Fakta Tentang Globalisasi, Kelas 6, Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 1

Kita berada di era global. Apakah kamu dapat menyebutkan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi yang ada di sekitarmu?

Istilah globalisasi berasal dari Bahasa Inggris globalization dimana dari situ diambil kata global yang berarti universal atau menyeluruh. Globalisasi juga bisa diartikan sebagai suatu proses menjadikan sesuatu yang tadinya bersifat individu atau personal menjadi global. Semakin berkembangnya globalisasi membuat kita sadar bahwa saat ini globalisasi sudah menyentuh kehidupan sehari – hari kita. Diantaranya dapat kita lihat adalah banyaknya produk asing yang beredar mulai dari busana, alat elektronik, hingga makanan. Dan Tidak jarang juga produsen dari luar negeri membangun pabriknya di Indonesia demi memenuhi permintaan pasar Indonesia. Selain itu, saat ini pasar swalayan terus saja menjamur seolah akan menggantikan peran pasar tradisional. Hampir setiap 500 meter kita bisa menjumpai mini market yang menggantikan warung-warung kelontong. Contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah digantinya tenaga manusia dengan tenaga mesin. Tenaga kerja manusia berlahan telah digantikan oleh mesin dan robot yang lebih efisien. Bahkan, pekerjaan petani saat ini semakin berkurang, karena sudah banyak mesin-mesin yang bisa membantu pekerjaan manusia. Selain itu, teknologi juga bukan lagi menjadi sesuatu yang mewah. Hal ini juga dimungkinkan karena penggunaan gadget yang sudah menyentuh berbagai lapisan masyarakat.  Teknologi seperti video call, email, sosial media, bukan lagi hal asing bagi masyarakat. Bahkan, dunia maya mungkin sudah menjadi bagian kehidupan kedua bagi manusia.

Itulah beberapa fakta tentang globalisasi yang ada di sekitar kita. Sebenarnya masih banyak fakta tentang globalisasi yang lain.

Ayo Amati!
Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu! Produk tersebut bisa berupa pakaian yang kamu pakai, temanmu, dan gurumu kenakan, atau produk lain yang ada di sekitar kelas. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksi produk tersebut?
Lengkapi tabel berikut!
NoNama ProdukNegara Asal
1. Laptop ASUSTaiwan
2. Lampu OSRAMJerman
3. Lampu PHILIPSBelanda
4. NokiaFinlandia
5. Oppo SmartphoneChina
6. DucatiItalia
7. SamsungKorea
8. NokiaFinlandia
9. Oppo SmartphoneChina
10. DucatiItalia
11. IKEASwedia
12. AppleCalifornia, Amerika Serikat
13. MicrosoftAmerika
14. Coca-colaAmerika
15. HuaweiChina
16. Zara FashionSpanyol
17. HondaJepang
18. LenovoTiongkok, RRC
19. H&M FashionSwedia
20. Starbuck CoffeeAmerika Serikat

Amati gambar berikut!


Ayo Bertanya!
Diskusikan secara berkelompok hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatanmu sehubungan dengan globalisasi. Tuliskan dalam bentuk pertanyaan.
  1. Apa dampak positif globalisasi?
  2. Apa dampak negatif globalisasi?
Pengaruh Positif globalisasi antara lain:

a.  Pergeseran Nilai dan Sikap
Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat menjadi lebih rasional.

b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik. 
Hal ini ditandai dengan semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia. Selain itu, kita juga semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan dan belum bisa diproduksi di Indonesia.

Dampak negatif antara lain:

a. Pola Hidup Konsumtif 
Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.

b. Sikap Individualistik 
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.

c. Gaya Hidup Kebarat-baratan 
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain. 

d. Kesenjangan Sosial 
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Ayo Bekerja Sama!
Secara berpasangan, amati gambar dan peta berikut. Produk-produk yang terdapat di sekeliling peta sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tarik garis dari produk ke negara asal produk tersebut.
Produk tersebut diproduksi oleh negara tertentu. Namun, produk tersebut dapat diperoleh di negara lain, misalnya mobil buatan Jepang, yang dapat juga dibeli di negara lain. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jelaskan alasanmu!
Kenapa produk di negara tertentu juga bisa didapat di negara lain? Alasannya adalah karena adanya perdangan bebas. Apa itu perdagangan bebas? Perdagangan bebas adalah suatu sistem di mana barang, arus modal, dan tenaga kerja secara bebas antara negara-negara, tanpa hambatan yang bisa menghambat proses perdagangan. Banyak negara memiliki perjanjian perdagangan bebas, dan beberapa organisasi internasional mendorong perdagangan bebas antara anggota mereka. Perdagangan bebas juga dapat mendorong kerja sama internasional, dengan mendorong negara-negara untuk bebas bertukar barang dengan negara lain.
Ayo Cari Tahu!
Kita sering mendengar bahwa abad ke-21 merupakan abad globalisasi. Berbagai peristiwa dari berbagai belahan dunia dapat kita saksikan langsung melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita dapat berhubungan dengan sanak-saudara, kerabat atau sahabat yang berada di negara lain dengan mudah. Kita seakan hidup dalam satu desa yang sangat besar.

Riuh rendah berita di berbagai media membahas ulasan pertandingan sepak bola di kejuaraan piala dunia. Anak-anak tidak mau kalah seru mendiskusikan pertandingan demi pertandingan. Di lorong sekolah, bersahutan mereka mengomentari tim unggulan masing-masing ketika waktu istirahat.

Udin : Edo, apakah kamu menonton pertandingan bola semalam? Aku tidak menyangka bahwa tim yang tidak diunggulkan bisa mengalahkan tim jagoanku.

Edo : Iya. Aku juga menonton pertandingan bola bersama ayah dan adik-adikku. Seru sekali pertandingannya. Saking ramainya, aku merasa seolah-olah menonton langsung di pinggir lapangan.

Pak Tagor yang kebetulan lewat, mendengar percakapan anak-anak. Seraya tersenyum, Pak Tagor mendekat dan bergabung dalam pembicaraan.

Pak Tagor : Wah, tampaknya kalian semua mengikuti pertandingan Piala Dunia ya. Apakah kalian tahu di mana pertandingan-pertandingan tersebut dilaksanakan?

Udin : Tentu tahu, Pak. Di Brazil, Amerika Selatan, Pak.

Pak Tagor : Hebat ya, pertandingan sepak bola yang jauh di negeri seberang dapat kalian saksikan pada waktu bersamaan melalui layar televisi di rumah. Kalian tidak perlu datang ke sana untuk dapat mengikutinya.

Edo : Iya, pak. Kita dengan mudah dapat menyaksikan peristiwa penting yang mendunia dari rumah. Jadi kita tidak ketinggalan berita.

Pak Tagor : Nah, kalau kalian mengingat pelajaran di kelas, menurut kalian materi apa yang terkait dengan hal ini?

Edo : Hmmm..., globalisasi Pak? Sesungguhnya saya masih belum paham benar, Pak. Apa sih arti globalisasi?

Pak Tagor : Globalisasi adalah suatu proses menjadi global atau mendunia. Peristiwa yang terjadi di belahan dunia lain dapat kita saksikan langsung tanpa harus mendatanginya. Contohnya seperti pertandingan sepakbola piala dunia yang kalian diskusikan tadi. Dengan globalisasi, kita juga dimungkinkan berkomunikasi dengan kerabat di negeri lain melalui alat telekomunikasi. Perkembangan alat transportasi juga berperan untuk memudahkan kita mencapai lokasi lain dalam waktu yang lebih singkat. Dengan demikian, produk dari berbagai negara juga dapat dinikmati masyarakat dunia dalam waktu yang lebih singkat.

Siti : Dengan globalisasi, hidup kita jadi lebih mudah dan nyaman

Pak Tagor : Betul, Siti. Itu sebagian dari dampak positif globalisasi. Tetapi, ada pula dampak negatifnya.

Udin : Oh, ada ya Pak dampak negatif globalisasi? Apa saja, Pak?
Pak Tagor : Menurut kalian, apa saja dampak negatif globalisasi? Nanti kita diskusikan di kelas ya.

Tahukah kamu? Listrik mempunyai peranan penting di era globalisasi. Bagaimana peranan listrik di era global? Apa saja produk global yang memerlukan listrik? Ayo, kita diskusikan.

Ayo Lakukan!
Sekarang kamu akan melakukan pengamatan tentang konversi energi listrik. Konversi energi listrik adalah perubahan energi listrik menjadi bentuk energi lain, misalnya: energi listrik menjadi energi gerak. Amati benda-benda berikut dan benda elektronik lain yang ada di sekitarmu dan jelaskan konversi energi listrik yang terjadi pada benda tersebut.
Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan saat ini. Pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, memasak, menyetrika pakaian, memotong rambut, sampai pekerjaan industri seperti perkantoran, perusahaan transportasi, instansi pemerintahan semua menggunakan listrik. Dengan adalanya listrik kita semakin dipermudah untuk melakukan sesuatu karena hampir sebagian besar peralatan sudah menggunakan energi listrik. Misal kipas angin yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak, setrika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas, radio yang mengubah energi listri menjadi energi bunyi, dan senter yang mengubah energilistrik menjadi energi cahaya untuk menerangi ruangan yang gelap.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments