Ingin Membeli Oppo F7? Yuk, Ketahui dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Satu lagi smartphone berkelas dirilis Oppo, yaitu Oppo F7. Smartphone ini menjadi perangkat kelas menengah (mid range) yang hadir untuk memenuhi permintaan pasar akan sebuah smartphone berkemampuan canggih dan unggul.

Sejak awal peluncurannya di Indonesia yaitu pada 17 April 2018, Oppo F7 mampu mencuri perhatian pasar Indonesia. Seperti saudara tuanya Oppo F5, F7 juga mengusung teknologi AI Beauty dimana teknologi ini mampu mengoptimalkan hasil jepretan untuk kamera depan dan belakangnya. Jadi untuk Anda yang suka selfie Smartphone ini layak jadi pilihan. Ditambah fitur baru seperti mode HDR (High Dynamic Range), Super Vivid, serta Depth Effect yang bisa diaktifkan bersamaan dengan Al Beauty menjadikan "cover shoot" akan tampak lebih mnarik. Selain itu bagi para gamers, penggunaan chipset MediaTek Helio P60 dengan CPU octa-core serta baterai berkapasitas 400 mAh membuat Oppo F7 mampu menjalankan berbagai game populer dengan baik. Game MOBA seperti Arena of Valor atau PUBG bisa dimainkan dengan stabil menggunakan Oppo F7 ini. Smartphone ini juga memiliki daya pikat dari tampilan layarnya yang luas dan hadir menggunakan notch alias poni. Tapi nilai lagi-lagi menurut saya nilai jual utama F7 ada pada kamera dan teknologi AI yang tertanam di dalamnya.

Tetapi tak ada gading yang tak retak, dibalik kelebihannya, bagi Anda yang lebih berminat untuk memilih sebuah smartphone dengan chipset snapdragon serta mendukung flash charg, sepertinya Anda tidak akan melirik F7. Bagi Anda yang ingin membeli Oppo F7, atau sekedar mencari perbandingan dengan merek tau tipe yang lain dikelasnya, berikut saya hadirkan kelebihan dan kekurang F7 yang saya rangkum dari berbagai sumber;

Spesifikasi
Rilis :Maret 2018
Layar :LTPS IPS LCD 6.23 inches Corning Gorilla Glass 5
Resolusi Layar :1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio
Chipset :Mediatek Helio P60
CPU :Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
GPU :Mali-G72 MP3
Memori Internal :64 GB, 4 GB RAM or 128 GB, 6 GB RAM
Memori Eksternal :microSD, up to 256 GB (hybrid)
Kamera Belakang :16 MP, f/1.8, phase detection autofocus, LED flash
Kamera Depan :25 MP, f/2.0 HDR
Kamera Baterai :Non-removable  Li-Ion 3400 mAh

Kelebihan

1. Kamera
Produk Oppo memang sudah dikenal sebagai salah satu produsen HP yang fokus pada kameranya terutama untuk seri F. Sama seperti pendahulunya, F7 juga menitik beratkan pada kemampuan kamera untuk berfoto. Oppo F7 dibekali dengan kamera depan 25MP, dengan teknologi AI Beauty 2.0. Teknologi ini mampu menghasilkan hasil foto selfie yang lebih baik.

Yang menarik adalah Teknologi AI Beauty 2.0 ini mampu mengenal jenis kelamin berdasarkan tekstur wajah. Bahkan, mampu mengenali 296 titik wajah. Selain itu, tersedia fitur AR Stiker yang mampu menghasilkan gambar animasi saat sedang selfie. Ini yang menjadi keunggulan kamera depan Oppo F7. Kehadiran sensor Sony IMX576 juga menjadikan hasil selfie yang menawan dari Oppo F7. Sensor ini juga memiliki fitur HDR real-time untuk menghasilkan detail gambar yang lebih baik.

Oppo F7 menjadi HP dengan Fitur HDR pertama di Indonesia dengan fitur ini. So, bagi pencinta selfie, kamera depan Oppo F7 sepertinya tidak diragukan lagi dengan nilai yang lebih dari sekadar plus.

2. Layar
Untuk layar, Oppo F7 memiliki desain memanjang dengan poni diatasnya seperti Iphone X, beresolusi Full HD+, 6,23 inch, full display 19:9 2280 x 1080 piksel dengan Corning Gorilla Glass 5. Dengan spesifikasi ini untuk reproduksi warna gambar dan video cukup memuaskan karena memang dioptimalkan untuk kebutuhan multimedia.

3. Kamera Belakang
Seperti kakaknya F5, F7 memiliki kamera belakang 16 MP dengan bukaan f/1.8 serta mendukung phase detection autofocus serta LED flash. Walaupun sama dengan F5, Oppo mengklaim kamera F7 lebih baik karena fitur Al yang tersemat pada kedua kameranya, sehingga mampu mengenali beberapa objek foto dengan keistimewaan yang sudah saya sebutkan diawal.

Yang menarik, kamera belakang juga punya fitur bokeh dengan depth effect mode. Bahkan, masih menurut Yangcanggih, hasil efek bokeh kamera belakang ternyata lebih baik. Jadi bisa dibilang, Oppo benar-benar serius dalam menggarap sektor kamera, baik depan maupun belakang.

4. Performa
Dengan dukungan chipset Mediatek Helio P60, serta RAM 4 GB, Oppo F7 mampu menjalankan aplikasi dengan cepat. Ini akan mendukung tugas sehari-hari dengan baik. Terlebih untuk varian 6 GB dan ROM 128 GB. Selain itu, seperti saya sebutkan diawal, untuk pencinta game MOBA, dengan chipset Mediatek Helio P60 yang di dalamnya terdapat prosesor octa core dan sokongan grafis GPU MP3 Mali-G72 F7 mampu dijalankan dengan frame rates 58 fps pada pengaturan grafis yang baik. Jadi saat bermain game MOBA seperti PUBG F7 memiliki performa yang baik.

5. Baterai
Berbekal kapasitas baterai 400 mAh, Oppo F7 mampu bertahan sampai 9 jam 26 menit. Bahkan FoneArena juga memuji daya tahan baterai Oppo F7 dan cukup puas dengan kemampuan baterainya. Baterainya ternyata mampu bertahan seharian penuh dan menyisakan sedikit di penghujung hari. Hanya saja, jika digunakan main game atau menonton video, tentu durasinya akan lebih singkat.
Kekurangan;
1. Tidak Ada Flash Charge
2. Tanpa NFC
3. Baterai Non Removable

Demikianlah kelabihan dan kekurangan Oppo F7 yang bisa saya ulas. Untuk harganya sendiri F7 dibanderol di harga Rp 4.200.000 untuk varian RAM 4GB dan storage 64GB. Selain yang sudah saya uraikan, pengguna F7 akan dimanjakan dengan berbagai jenis konektivitas multifungsi, diantaranya microUSB 2.0 yang sudah mendukung USB On-The-Go, WLAN, Bluetooth, Dual SIM yang mendukung koneksi internet berbasis 4G LTE, GPS dan lain sebagainya.

Di bagian belakang perangkat Oppo F7 ini, ditempatkan pula sebuah sensor pindai sidik jari (fingerprint) yang memiliki kemampuan super cepat untuk membuka kunci layar. Sedangkan untuk sensor lainnya, terdapat sensor accelerometer, proximity dan compass.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments