baiknya mengkonsumsi 9 hingga 11 sajian karbohidrat per hari, ini sekitar 80 kalori atau 15 gram karbohidrat dalam satu sajian. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi untuk ibu dan bayi agar terus berkembang. Dan buah naga adalah sumber karbohidrat alami dimana per sajiannya mengandung sekitar 14 gram karbohidrat atau 62 kalori. Tambahkan juga karbohidrat lain yaitu dari roti gandum, oat atau sayuran untuk memenuhi konsumsi yang direkomendasikan.

Untuk wanita yang sedang hamil, simpanan lemak terutama lemak sehat dalam tubuh sangat butuhkan. Tidak hanya untuk kebutuhan harian, simpanan lemak dalam tubuh akan digunakan untuk sumber energi saat melahirkan sampai saat menyusui selanjutnya. Lemak sehat atau lemak tak jenuh bisa kita peroleh dari buah dan sayuran termasuk buah naga dimana buah ini mengandung 0,4 gram lemak per sajian. Kandungan lemak dalam buah ini juga termasuk asam lemak esensial linoleic dan linolenic yang penting untuk perkembangan otak bayi.
Selain kandungan diatas, buah naga juga mengandung anti oksidan yang dapat melindungi jaringan tubuh serta membantu tubuh menyerap zat besi dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga disebut sebagai zat penangkal kanker, mengontrol kolesterol sehat, dan mengembangkan kesehatan otak. Didalam buah naga terdapat beberapa tipe antioksidan yaitu betalains, hydroxycinnamates dan flavonoids. Selain dari buah naga, kita bisa dapatkan antioksidan dari brokoli, bayam, dan teh hijau.

Kandungan zat besi dalam buah naga juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dan ini tentu akan berdampak kurang baik. Ibu mengandung dianjurkan mengonsumsi 27 mg zat besi per harinya. Dan buah naga mampu menyuplai 10,6% kebutuhan zat besi harian kita selain dari daging merah, bayam dan kacang.

Itulah manfaat buah naga untuk ibu yang sedang hamil yang bisa saya uraikan dari berbagai sumber. Masih banyak sumber berbagai zat pendukung lain seperti riboflavin yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan fetus dimana ibu hamil membutuhkan 1,6 mg/ hari nya. Thiamin yang baik untuk metabolisme, perkembangan otak, sistem saraf dan jantung yang juga bisa diperoleh di buah naga ini.

Bagaimana? Untuk bumil sepertinya harus mulai mengkonsumsi buah naga dari sekarang karena untuk mengonsumsi buah naga kita juga tidak perlu repot dalam mengolahnya. Kita bisa mengonsumsinya langsung dengan memotong dalam bentuk dadu, menyendok dagingnya, atau mengolahnya menjadi jus. Sebagai penutup, manfaat buah naga untuk bumil ini dapat dilihat dari kandungan nutrisinya. Serat, vitamin, hingga zat besi dalam buah ini dapat membantu ibu hamil melalui masa kehamilan dengan sehat dan kuat. Namun sebagai catatan kadang pada beberapa orang, buah naga dapat menyebabkan alergi, jadi kita juga perlu berhati-hati dalam konsumsi buah ini.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments