Disiplin Belajar di Rumah dan di Sekolah

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan. Ketaatan ini dapat diartikan sebagai kesediaan hati secara tulus untuk menepati setiap peraturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama karena walaupun orang hidup bukan untuk peraturan, tapi setiap orang pasti membutuhkan peraturan untuk memudahkan segala macam urusan dalam hidupnya. Disiplin juga merupakan salah satu pintu untuk meraih kesuksesan. Tanpa disiplin, keahlian dalam disiplin ilmu pengetahuan tidak akan memiliki makna yang berarti karena sering kita jumpai orang berilmu tinggi tetapi tidak mampu berbuat banyak dengan ilmunya, karena kurang disiplin.

Dalam ranah pendidikan, saya yakin bahwa tidak ada lembaga pendidikan yang tidak mengajarkan disiplin kepada anak didiknya. Contoh yang paling mudah bagi siswa adalah disiplin dalam belajar. Belajar adalah hal yang wajib bagi bagi seorang siswa, dan kita semua. Sampai kapan pun kita harus belajar karena dengan belajar kita mendapatkan pengetahuan baru dan setiap saat diri dan pikiran kita selalu diperbaharui. Saat kita berhenti belajar di saat itulah kita menjadi tua dan yakin kita hidup bagaikan seekor katak dalam tempurung yang tak mengetahui apa yang terjadi di luar sana. Dan disiplin belajar yang dimaksud disini dibagi menjadi dua  yaitu disiplin belajar di sekolah dan disiplin belajar di rumah.

A) DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH
Yang dimaksud disiplin belajar di sekolah adalah keseluruhan sikap dan perbuatan siswa yang timbul dari kesadaran dirinya untuk belajar, dengan mentaati dan melaksanakan sebagai siswa dalam berbagai kegiatan belajarnya di sekolah, sesuai dengan peraturan yang ada. Yang didukung  adanya kemampuan guru, fasilitas, sarana dan prasarana sekolah.

Macam-macam Disiplin Belajar di Sekolah
Siswa sebagai input dalam suatu proses pendidikan perlu selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sikap disiplin belajar perlu ditimbulkan pada diri siswa, sehingga hal tersebut dapat membawa pengaruh yang baik dalam usaha pencapaian prestasi belajarnya. Perilaku disiplin belajar siswa di sekolah dapat dibedakan menjadi empat macam ialah:

a) Disiplin siswa dalam masuk sekolah
Yang dimaksud disiplin siswa dalam masuk sekolah ialah keaktifan, kepatuhan dan ketaatan dalam masuk sekolah.

b) Disiplin siswa dalam mengerjakan tugas
Mengerjakan tugas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam belajar, yang dilakukan di dalam maupun di luar jam pelajaran sekolah. Tujuan dan pemberian tugas biasanya untuk menunjang pemahaman dan penguasaan mata pelajaran yang disampaikan di sekolah, agar siswa berhasil dalam belajarnya. Agar siswa berhasil dalam belajarnya perlulah mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. Tugas itu mencakup pengerjaan PR, menjawab soal latihan buatan sendiri, soal dalam buku pegangan, ulangan harian, ulangan umum dan ujian.

c) Disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah
Siswa yang memiliki disiplin belajar dapat dilihat dari keteraturan dan ketekunan belajarnya. Disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah menuntut adanya keaktifan, keteraturan, ketekunan dan ketertiban dalam mengikuti pelajaran, yang terarah pada suatu tujuan belajar.

d) Disiplin siswa dalam mentaati tata tertib di sekolah
Disiplin siswa dalam menjalankan tata tertib di sekolah adalah kesesuaian tindakan siswa dengan tata tertib atau peraturan sekolah yang ditunjukkan dalam setiap perilakunya yang selalu taat dan mau melaksanakan tata tertib sekolah dengan penuh kesadaran.

B) DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH
Yang dimaksud disiplin belajar di rumah adalah suatu tingkat konsistensi dan konsekuensi serta keteraturan dalam kegiatan belajar untuk memperoleh tingkah laku yang timbul dari kesadaran dirinya untuk belajar dengan mentaati dan melaksanakan tugasnya sebagai siswa di rumah dengan dukungan orang tua yang mengawasi, mengarahkan, serta berupaya untuk membuat anak menyadari kesadaran untuk berdisiplin diri. Serta memberikan fasilitas belajar kepada anak agar dapat belajar di rumah dengan lebih baik.

Macam-macam disiplin belajar di rumah
Beberapa indikator yang dapat dikemukakan agar disiplin belajar dapat dibina dan dilaksanakan dalam proses pendidikan sebagai mutu pendidikan dapat ditingkatkan diantaranya yaitu tidak membangkang peraturan yang berlaku baik bagi para pendidik maupun peserta didik contohnya sebagai berikut :

a) Tepat waktu dalam belajar
Belajar merupakan kewajiban bagi seorang siswa karena untuk mengetahui dan mendapatkan berbagai kecakapan disiplin dalam belajar akan membuat siswa memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik. Dengan disiplin siswa akan dapat menghargai waktunya dengan sebaik baiknya.

b) Disiplin dalam mengerjakan tugas sekolah di rumah
Pemanfaatan waktu secara efisien dan efektif merupakan salah satu cara terbaik untuk melatih sikap disiplin terutama disiplin dirumah.

c) Belajar secara teratur
Keteraturan dalam belajar merupakan usaha untuk menghasilkan  atau untuk memperoleh suatu prestasi yang maksimal, karena dengan keteraturan kita akan lebih disiplin dalam belajar.

Lalu dimana kita dapat mulai belajar? Mulailah dari membaca buku yang kita sukai. Kalau tidak suka membaca buku maka mulailah untuk menyukai buku. Bisa buku apa saja misal buku tentang motivasi, novel atau majalah. Perbanyaklah membaca karena dengan membaca otak dan pikiran kita akan semakin berkembang.

Salah satu orang terkaya "Bill Gates", dia bisa mencapai pencapaian dalam hidupnya seperti sekarang adalah karena pikirannya. Ia memiliki visi “Suatu hari satu keluarga memiliki satu komputer”. Lalu apa yang terjadi? Banggg! Apa yang dia pikirkan ternyata benar terjadi. Saat ini orang dalam kehidupannya sangat tergantung dengan komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Itulah kehebatan pikiran!

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments