Contoh Lagu Anak-anak Bertangga Nada Mayor, Kelas 5, Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 5

Minggu pagi Lani menyirami bunga. Lani menyirami bunga sambil bernyanyi. Lagu yang dinyanyikannya “Lihat Kebunku”. Lagu yang dinyanyikan Lani bertangga nada mayor. Oleh karena itu, Lani menyanyikannya dengan penuh semangat.

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya, do-re-mi-fa-sol-la-si-do. Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Tangga nada mayor adalah tangga nada yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1-½-1-1-1-½, biasanya diawali dan diakhiri nada Do=C, dan bersifat riang gembira. Tangga nada minor adalah tangga nada yang susunan nada-nadanya berjarak 1-½-1-1-½-1-1, biasanya diawali dan diakhiri nada La=A, dan bersifat sedih. Ciri tangga nada mayor adalah; bersemangat, riang gembira, biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C, mempunyai pola interval 1–1–½–1–1–1–½ . Lagu bertangga nada mayor antara lain Maju Tak Gentar, Halo-Halo Bandung, dan Garuda Pancasila. Sedangkan ciri tangga nada minor adalah kurang bersemangat, bersifat sedih, biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La=A. mempunyai pola interval 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.

Ayo Menulis!
Carilah contoh lagu anak-anak bertangga nada mayor! Kamu dapat mencari nya melalui internet.
Contoh lagu anak-anak bertangga nada mayor sebagai berikut.
  1. Cicak
  2. Pamanku datang
  3. Bintang kejora
  4. Pelangi
Lagu bertangga nada mayor banyak ditemukan pada lagu anak-anak. Sebaliknya, lagu bertangga nada minor kebanyakan pada lagu anak muda. Terutama lagu-lagu yang menceritakan kesedihan hati. Hal ini dapat kamu Cirikan pada lagu yang kurang bersemangat dan sedih. Contoh lagu Syukur, Gugur Bunga, dan Tuhan.

1. Lagu bertangga nada mayor
2. Lagu bertangga nada minor
Apakah kamu hobi menyanyi seperti Lani? Bersyukurlah jika kamu memiliki hobi menyanyi. Mengapa harus bersyukur? Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Gothenburg di Swedia menyatakan, bahwa bernyanyi sangat bagus untuk paru-paru dan kesehatan jantung. Kamu tentu tahu, betapa pentingnya jantung bagi peredaran darah pada tubuh manusia.

Jantung adalah salah satu organ penting dalam peredaran darah pada tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Selain jantung, organ penting lainnya dalam peredaran darah pada tubuh manusia adalah paru-paru. Paru-paru berfungsi menyuplai oksigen yang akan dibawa darah ke seluruh tubuh. Jadi, dengan bernyanyi secara langsung kamu telah melakukan upaya menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuh, khususnya jantung dan paru-paru. Kesehatan organ peredaran darah sangat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika organ peredaran darah terganggu, tubuh kita menjadi tidak sehat. Padahal kesehatan sangat penting bagi kita. Mengapa kesehatan itu penting bagi kita? Bacalah bacaan berikut.

Ayo Membaca!
Manfaat Kesehatan bagi Manusia
Kesehatan memang sangat bermanfaat. Kesehatan dapat membuat kita lebih menghargai hidup. Bagi kehidupan, kesehatan mempunyai manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Manfaat Kesehatan Secara Langsung
Ada berbagai manfaat kesehatan yang kita peroleh secara langsung. di antaranya kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan semangat tanpa ada gangguan. Kita patut bersyukur karena telah diberikan hikmah dan nikmat kesehatan yang sangat berharga. Berikut adalah manfaat kesehatan yang secara langsung dapat kita nikmati.
  1. Mengurangi pengeluaran. Bayangkan jika kamu sedang sakit tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk ke rumah sakit dan membeli obat.
  2. Menambah pemasukan. Jika tubuh dalam keadaan sehat alami tentu kita dapat bekerja secara baik dan segar bugar seperti biasa. Hal ini tentu akan menambah pemasukkan dibandingkan kita sedang sakit.
  3. Menghemat waktu. Mengapa salah satu manfaat kesehatan adalah untuk menghemat waktu? Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan dan tugas yang akan tertunda jika kita sedang sakit. Bayangkan berapa banyak tugas yang akan tertunda jika kita sakit dan berapa banyak tugas yang akan kita kerjakan jika kita dalam keadaan sehat.
Manfaat Kesehatan Secara Tidak Langsung
Manfaat kesehatan secara tidak langsung tidak kalah pentingnya dengan manfaat sehat secara langsung. Manfaat kesehatan secara tidak langsung di antaranya menjernihkan setiap pikiran, tindakan, dan mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang positif. Selain itu, beberapa manfaat yang akan kita peroleh secara tidak langsung jika dalam kondisi sehat adalah sebagai berikut.
  1. Peluang untuk sukses. Sukses hanya dapat kita peroleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita. Kegiatan harian kita tidak akan terganggu jika kita dalam keadaan sehat.
  2. Tabungan masa depan. Dengan sehat maka kita akan menabung untuk masa depan kita, tabungan ini dapat berupa kegiatan positif ataupun kegiatan amal yang kita lakukan sehari-hari.
  3. Kesempatan untuk berbagi. Kesehatan akan membuat kita lebih menghargai hidup. Oleh karena itu, kita akan diberi kesempatan lebih untuk berbagi antarsesama untuk berbuat pahala.
Disadur dari:http://manfaat.co.id/manfaat-kesehatan

Ayo Menulis!
1. Informasi apakah yang kamu dapat dari bacaan di atas?
Informasi yang didapat dari bacaan:
Manfaat kesehatan secara langsung dan secara tidak langsung. Manfaat kesehatan secara langsung meliputi mengurangi pengeluaran, menambah pemasukkan, dan menghemat waktu. Sedangkan manfaat kesehatan secara tidak langsung meliputi peluang untuk sukses, tabungan masa depan, dan kesempatan untuk berbagi.

2. Mengapa kesehatan organ peredaran darah itu penting? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat?
a. Pentingnya kesehatan organ peredaran darah:
Kesehatan peredaran darah sangat mempengaruhi tubuh kita. Apabila organ peredaran darah terganggu, aliran darah menjadi tidak lancar dan dapat menimbulkan penyakit. Dengan demikian tubuh menjadi tidak sehat.
b. Upaya yang dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat:
Olahraga dapat membuat organ peredaran darah tetap sehat. Misalnya, untuk menjaga kebugaran jantung, kamu dapat meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Upaya yang bisa dilakukan setiap individu dalam menjaga organ peredaran darah adalah berolahraga. Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu perlu meluangkan waktu 30 menit setiap hari berolahraga. Kegiatan fisik yang dilakukan secara kontinu akan membuat aliran darah dalam tubuh kamu menjadi lancar. Olahraga juga akan membuat kamu terhindar dari kegemukan dan stres.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu dapat mengikuti kegiatan olahraga beladiri pencak silat di sekolah seperti yang diikuti Beni. Dengan mengikuti pencak silat, aliran darah kamu akan lancar. Manusia tidak selalu bugar setiap saat. Manusia pasti pernah mengalami lelah atau capek. Hal itu dapat disebabkan karena banyaknya pekerjaan, kurang makan makanan bergizi, dan kurang berolah raga. Sebagai manusia kita perlu mengendorkan pikiran dengan mencari hiburan sejenak, misalnya bermain pantun.

Pantun banyak jenisnya. Untuk menghilangkan lelah atau capek, kita bisa memilih bermain pantun jenaka. Berikut contoh pantun jenaka atau pantun berisi hiburan.

Buaya putih hidup di rawa
Meronta-ronta terjerat jaring
Perut sakit menahan tawa
Gigi nenek loncat di piring

Buah pisang buah tomat
Disimpan di dalam lumbung padi
Pantas tercium bau menyengat
Rupanya kau belum mandi

Kapal berlayar di laut Jawa
Nakhoda mengacungkan jempol
Adik menangis lalu tertawa
Melihat kakak masih mengompol

Ayo Menulis!
Kamu telah membaca pantun-pantun jenaka di atas. Apakah yang dimaksud pantun jenaka?
Pantun jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, terkadang dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung, dan dengan pantun jenaka diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Contoh pantun jenaka;
Anak manis bernyayi gembira 
Sambil berdendang bergoyang pula 
Siapa yang tidak akan tertawa 
Disangkanya waras ternyata gila

Jalan-jalan menyusuri empang 
Kodok berlari mengejar capung 
Hati siapa yang tak bimbang 
Kepala botak minta dikepang

Kalau jadi anak sombong 
Pasti rugi di kemudian hari 
Kalau gigi sudah ompong 
Cepat-cepat ke dokter gigi

Tengkawang berjalan di hutan rimba 
Bermain gasing dengan si angsa 
Melayang rasa di dalam jiwa 
Melihat elang bermain mata

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments